Soal Jumlah Trofi, Malaysia Lebih Hebat daripada Indonesia

Total, Timnas Malaysia meraih 38 gelar juara dari semua ajang, sementara Timnas Indonesia 18.

oleh Liputan6 diperbarui 06 Sep 2016, 19:10 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2016, 19:10 WIB
Timnas Indonesia Vs Timnas Malaysia
Total, Timnas Malaysia meraih 38 gelar juara dari semua ajang, sementara Timnas Indonesia 18.

Liputan6.com, Solo - Timnas Malaysia menjadi lawan pertama Timnas Indonesia dalam pertandingan resmi internasional selepas terbebas dari sanksi FIFA. Laga persahabatan kedua tim digelar di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016) malam WIB.

Indonesia yakin dapat meraih kemenangan karena memiliki rekor pertemuan yang lebih baik. Berdasar Worldfootball, dari 63 pertemuan di semua ajang, Indonesia mampu menang 29 kali. Sementara itu, Malaysia menang 21 kali dan sebanyak 13 laga lainnya berakhir imbang.

Hanya saja, Malaysia tetap dapat membanggakan diri dalam sisi lain di hadapan Indonesia. Timnas berjuluk Harimau Malaya tersebut unggul dalam hal trofi juara.

Jika melongok lemari piala Timnas Malaysia, sederet gelar mereka raih. Total ada 38 gelar juara mereka genggam dari semua ajang. Baik di tingkat internasional maupun regional. Sementara itu, Indonesia hanya mendapat 18 gelar sepanjang timnas berkiprah di sepak bola internasional dan regional.

Gelar-gelar kedua negara termasuk di pesta olahraga Asia Tenggara (SEA Games) dan Asia (Asian Games). Dalam hal ini, medali perak maupun perunggu ikut dihitung.

Terakhir, Indonesia kalah dari Malaysia dalam perebutan medali emas di SEA Games 2011 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah. Malaysia meraih emas dan Indonesia harus puas mendapat perunggu.

Sebelumnya, di final Piala AFF 2010, Indonesia juga harus mengakui keunggulan Malaysia. Secara agregat Indonesia kalah 2-4 dari Malaysia. Pada laga perdana di Malaysia, Indonesia secara mengejutkan kalah 0-3. Kemudian pada final leg kedua di Jakarta, Indonesia hanya mempu menang 2-1.

Seperti apa perbandingan raihan trofi dan medali timnas Malaysia dan Indonesia? Berikut penjabarannya:

(I. Eka Setiawan)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya