Paus Fransiskus Tiba di Indonesia Besok Tak Pakai Jet Pribadi, Naik Maskapai Apa?

Paus Fransiskus tidak menggunakan jet pribadi untuk perjalanannya kali ini, melainkan memilih pesawat komersial

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 02 Sep 2024, 18:30 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 18:30 WIB
Banner Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Banner Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik, kembali menunjukkan gaya hidup sederhananya. Paus Fransiskus memilih transportasi umum dan sederhana selama kunjungannya ke Indonesia.

Informasi yang diterima Liputan6.com, Paus Fransiskus tidak menggunakan jet pribadi untuk perjalanannya kali ini, melainkan memilih pesawat komersial dari maskapai Alitalia yang kini dikelola oleh ITA Airways.

Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Internasional Soekarno-Hatta siap menyambut kedatangan Paus Fransiskus yang akan tiba di Indonesia pada 3 September 2024 dalam rangka kunjungan kenegaraan.

SM of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muardi mengatakan, Gedung VIP Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi lokasi penyambutan Paus Fransiskus.

Tempat itu telah ditingkatkan kualitas layanannya untuk memenuhi standar internasional. Selain itu, area parking stand yang khusus disiapkan untuk pesawat kenegaraan juga telah dipastikan keamanannya, dengan dukungan teknis dan infrastruktur terbaik.

"Paus Fransiskus akan diterima dengan pelayanan terbaik di Gedung VIP Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, yang telah dipersiapkan secara khusus untuk memastikan kenyamanan dan keamanan tamu kehormatan tersebut," ujar Holik, Senin (2/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Personil Keamanan

Jakarta Siap Sambut Kedatangan Paus Fransiskus
Warga berjalan di depan layar Light Emitting Diode (LED) yang bertuliskan ucapan selamat datang Pope Francis di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (1/9/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Holik menyampaikan, kesiapan tidak hanya terbatas pada fasilitas fisik, tapi juga mencakup personil keamanan yang bertugas. Sebanyak kurang lebih 270 personil keamanan telah ditugaskan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kunjungan Paus Fransiskus.

Personil ini terdiri dari berbagai unsur, termasuk Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta, BKO TNI, Polda Metro (Polres Bandara Soekarno-Hatta), Paspampres, Kodam Jaya (Kodim 0506 Tangerang), dan petugas keamanan lainnya yang terlibat.

"Kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh aspek keamanan, baik di darat maupun udara, berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan," imbuh dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya