Menteri Bahlil Mumet Urusan Minerba: Jangan Ajarin Saya Gerakan Tambahan

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mengaku risih dengan persoalan yang menimpa Ditjen Minerba Kementerian ESDM.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 20 Sep 2024, 17:14 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2024, 17:14 WIB
Menteri Bahlil Mumet Urusan Minerba: Jangan Ajarin Saya Gerakan Tambahan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia memberikan sejumlah pesan kepada Tri Winarno, Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba). (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia memberikan sejumlah pesan kepada Tri Winarno, Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) yang baru saja dilantiknya. 

Bahlil mengaku risih dengan persoalan yang menimpa Ditjen Minerba Kementerian ESDM. Akibat adanya temuan-temuan soal masalah izin tambang dan batu bara yang terus bermunculan.  

"Saya tahu di Ditjen bapak ini minta ampun soalnya, saya tahu betul itu. Saya sengaja belum datang ke sana karena saya minta nanti nasihat dari pak inspektur selama setahun lebih dan saya tunggu pejabat yang baru, baru saya akan turun ke lokasi," ungkapnya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/9/2024).

Oleh karenanya, Bahlil meminta jajaran Ditjen Minerba patuh terhadap perintahnya. Ia juga tak ingin anak buahnya membuat langkah-langkah di luar wewenang yang justru menimbulkan kerugian negara. 

"Tolong sampaikan pada teman-teman di sana, jangan ajarin saya gerakan tambahan. Karena saya jadi menteri sebelumnya ahli membuat gerakan tambahan," ujar Bahlil.

"Jangan coba-coba ada yang buat gerakan tambahan, pasti saya akan kejar. Ini semua dalam rangka kebaikan rakyat," dia menegaskan. 

Ia juga memercayakan komando minerba di bawah Tri Winarno. Dia pun tidak mau ada oknum-oknum di bawahnya yang beraksi di luar kendali. 

"Tanyakan kepada pegawai, mana yang masih mau bekerja dan mana yang tidak. Supaya kita tahu di Minerba itu bapak adalah komandannya. Jadi jangan ada komandan-komandan kecil, jangan ada Dirjen-Dirjen Minerba bayangan, Dirjen Minerba di RI cuman bapak saja," pintanya. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Imbauan Bahlil

Sertijab Menteri ESDM
Untuk diketahui, proses pelantikan Bahlil sebagai Menteri ESDM berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Senin ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

Tak lupa, Bahlil juga memperingatkan seluruh pejabat di lingkungan Ditjen Minerba agar mematuhi Dirjen barunya. Dia tidak ingin mereka malah tunduk kepada oknum luar. 

"Kepada teman-teman pejabat direktur, loyal kepada Dirjen, jangan loyal pada pihak ketiga atau pengusaha, saya tahu. Jadi kerja satu pintu, satu arah, perhatikan aturan," desaknya. 

"Kalau memang ini jadi pedoman kita maka saya yakin insyaallah kita akan jalan dgn selamat dan di jalan shiratal mustaqim. Itu aja kuncinya," Bahlil menambahkan. 


Menteri ESDM Bahlil Lantik Tri Winarno Jadi Dirjen Minerba, Berikut Profil Lengkapnya

Pelantikan Dirjen Minerba Kementerian ESDM Tri Winarno, Jumat (20/9/2024). (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)
Pelantikan Dirjen Minerba Kementerian ESDM Tri Winarno, Jumat (20/9/2024). (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia  melantik Tri Winarno menjadi Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batu Bara (Minerba). 

Pelantikan ini untuk mengisi posisi Dirjen Minerba yang kosong usai Ridwan Djamaludin menjadi tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pertambangan bijih nikel PT Antam di Blok Mandiodo, Konawe Utara, pada 2021 -2023.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Tri menirukan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/9/2024)

Melansir laman ESDM, Tri Winarno dari masuk di Kementerian ESDM pada tahun 2005. Dia memulai karir struktural pertama di Direktorat Teknik dan Lingkungan Minerba sebagai Kepala Seksi Standarisasi Mineral di tahun 2009.

Kemudian, Tri Winarno diamanahkan sebagai Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral pada bulan Februari 2024 setelah sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan Program Minerba.

Tri Winarno merupakan Lulusan sarjana Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (1997) ini dikenal sebagai sosok yang humoris tetapi tegas. 

Tri menyelesaikan pendidikan magister Teknik Geologi di Universitas Gadjah Mada (2007), lalu menamatkan studi doktoral Pertambangan di Freiberg Technische Universitat Bergakademie, Jerman (2016).

 


Lantik Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Bahlil Kepleset Lidah Sebut Menteri Investasi

Pelantikan Dirjen Minerba Kementerian ESDM Tri Winarno, Jumat (20/9/2024). (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)
Pelantikan Dirjen Minerba Kementerian ESDM Tri Winarno, Jumat (20/9/2024). (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia resmi melantik Tri Winarno sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara, atau Dirjen Minerba Kementerian ESDM terbaru.

Proses pelantikan dilaksanakan sesuai Sholat Jumat di Ruang Sarulla Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/9/2024).

Pada kesempatan itu turut hadir sejumlah eselon I dan pejabat tinggi Kementerian ESDM. Termasuk Plt Dirjen Minerba Bambang Suswantono yang posisinya digantikan oleh Tri Winarno. 

Dalam kata sambutannya, Bahlil Lahadalia menyoroti Direktorat Jenderal Minerba yang butuh reformasi akibat warisan dari pimpinan tinggi terdahulu. Ia lantas meminta Tri untuk bekerja sesuai wewenang dan tidak memberi ruang bagi pihak eksternal untuk ikut bermain-main. 

Namun, Bahlil sempat salah menyebut jabatan yang kini diembannya saat meminta komitmen dari Dirjen Minerba terbaru. Dalam hal ini, ia sempat keceplosan membawa posisinya terdahulu sebagai Menteri Investasi. 

"Saya ucapkan selamat sekali lagi, pak Dirjen. Pimpinan bapak itu cuman dua, satu Presiden RI, yang kedua Menteri Investasi, eh Menteri ESDM," kata Bahlil diikuti gelak tawa seisi ruangan. 

"Saya masih merasa seperti Menteri Investasi. Enggak boleh ada menteri-menteri lain, memang 4 tahun 3 bulan soalnya. Jadi pemain baru di tempat," sambungnya. 

Lebih lanjut, Bahlil mengatakan, pelantikan merupakan salah satu proses dalam rangka membangun konsolidasi internal di Kementerian ESDM. Khususnya di Direktorat Jenderal Minerba yang sempat panas akibat adanya sejumlah temuan. 

"Saya tahu tugas itu bukan tugas yang gampang, khususnya Ditjen Minerba yang dinamikanya tinggi sekali. Atas dasar ini kita lakukan reform. Dan hari ini pak Tri Winarno dilantik. Saya ucapkan selamat," tuturnya.

Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik
Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya