La Cartuja Stadium, Venue Euro 2020 di Sevilla yang Wujudkan Mimpi Jadi Kenyataan

Stadion La Cartuja di Sevilla menggantikan San Mames di Bilbao untuk menghelat Euro 2020 untuk penyisihan grup dan 16 besar.

oleh Defri Saefullah diperbarui 06 Jun 2021, 18:00 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2021, 18:00 WIB
Estadio de la Cartuja
Stadion La Cartuja sudah siap menjadi tuan rumah Euro 2020 (AFP)

Liputan6.com, Jakarta La Cartuja Stadium di kota Sevilla menjadi salah satu venue Euro 2020-2021 yang mulai digelar pada 12 Juni nanti. La Cartuja sebenarnya bukan ide awal venue untuk Euro 2020.

UEFA sebenarnya menunjuk San Mames di Bilbao sebagai tuan rumah. Namun karena pemerintah kota Bilbao tak bisa menunjukkan kesiapan akan kehadiran penonton, UEFA akhirnya mengalihkan venue tuan rumah Piala Eropa 2020 ke La Cartuja.

Nama La Cartuja belum lama dipakai karena sebelumnya stadion ini dikenal sebagai stadion untuk Olimpiade. Namun Sevilla gagal jadi tuan rumah Olimpiade pada 2004 dan 2008.

Stadion ini sempat tak terpakai karena baik Sevilla dan Real Betis memakai stadion masing-masing. Namun kini Sevilla pindah ke stadion ini selama renovasi stadion Ramon Sanchez Pizjuan belum selesai.

Stadion ini resmi dibuka pada 5 Mei 1999 lalu. Saat itu, pembukaan ditandai duel internasional Spanyol melawan Kroasia. Kini, La Cartuja terpilih untuk jadi tuan rumah Euro 2020 yang memang sudah diimpikan oleh otoritas setempat.

Berikut beberapa fakta atau hal menarik soal stadion La Cartuja :

 

Video Menarik


Venue Final Copa del Rey

Bungkam Athletic Bilbao 4-0, Barcelona Juarai Copa del Rey
Para pemain Barcelona memegang trofi saat mereka merayakan kemenangan setelah memenangkan final Copa del Rey Spanyol 2021 melawan Athletic Bilbao di stadion La Cartuja di Seville, Spanyol, Minggu (18/4/2021). Barcelona menang atas Athletic Bilbao 4-0. (HANDOUT / RFEF / AFP)

 

Stadion La Cartuja yang megah kini ditunjuk menjadi venue final Copa del Rey untuk empat musim beruntun. Itu dimulai dari 2020 hingga 2023.

Keputusan ini diambil oleh Federasi Sepak Bola Spanyol atau RFEF. Seperti diketahui, RFEF kerap kesulitan untuk memilih venue untuk final Copa del Rey.

Setidaknya hingga 2023, kepusingan itu tidak ada lagi. Tahun ini, Barcelona berhasil angka trofi Copa del Rey usai kalahkan Athletic Bilbao di final.

 


Dipakai Piala Davis

La Cartuja Stadium
Suasana di dalam stadion La Cartuja Sevilla (stadiumguide.com)

 

Karena La Cartuja merupakan sebuah komplek olahraga, maka fasilitas lain pun dipergunakan untuk event internasional. Final Piala Davis misalnya pernah menggunakan lapangan tenis di area La Cartuja.

final Piala David pernah dihelat dua kali di sini pada 2004 dan 2011. Selain olahraga, stadion ini juga kerap dipakai untuk konser musik diantaranya konser Madonna pada 2008 dan AC/D pada 2016.

 


Bisa Jalan Kaki

Timnas Spanyol
Timnas Spanyol meraih kemenangan 3-1 atas Kosovo pada laga ketiga Grup B kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Estadio de La Cartuja, Kamis (1/4/2021) dini hari WIB. (AFP/CRISTINA QUICLER)

 

La Cartuja terletak di Barat Laut Sevilla. Jaraknya sangat dekat dari pusat kota sekitar 3,5 kilometer saja.

Ini pula yang membuat banyak fans yang memilih jalan kaki ke sana. Butuh waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke La Cartuja dengan jalan kaki.

Kalau ingin lebih cepat bisa gunakan Comuter Cercania. Dibutuhkan hanya 15 menit untuk sampai ke stadion yang terletak di Isla de la Cartuja ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya