Dipanggil Prabowo, Ini Tawaran Posisi Agus Gumiwang Kartasasmita

Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

oleh Arief diperbarui 14 Okt 2024, 19:30 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2024, 19:30 WIB
Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.
Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (dok: Arief)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita untuk membahas susunan kabinet periode 2024-2029 masa kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto.

Agus mengakui bahwa dirinya ditawari posisi menteri, namun ia enggan memberikan bocoran mengenai posisi yang akan diembannya.

"Ada penugasan dari Bapak Presiden Terpilih terkait posisi tersebut (menteri), tetapi menurut saya, lebih baik jika Bapak Presiden Terpilih yang mengumumkannya pada waktunya," ujar Agus usai bertemu Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).

Permintaan Prabowo

Agus juga menyampaikan bahwa Prabowo meminta para menteri nantinya menjaga kekompakan. Mengenai siapa saja yang akan mengisi posisi menteri, hal itu akan diumumkan langsung oleh Prabowo.

"Soal posisi menteri, lebih baik kita tunggu pengumuman langsung dari Bapak Presiden Terpilih," tambahnya.

Agus menjelaskan bahwa Prabowo menetapkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen per tahun, yang harus dicapai melalui kontribusi berbagai sektor.

"Itu akan menjadi fokus dari setiap kementerian untuk berkontribusi mencapai target tersebut," tegas Agus Gumiwang Kartasasmita.

Tito Karnavian Diminta Prabowo Jadi Menteri Lagi, Khusus Tangani Inflasi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang.(Liputan6.com/Khofifah Azzahro)

Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai bagian dari pertemuannya dengan sejumlah calon menteri.

Dalam pertemuan tersebut, Tito tidak menjelaskan secara rinci topik pembicaraannya dengan Prabowo. Namun, dia menyebut ada permintaan agar dirinya membantu Prabowo dalam kabinet periode 2024-2029.

"Beliau meminta saya untuk membantu di kabinet mendatang," ujar Tito di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).

Tito menambahkan bahwa dirinya sudah lama mengenal Prabowo, termasuk saat keduanya berada dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Prabowo, menurut Tito, menilai dirinya cocok untuk kembali mengemban posisi menteri.

Jadi Mendagri Lagi?

Saat ditanya mengenai posisi menteri yang ditawarkan, Tito tidak memberikan banyak komentar. Namun, dia menyampaikan bahwa Prabowo menitipkan pesan agar inflasi di daerah tetap terkendali.

"Soal posisi menteri, nanti silakan tanyakan langsung kepada beliau. Yang jelas, beliau meminta agar penanganan inflasi yang selama ini terjaga baik, tetap dilanjutkan di masa pemerintahan beliau," ungkap Tito.

"Saya juga menyampaikan bahwa penanganan inflasi akan tetap saya laksanakan setiap minggu sampai ada perintah untuk dihentikan. Kira-kira begitu," tambahnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya