BUMN Ini Ternyata Sudah Berusia 278 Tahun, Siapa Dia?

Bulan Agustus menjadi spesial bagi PT Pos Indonesia (Persero). Selain bulan kemerdekaan Republik Indonesia, PT Pos Indonesia (Persero) dengan brandnya PosIND merayakan hari ulang tahun (HUT), tepatnya pada 26 Agustus 2024.

oleh Septian Deny diperbarui 28 Agu 2024, 10:30 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 10:30 WIB
Lowongan Kerja 2022 di Pos Properti Indonesia. Dok PT Pos Indonesia
Lowongan Kerja 2022 di Pos Properti Indonesia. Bulan Agustus menjadi spesial bagi PT Pos Indonesia (Persero). Selain bulan kemerdekaan Republik Indonesia, PT Pos Indonesia (Persero) dengan brandnya PosIND merayakan hari ulang tahun (HUT), tepatnya pada 26 Agustus 2024. Dok PT Pos Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Bulan Agustus menjadi spesial bagi PT Pos Indonesia (Persero). Selain bulan kemerdekaan Republik Indonesia, PT Pos Indonesia (Persero) dengan brandnya PosIND merayakan hari ulang tahun (HUT), tepatnya pada 26 Agustus 2024. 

Menyambut tanggal kelahiran PosIND yang ke-278 tahun, PosIND merayakan ulang tahunnya dengan mengusung tagline Keberagaman Yang Semakin Menguatkan. Momen perayaan ini menjadi tonggak baru bagi Pos Indonesia untuk terus melayani hingga 278 tahun ke depan.

Tema yang diusung pun menegaskan suasana pesta rakyat, yaitu ‘278 PosIND Carnival’. Perayaan ulang tahun PosIND kali ini bertempat di Museum Pos Indonesia di Komplek Kantor Pos Pusat, di Cilaki, Bandung.

Rangkaian ulang tahun PosIND diawali dengan upacara dengan pembacaan nawala yang dipimpin Asih Kurniasari Komar, Direktur Human Capital Management Pos Indonesia. Prosesi parade defile bergerak dari lapangan upacara ke lokasi Posind carnival, diikuti seluruh peserta upacara, dengan yel-yel yang dikumandangkan para peserta dari tiap direktorat.

“Kita maknai hari ini sebagai tonggak baru untuk kita bisa hadir 278 tahun lagi. Saya yakin teman-teman dengan totalitas hari ini InsyaAllah Pos Indonesia akan terus melayani Nusantara 278 tahun ke depan,” kata Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia, Haris, yang ditemui di sela perayaan HUT ke-278 PosIND di Bandung, Senin (26//08/2024).

Haris menjelaskan bahwa kehadiran PosIND selama 278 tahun, menjadi bukti bahwa BUMN tertua di Indonesia ini mampu melakukan transformasi, sehingga keberadaannya relevan hingga masa kini. PosIND pun terus melakukan inovasi sehingga akan terus relevan di masa depan.

Tema yang diusung  pada perhelatan 278 PosIND Carnival tersebut mengandung harapan agar dalam keberagaman latar belakang di lingkungan PosIND semakin menguatkan persatuan dan solidaritas antar Insan PosIND.

“Hari ini kita mensyukuri telah diberikan oleh Yang Maha Kuasa, 278 tahun kita rayakan dengan tema Carnival. Semangatnya kita lihat dari teman-teman dengan semaraknya kostum, sungguh total. Nah ini mungkin memberikan  pelajaran bagi kita bahwa dalam melayani Nusantara kita harus total. Ternyata kita mampu melayani Nusantara selama 278 tahun. Kita juga berharap dengan transformasi yang kita lakukan kita bisa bertahan 278 tahun ke depan,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jasa Logistik

Kehadiran Pos Logistik, anak perusahaan PT Pos Indonesia siap memberikan kemudaahan seperti diskon pengiriman serta paket penjemputan kiriman barang bagi UMKM. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Kehadiran Pos Logistik, anak perusahaan PT Pos Indonesia siap memberikan kemudaahan seperti diskon pengiriman serta paket penjemputan kiriman barang bagi UMKM. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

PosIND selama ini dikenal sebagai penyedia layanan jasa logistik. Ke depan, lanjut Haris, PosIND akan fokus untuk melakukan inovasi, terutama pada lini bisnis jasa keuangan. Terlebih saat ini PosIND memiliki keunggulan dalam bidang usaha jasa keuangan yang telah diatur oleh undang-undang.

“Bisnis jasa keuangan terus melakukan inovasi agar layanan yang sebelumnya di Giro itu bisa diterima masyarakat. Kita punya keunggulan diatur sendiri oleh undang-undang tentang layanan Giro. Untuk itu kita harus bersungguh-sungguh memperkuat ekosistem logistik yang sedang dibangun. Jadi Pos Indonesia punya pelayanan yang lengkap. Kalau masyarakat mau beli sesuatu bisa pakai layanan jasa keuangan. Kalau mau mengirim, kita punya layanan jasa pengiriman. Keunggulan ini seharusnya kita dorong untuk bisa berkembang ke depan sehingga Pos Indonesia tidak hanya identik dengan kurir logistik, tapi juga ada jasa keuangan,” tutur Haris. 

Eksis bertahan mengarungi perjalanan selama 278 tahun melayani masyarakat, PosIND berkomitmen akan senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk esok dan seterusnya.

“Harapan kami masyarakat masih tetap menginginkan hadirnya Pos Indonesia. Jadi kita yang memang dibesarkan oleh masyarakat dan menjadi bagian dari negara ini, kita berharap tetap eksis di negara sendiri dan berkembang maju untuk melayani Nusantara,” kata Haris.

Sementara itu Direktur Human Capital Management Pos Indonesia Asih Kurniasari Komar yang ditemui di lokasi yang sama, menjelaskan bahwa PosIND akan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) agar dapat terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dengan tetap mengedepankan pelayanan.

“Tentu saja kita harus ada feedback terhadap perubahan teknologi dan perubahan bisnis. Kompetensi SDM juga harus ikut mengejar kebutuhan-kebutuhan yang ada di perusahaan. Oleh karena itu alhamdulillah teman-teman dan perusahaan sangat mendukung perkembangan SDM kita, terutama dalam rangka mengembangkan kompetensi digital untuk enterpreneurship,” ucap Asih.

 


Sisi SDM

Penyaluran bantuan sosial (bansos) PKH dan sembako triwulan I 2024 dimulai.
Penyaluran bantuan sosial (bansos) PKH dan sembako triwulan I 2024 dimulai. PT Pos Indonesia (Persero) atau Pos Ind kembali mendapat amanah dari pemerintah melalui Kementerian Sosial untuk menyalurkan bantuan program tersebut. (Istimewa)

Dari sisi SDM, hingga saat ini PosIND telah memenuhi target yang ditetapkan oleh Kementerian BUMN perihal keterlibatan perempuan dalam kepemimpinan perusahaan. 

“Alhamdulillah BoD, jajaran kami sudah banyak, sudah mencapai target yang ditetapkan Kementerian BUMN terkait penyertaan perempuan untuk memimpin di BUMN. Alhamdulillah, Pak Menteri (Menteri BUMN Erick Thohir) sangat concern terhadap keikutsertaan perempuan dalam memimpin perusahaan,” tuturnya.

Asih berharap seiring pertambahan usia PosIND agar dapat terus melayani dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

“Harapannya Pos Indonesia 278 tahun ke depan tetap hadir, tetap melayani memberikan yang terbaik, terus berusaha agar Pos Indonesia menjadi pilihan pelanggan dalam menggunakan jasa layanan pos dan jasa keuangan,” ucapnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya