Bukti Statistik Menurunnya Penampilan Dortmund Musim Ini

Catatan statistik Dortmund musim ini semuanya menurun.

oleh Defri Saefullah diperbarui 18 Okt 2014, 08:40 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2014, 08:40 WIB
Schalke vs Borussia Dortmund
Schalke kontra Borussia Dortmund (Bernd Thissen/DPA/AFP)

Liputan6.com,Dortmund Borussia Dortmund sedang menjalani musim terburuk mereka dalam 3 musim terakhir. Jika dibandingkan 2 musim sebelumnya, prestasi Dortmund sangat terpuruk.

Hingga pekan ke-7, Dortmund bertengger di posisi 12 dengan torehan 7 poin. Ini merupakan hasil dari 2 kali menang, 1 kali imbang dan 4 kali kalah. Ini tentu bukan hasil yang sesuai harapan.

Dua kemenangan yang didapatkan Dortmund musim ini didapatkan dari 2 tim semenjana seperti Freiburg dan Augsburg. Buruknya melawan tim yang hampir degradasi musim lalu, Hamburg, Dortmund pun kalah 0-1.

Akankah Juergen Klopp menjauh dari gelar musim ini? (AFP)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bukti Statistik

 Ilkay Guendogan
Borussia Dortmund Ilkay Guendogan (Carmen Jaspersen/DPA/ AFP)

Bukti-bukti statistik menunjukkan bagaimana menurunnya penampilan Dortmund. Seperti dilansir whoscored.com, torehan Dortmund hingga laga ke-7 musim ini dibandingkan musim lalu sangat menurun.

Pada musim 2012/13, torehan gol per laga Dortmund tercatat 2,4 gol per laga. Pada musim lalu masih sama 2,4 gol per laga, sedangkan musim ini menurun drastis menjadi 1,3 gol per laga!

Pertahanan juga pantas menjadi perhatian Dortmund. Hingga laga ke-7, Dortmund hanya kebobolan 1,2 gol per laga di musim 2012/13. Musim lalu, Dortmund kebobolan 1,1 gol per laga sedangkan musim ini 1,7 gol per laga!

Rebut bola di sepertiga lapangan (posesion won in attacking 3rd per game) per laga juga menurun. Pada musim 2012/13, Dortmund berhasil lakukan tekel 8,4 kali per laga. Lalu 5,6 kali (2013/14) dan 4,1 kali musim ini.

Statistik lengkap menurunnya statistik Dortmund bisa dilihat dari grafis dibawah ini: 

 

image

Statistik Borusia Dortmund (whoscored.com)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya