Prabowo Panggil Bahlil Lahadalia, jadi Menteri ESDM Lagi?

Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia.

oleh Arief diperbarui 14 Okt 2024, 17:45 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2024, 17:45 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia bersama Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra merapat ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara pada Senin (14/10/2024).
Ketua Umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia bersama Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra merapat ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara pada Senin (14/10/2024). (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia.

Diketahui, pemanggilan dilakukan Prabowo Subianto kepada sejumlah tokoh yang menjadi calon menteri. Bahlil Lahadalia menjadi salah satunya yang dipanggil.

Usai pertemuan, Bahlil tak berbicara banyak soal isi diskusinya di dalam bersama Prabowo. Dia menyebut sering melakukan diskusi sebelumnya.

"Jadi tadi kami diskusi saja. Nah, bedanya hari ini saya cuma pakai baju coklat, gitu aja," ujar Bahlil di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).

Sementara itu, ketika ditanya mengenai posisi yang akan ditempatinya, dia juga tak banyak memberikan bocoran. Satu hal yang disebutnya adalah terkait dengan kekayaan yang dimiliki Indonesia.

"Bahas banyak hal menyangkut dengan urusan bagaimana kedaulatan terhadap sumber kekayaan kita. Ya biasa, seperti biasa ya," bebernya.

Bahlil menegaskan, posisi pasti yang akan ditempatinya akan diumumkan langsung Prabowo Subianto.

Namun, dia bilang bidangnya tidak jauh dari apa yang sudah dikerjakannya selama 5 tahun belakangan ini. Diketahui, sebelum menjabat Menteri ESDM, Bahlil menduduki posisi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Nanti, nanti aja. Nanti diumumkan oleh Bapak Presiden," ucapnya.

"Tidak jauh-jauh dari apa yang sudah saya lakukan selama hampir lima tahun ini," imbuh Bahlil.

AHY Dipanggil ke Rumah Prabowo Subianto, Jadi Menteri Apa?

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang. (Liputan6.com/Khofifah Azzahro)

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dipanggil Presiden Terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya. Apakah AHY akan kembali menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran?

Diketahui, Prabowo Subianto mulai memanggil sejumlah tokoh yang bakal dijadikan menteri di kabinet pemerintahan baru nanti. Pemanggilan dilakukan sejak pukul 14.30 WIB ke rumah Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta.

Agus Harimurti Yudhoyono sendiri tiba sekitar pukul 15.27 WIB dengan mengenakan batik berwarna cokelat. Tak bertemu begitu lama, AHY meninggalkan lokasi sekitar pukul 15.50 WIB.

Dia menerangkan dalam diskusinya dengan Prabowo, ada permintaan untuk membantu di kabinet yang akan dibentuk nantinya. Dia tak berbicara banyak soal diskusinya.

Hanya saja, ada perhatian pada bagian pembangunan, baik fisik maupun manusia. Menurutnya, kedua hal itu perlu dilakukan secara bersamaan.

"Saya sendiri diminta untuk membantu menjalankan peran yang strategis ke depan," ujar AHY, di lokasi.

Menteri-Menteri Jokowi Dipanggil ke Rumah Prabowo Subianto, AHY, Zulkifli Hasan, hingga Bahlil Lahadalia Dipilih Lagi?

Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang.
Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang.(Liputan6.com/Khofifah Azzahro)

Presiden Terpilih Prabowo Subianto diketahui memanggil sejumlah tokoh yang digadang menjadi calon menteri di kabinet barunya nanti pada Senin, (14/10/2024). Ada sejumlah menteri-menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ikut dipanggil.

Menteri-menteri tersebut hadir hampir berbarengan mulai sekitar pukul 15.30 WIB ke rumah Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Beberapa di antaranya yakni, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ada pula Menteri Sosial Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Berikutnya, ada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Lalu, ada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadaliayang juga tiba di waktu yang tak berbeda jauh. Seluruhnya masuk ke rumah Prabowo dengan mengenakan baju batik dan sepatu hitam. 

Sebagaimana diketahui, Prabowo Subianto sebelumnya membuka peluang kalau kabinetnya akan mencakuo sejumlah orang pilihan Jokowi. Meski, belum ada penetapan bidang dari orang-orang yang dipanggil Prabowo Subianto.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya