Bhayangkara Surabaya United Vs Persib: Incar Kemenangan Tandang

Bhayangkara Surabaya United dalam performa menurun.

oleh Liputan6 diperbarui 11 Jun 2016, 11:10 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2016, 11:10 WIB
Prediksi Bhayangkara vs Persib
Prediksi Bhayangkara vs Persib (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Bhayangkara Surabaya United (BSU) menjamu Persib Bandung dalam pekan pekan ke-6 Torabika Soccer Championship (TSC) presented by IM3 Ooredoo, Jumat (10/6). Bermain di Stadion Delta, BSU tentu berharap bisa meraih poin penuh. Maklum saja, dalam empat laga beruntun di TSC, tim asuhan Ibnu Grahan tersebut puasa kemenangan.

Setelah menang pada pekan pertama di kandang Barito Putera, berturut-turut BSU bermain imbang kontra PS TNI, kalah 0-3 dari Arema Cronus, kalah 0-1 kontra Sriwijaya, dan seri 1-1 kontra Pusamania Borneo FC.

Baca Juga

  • Mourinho Latih MU, Nani Balik ke Old Trafford
  • Rossi Sindir Lorenzo Soal Mekanik Yamaha
  • Alfred Riedl Resmi Latih Timnas Indonesia

Selain ingin kembali meraih kemenangan, BSU tentu berambisi mendapat poin penuh di depan publik sendiri. Maklum, satu-satunya kemenangan di TSC 2016 diraih di kandang lawan.

Kans untuk bisa mendapat hasil optimal terbuka lebar. Dalam dua laga terakhir menjamu Persib (sebelum bernama BSU), Evan Dimas Darmono cs tak pernah kalah. Mereka meraih sekali menang dan sekali imbang. Selain itu, dalam laga ini, BSU diuntungkan absennya defender tangguh Maung Bandung, Vladimir Vujovic. Sudah pasti bakal menjadi keuntungan sendiri bagi BSU.

Meski begitu, Persib tak mudah dikalahkan. Kendati performanya masih inkonsisten di bawah arahan Dejan Antonic, Maung Bandung tetaplah tim yang tangguh dan sulit untuk dikalahkan. Persib juga memiliki motivasi tersendiri dalam laga ini yakni mengincar kemenangan dalam laga tandang.

Maklum saja, dari dua laga di kandang lawan, Maung Bandung selalu gagal mendapat poin penuh lantaran ditahan imbang tuan rumah. Yakni kontra Pusamania Borneo FC dan Persiba Balikpapan.

Absennya Vujovic yang mendapat hukuman akumulasi kartu kuning, disebut Dejan tak akan berpengaruh pada kekuatan tim. Pasalnya di lini belakang masih ada Yanto Basna dan Hermawan. Pilihan tepat adalah Yanto Basna yang kemungkinan akan diduetkan dengan Purwaka Yudhi.

Laga ini sekaligus menjadi pembuktian Dejan bahwa dirinya memang masih pantas menukangi Persib. Bukan apa-apa, dalam beberapa hari terakhir posisinya sempat goyah karena performa Maung Bandung masih angin-anginan. Satu-satunya cara untuk meyakinkan manajemen adalah meraih kemenangan dalam laga ini.

Kedua tim sebenarnya sama-sama dalam kondisi pincang. Persib pasti kehilangan Vujovic. Tapi, mereka kemungkinan juga tak akan diperkuat Robertino Pugliara yang masih dalam masa pemulihan cedera. Striker naturalisasi Timnas Indonesia kelahiran Belanda, Sergio van Dijk, kondisinya juga meragukan.

Setali tiga uang dengan BSU. Mereka tidak akan diperkuat gelandang asing, Paulo Helber, yang meminta izin pulang ke Timor Leste guna memperkuat timnas.

Salah satu pemain Persib yang bakal menjadi sorotan adalah striker asal Spanyol, Juan Belencoso. Performanya sejauh ini masih minor. Tapi, di laga ini dia akan menjadikannya sebagai momentum untuk unjuk ketajaman.

Layak dinanti bentrok dua tim yang sama-sama memiliki ambisi sama. BSU ingin menang kali pertama di kandang, Persib ingin menang pertama kali di laga tandang.

Fakta Pertandingan:

- Dari dua laga kandang di TSC, Bhayangkara SU tak pernah menang. Sekali seri dan sekali kalah.

- Produktivitas Bhayangkara SU sangat minim setelah baru mencetak 3 gol.

- Persib Bandung setelai tiga uang. Mereka selalu seri dalam dua laga tandang di TSC.

- Dalam dua laga terakhir di TSC, Maung Bandung selalu mengemas hasil imbang.


Perkiraan Formasi

Bhayangkara SU (4-4-2): Wahyu Tri Nughroho; Fatchu Rochman, Otavio Dutra, Indra Kahfi Ardhiyasa, Putu Gede; Muhammad Hargianto, Evan Dimas, Khairallah Abdelkbir, Iham Udin Armaiyn; Fandi Eko Utomo, Dos Santos.

Persib Bandung (4-2-3-1): I Made Wirawan; Dias Angga, Yanto Basna, Purwaka Yudhi, Tony Sucipto; Hariono, Kim Kurniawan; David Laly, Tantan, Rachmad Hidayat; Juan Belencoso

Head to Head Kedua Tim*
22/10/2014 Persib 3-1 Bhayangkara SU
14/10/2014 Bhayangkara SU 1-1 Persib
14/02/2014 Bhayangkara SU 2-1 Persib
23/01/2010 Persib 4-2 Bhayangkara SU
*Sebelum bernama Bhayangkara Surabaya United

Lima Laga Terakhir Bhayangkara SU
27/05/2016 PBFC 1-1 Bhayangkara SU  
22/05/2016 Bhayangkara SU 0-1 Sriwijaya
15/05/2016 Arema 3-0 Bhayangkara SU  
08/05/2016 Bhayangkara SU 0-0 PS TNI
30/04/2016 Barito Putera 1-2 Bhayangkara SU

Lima Laga Terakhir Persib
28/05/2016 Persib 0-0 Madura United
21/05/2016 Persiba 1-1 Persib
14/05/2016 Persib 2-0 Bali United
07/05/2016 PBFC 0-0 Persib
30/04/2016 Persib 1-1 Sriwijaya

Prediksi: Bhayangkara SU 0-0 Persib

Oleh I. Eka Setiawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya