Francesco Bagnaia Juara MotoGP Inggris 2022, Ducati Panen Rekor

Capaian Bagnaia dan Miller di MotoGP Inggris menjadi catatan khusus bagi Ducati. Pabrikan asal Italia tersebut menorehkan berbagai rekor.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 08 Agu 2022, 22:00 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2022, 22:00 WIB
Foto: Francesco Bagnaia Rajai MotoGP Inggris 2022 dan Raih Gelar Back to Back di MotoGP Musim Ini
Francesco Bagnaia juara MotoGP Inggris 2022 . (AP/Rui Vieira)

Liputan6.com, Jakarta - Francesco Bagnaia memenangkan MotoGP Inggris 2022 di Sirkuit Silverstone, Minggu (7/8/2022). Dia mengungguli Maverick Vinales (Aprilia) dan rekan setim di Ducati Lenovo, Jack Miller.

Bagnaia membukukan waktu 40 menit 10,260 detik. Dia memimpin 0,426 detik atas rider Aprilia Maverick Vinales. Sementara Jack Miller (Ducati Lenovo) melengkapi podium dengan defisit 0,614 detik. 

Pemegang pole Johann Zarco (Pramac Ducati) melesat dan tetap memimpin di awal balapan, dengan Quartararo melakukan start bagus untuk menempel setelah sart di posisi empat.

Quartararo coba menyalip Zarco agar tetap memimpin saat melakukan long lap penalty, tapi gagal melakukannya. Ketika mengambil hukuman, dia kembali ke peringkat lima di belakang Zarco, Miller, Alex Rins (Suzuki Ecstar), dan Bagnaia.

Zarco terjatuh di Tikungan 8 sehingga gagal mengakhiri paceklik memenangkan balapan MotoGP. Miller dan Rins terlibat duel sengit, dengan Bagnaia ikut meramaikan.

Rins menunjukkan kepiawaian untuk memimpin dan perlahan meninggalkan rival. Sementara Quartararo turun ke peringkan enam usai disalip Jorge Martin (Pramac Ducati) dan Vinales.

Bagnaia menyikut Rins saat balapan menyisakan sembilan putaran, manuver yang kemudian diikuti Miller dan Vinales.

MotoGP Inggris semakin seru dengan Vinales menyalip Bagnaia. Meski sempat menggeser Bagnaia, Vinales melakukan sejumlah kesalahan sehingga harus puas menduduki posisi dua.

Di belakang, Quartararo semakin tercecer karena juga digeser Miguel Oliveira (KTM).
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


200 Kali Naik Podium

Foto: Francesco Bagnaia Rajai MotoGP Inggris 2022 dan Raih Gelar Back to Back di MotoGP Musim Ini
Francesco Bagnaia (tengah) berhasil mengakhiri balapan di sirkuit Silverstone dengan catatan waktu 40 menit 10,260 detik, mengungguli dua pembalap lain yang menempati posisi kedua dan ketiga, Maverick Vinales (kiri) dan Jack Miller. (AP/Rui Vieira)

Capaian Bagnaia dan Miller menjadi catatan khusus bagi Ducati. Pabrikan asal Italia tersebut menorehkan berbagai rekor.

Salah satunya kesuksesan menduduki podium 200 kali pada era MotoGP. Selain pembalap musim ini, nama-nama tenar lain yang berkontribusi terhadap terciptanya angka tersebut di antaranya Loris Capirossi, Carlos Checa, Casey Stoner, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, hingga Jorge Lorenzo.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


18 Seri Beruntun

Foto: Francesco Bagnaia Rajai MotoGP Inggris 2022 dan Raih Gelar Back to Back di MotoGP Musim Ini
Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia behasil menjuarai MotoGP Inggris 2022 yang merupakan seri ke-12 di musim ini yang berlangsung di sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (7/8/2022) malam WIB. (AP/Rui Vieira)

Catatan lain adalah kesuksesan Ducati mengirim wakil di podium dalam 18 seri beruntun, terbaik sepanjang sejarah pabrikan. Mereka melakukannya sejak seri Aragon 2021 hingga teranyar Inggris 2022.

Jika dirinci, Bagnaia naik podium sembilan kali, menyusul Miller (6), Johann Zarco (4), Enea Bastianini (4), Jorge Martin (3), dan Marco Bezzecchi (1).

MotoGP
Infografis Jadwal MotoGP 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya