Piala Dunia 2018: Wasit Uzbekistan Siap Pertegas Rekor

Ravshan Irmatov sudah memimpin sembilan pertandingan Piala Dunia.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 06 Jun 2018, 06:12 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2018, 06:12 WIB
Ravshan Irmatov
Ravshan Irmatov akan bertugas di Piala Dunia 2018. (Odd Andersen/AFP)

Liputan6.com, Moskow - Bukan hanya pemain, pelatih, dan tim saja yang memburu prestasi di Piala Dunia 2018. Para wasit juga berkesempatan menorehkan rekor.

Salah satu yang masuk buku sejarah adalah Ravshan Irmatov. Sosok asal Uzbekistan itu akan mengukuhkan diri sebagai wasit paling berpengalaman di Piala Dunia.

Dia menjadi salah satu wakil Asia bersama Alireza Faghani (Iran), Mohammed Abdulla Hassan Mohamed (Uni Emirat Arab), Ryuji Sato (Jepang), dan Nawaf Shukralla (Bahrain).

Irmatov sudah membukukan rekor sebagai pengadil dengan jumlah laga Piala Dunia terbanyak. Dengan sembilan pertandingan, dia mengungguli Joel Quiniou (Prancis), Benito Archundia (Meksiko), dan Jorge Larrionda (Uruguay). Ketiga sosok itu masing-masing bertugas di delapan partai.

"Asia memiliki program bagus untuk wasit. Di masa depan saya yakin akan banyak lahir pengadil-pengadil berkualitas dari kawasan ini," ungkap Irmatov, dikutip The Sun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kiprah di Piala Dunia

Australia, Suriah, Kualifikasi Piala Dunia 2018
Wasit, Ravshan Irmatov (kiri) memberkan kartu merah kepada pemain Suriah, Mahmoud Al Mawas (tengah) pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Sydney (10/10/2017). Australia menang 2-1 pada leg kedua tersebut. (AFP/Saeed Khan)

Irmatov, wasit terbaik Asia lima kali, melakoni debut di Piala Dunia pada turnamen di Afrika Selatan. Di sana dia memimpin pertandingan pembuka yang melibatkan tuan rumah melawan Meksiko.

Sosok berusia 40 tahun itu lalu memimpin empat laga ekstra, termasuk semifinal antara Uruguay dan Belanda.


Pengalaman Segudang

Menjadi wasit FIFA sejak 2003, Irmatov kemudian bertugas di empat pertandingan pada 2014. Selain Piala Dunia, pengalaman lain Irmatov di kompetisi bergengsi adalah Piala Asia dan Piala Dunia Antarklub.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya