13 Fakta Menarik Shakhtar Donetsk vs Bayern Muenchen

Bayern berhasil lolos ke fase gugur Liga Champions dalam tujuh musim terakhir.

oleh Rizki Hidayat diperbarui 17 Feb 2015, 16:00 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2015, 16:00 WIB
13 Fakta Menarik Shakhtar Donetsk vs Bayern Muenchen (udah)
Bayern berhasil lolos ke fase gugur Liga Champions dalam tujuh musim terakhir.

Liputan6.com, Lviv - Pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Bayern Muenchen akan menghadapi Shakhtar Donetsk. Meski belum pernah bersua, namun The Bavarians diyakini tak akan kesulitan memetik kemenangan.

Bayern tampil trengginas di Liga Champions musim ini. Skuat besutan Pep Guardiola tersebut berhasil lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup E. Mereka mengoleksi 15 poin hasil dari lima kemenangan dan hanya menelan satu kekalahan.

Torehan berbeda justru dicatatkan oleh Shakhtar. Klub asal Ukraina tersebut melenggang ke fase knock-out dengan menempati posisi runner-up Grup H dan mengoleksi sembilan poin, berkat dua kemenangan, tiga hasil imbang serta menelan satu kekalahan.

Kans Die Roten memetik kemenangan di partai ini pun terbilang besar. Sebab, Shakhtar hanya mampu meraih dua hasil imbang, menelan dua kekalahan dan tak pernah menang di empat partai terakhir kala bertemu tim asal Jerman.

Selain itu, Shakhtar tak akan bermain di kandangnya sendiri di Donbass Arena. Mereka bakal menjamu Bayern Munich di Arena Lviv, Rabu (18/2) dini hari WIB. The Miners terpaksa meninggalkan Kota Donetsk, karena konflik antara milisi pro-Rusia dengan tentara Ukraina tak kunjung usai.

Lanjut ke halaman berikut --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1.

Data dan Fakta Shakhtar Donetsk vs Bayern Muenchen:

1. Ini adalah pertemuan pertama antara Shakhtar Donetsk kontra Bayern Munich.

2. Shakhtar tidak pernah memetik kemenangan saat menghadapi tim asal Jerman (2 imbang; 2 kalah). Mereka juga gagal mencetak gol di tiga pertandingan terakhir melawan tim Jerman.

3. Pertemuan terakhir Bayern kontra tim Ukraina di Liga Champions terjadi pada pertemuan kedua fase grup musim 1999/00. Saat itu, The Bavarians kalah 0-2 atas Dynamo Kiev.

4. Ini adalah musim ketiga Shakhtar lolos ke fase knock-out Liga Champions. Sebelumnya terjadi pada musim 2010/11 dan 2012/13.

5. Shakhtar tak pernah sekalipun memetik kemenangan di empat pertandingan terakhir fase knock-out (1 kali imbang; 3 kali kalah).

6. Shakhtar hanya memetik dua kemenangan di fase grup Liga Champions musim ini, keduanya didapat saat mengalahkan BATE Borisov. Dari 15 gol yang mereka cetak di musim ini, 12 diantaranya bersarang ke gawang BATE.


2.

7. Jika sukses mencetak gol, itu akan menjadi gol ke-100 Shakhtar di Liga Champions.

8. Empat gol yang bersarang ke gawang Shakhtar di Liga Champions musim ini tercipta di menit ke-68 dan seterusnya.

9. Bayern Muenchen hanya memetik satu kemenangan dari lima pertandingan terakhir mereka di fase knock-out Liga Champions (2 imbang; dua kalah).

10. Die Roten berhasil lolos ke fase gugur Liga Champions dalam tujuh musim terakhir. Mereka sukses tiga kali mencapai final dalam lima musim terakhir.

11. Dua laga tandang terakhir Bayern Muenchen di Liga Champions menghasilkan 13 gol (7-1 saat membungkam AS Roma; serta kalah 2-3 atas Manchester City). Die Bayern juga mencatatkan penguasaan bola tertinggi di Liga Champions (66,7 persen).

12. Luiz Adriano mencetak sembilan gol dari 10 sepakan ke gawang di Liga Champions musim ini. Delapan dari sembilan gol tersebut tercipta saat menghadapi BATE Borisov.

13. Jika bermain, Xabi Alonso akan mencatatkan penampilan yang ke-100 di Liga Champions.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya