Tekuk Southampton, Leicester Kokoh di Puncak Klasemen

Gol Leicester ke gawang Southampton dicetak Wes Morgan.

oleh Windi Wicaksono diperbarui 03 Apr 2016, 21:28 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2016, 21:28 WIB
Pemain Leicester City, Wes Morgan, rayakan gol (Liputan6)
Pemain Leicester City, Wes Morgan, rayakan gol ke gawang Southampton (Reuters)

Liputan6.com, Leicester - Leicester City mengamankan tiga poin usai menang 1-0 atas Southampton di King Power Stadium, Minggu (3/4/2016) dalam pertandingan kompetisi Liga Inggris. Gol semata wayang Leicester dicetak oleh Wes Morgan pada menit ke-38.

Kemenangan ini mengokohkan Leicester di puncak klasemen Liga Inggris dengan memimpin tujuh poin atas Tottenham Hotspur yang berada di posisi kedua. Tottenham sendiri kemarin harus puas hanya membawa pulang satu poin dari markas Liverpool.

Leicester langsung menekan sejak menit-menit awal demi membuat kedudukan unggul lebih dulu. Pada menit kedelapan situasi berbahaya sempat terjadi, tapi ketika Ryan Bertrand mengembalikan bola kepada Frazer Forster, Jamie Vardy mengejar bola itu tapi bisa dibuang kiper Southampton.

Lini belakang Soton sejauh ini tampil disiplin untuk menghentikan pergerakan trio Shinji Okazaki, Riyad Mahrez, dan Jamie Vardy. Namun, tekanan terus dilancarkan anak-anak asuhan Claudio Ranieri ke jantung pertahanan tim tamu.  

Pada menit ke-32, gawang tuan rumah terancam, Mane lolos dari jebakan offside dan mengelabui Kasper Schmeichel, beruntung Danny Simpson bisa menyapu bola keluar dari pertahahan Leicester. Tuan rumah akhirnya mampu memimpin 1-0 atas Southampton melalui gol Wes Morgan yang terjadi pada menit ke-38.

Morgan memenangkan duel udara setelah menerima umpan silang dari  Christian Fuchs, bola menghujam masuk ke gawang Soton yang dikawal Forster. Skor 1-0 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama telah usai.

Babak kedua baru berjalan tiga menit, Leicester langsung mengancam gawang Southampton lewat Vardy. Vardy gagal meneruskan bola dengan sempurna setelah menerima umpan Mahrez. Bola melayang diatas gawang Forster.

Pada menit ke-61, kiper Soton, Forster melakukan penyelamatan cemerlang. Kerjasama Drinkwater dan Mahrez, memberikan keleluasaan bagi Vardy. Bola sempat terdefleksi Fonte dan mengarah ke gawang, namun Forster bereaksi dengan baik.
 
Forster kembali melakukan penyelamatan sembilan menit kemudian, aksi satu-dua Drinkwater dan Vardy memberikan kesempatan untuk Simpson, sayang bola masih bisa diamankan Forster. Serangan bertubi-tubi dilancarkan The Foxes, tapi Forster mampu menghalau atau peluang tidak menemui target.

Pada menit ke-85, Leicester melakukan serangan balik, Kante yang memulai serangan mengirim bola kepada Ulloa, sempat diadang pemain belakang Soton. Bola liar diambil Albrighton yang mengoper kepada Vardy. Lagi-lagi Forster bisa menghentikan bola. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir, Leicester menang 1-0 atas Southampton.

Susunan pemain:

Leicester City: Schmeichel; Simpson, Morgan, Huth, Fuchs; Mahrez (Demarai Gray 79), Kanté, Drinkwater, Albrighton (Nathan Dyer 90); Okazaki (Ulloa 64'), Vardy.

Southampton: Forster; Cedric, Fonte, Van Dijk, Bertrand; Clasie (Charlie Austin 73), Wanyama, Davis (Ward-Prowse 73), Mane, Targett (Dušan Tadic 46'); Pelle.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya