Kemenangan Jepang Atas Jerman Mirip Sukses Arab Saudi di Piala Dunia 2022, Ini Faktanya

Kejutan besar kembali terjadi di Piala Dunia 2022, lagi-lagi dilakukan wakil Asia, setelah Jepang menumbangkan favorit juara, Jerman.

oleh Mohamad Taufik diperbarui 23 Nov 2022, 22:53 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2022, 22:53 WIB
Grup E Piala Dunia 2022: Jerman vs Jepang
Pemain Timnas Jepang, Ritsu Doan mencetak gol pertama Jepang ke gawang Timnas Jerman dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Matthias Schrader)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Asia kembali mengejutkan. Setelah Arab Saudi, giliran Jepang yang membuat penggemar sepak bola dunia terkejut setelah menggasak Jerman 2-1 dalam laga Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022).

Jepang menang dengan proses yang hampir sama dengan Arab Saudi yang mempermalukan Argentina, sehari sebelumnya. Mereka bangkit dari ketinggalan di babak pertama setelah Jerman unggul lebih dulu melalui gol penalti yang diciptakan Ilkay Gundogan.

Kemiripan lain dalam kemenangan Jepang dengan Arab Saudi, adalah fakta gol Jerman dan Argentina di babak pertama dianulir wasit setelah melakukan review lewat VAR.

Gol striker Jerman, Kai Havertz, jelang turun minum dibatalkan wasit karena bukti video menunjukkan pemain Chelsea itu, berdiri dalam posisi offside.

Di babak kedua, Jerman sebenarnya cukup banyak menciptakan peluang. Selain karena penyelesaian akhir yang tak akurat seperti tembakan Ilkay Gundogan yang membentur mistar, juga karena kecekatan kiper Jepang, Shuichi Gonda yang beberapa kali melakukan penyelamatan. Salah satunya, mementahkan peluang beruntun Serge Gnabry.

Gemilangnya penampilan Shuichi Gonda di bawah mistar gawang Jepang juga mengingatkan pada penampilan gemilang kiper Arab Saudi, Mohammed Al Owais yang juga beberapa kali mementahkan peluang Argentina.

Keputusan pelatih Hajime Moriyasu yang melakukan perubahan komposisi pemain dengan memasukan sejumlah pengganti, terbukti jitu dan mengubah situasi di lapangan.

Faktanya dua gol Jepang lahir dari dua pemain pengganti, Ritsu Doan dan Takuma Asano. Yang menarik keduanya bermain di kompetisi Bundesliga Jerman.

Ritsu Doan bersama Freiburg, sementara Asano membela Vfl Bochum, sehingga cukup mengenal baik karakter pemain-pemain Jerman.

Dua gol oleh pemain pengganti Jepang tersebut, yang menjadi pembeda dengan kemenangan Arab Saudi atas Argentina. Di mana dua gol Arab Saudi dicetak oleh pemain inti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanda-tanda Positif Jepang Sebelum Laga

Grup E Piala Dunia 2022: Jerman vs Jepang
Pemain Timnas Jerman, Antonio Ruediger (kanan) berduel udara dengan pemain Timnas Jepang, Hiroki Sakai dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Ebrahim Noroozi)

Jelang laga kontra Jerman, tanda-tanda positif sudah terasa di skuad Jepang karena kondisi sejumlah pemain yang sebelumnya mengalami cedera berangsur membaik.

Dinukil dari Sportmole, tiga pemain Jepang yang sempat diragukan Kaoru Mitoma, Wataru Endo, dan Hidemasa Morita, berpeluang dimainkan pelatih Hajime Moriyasu saat menghadapi juara dunia empat kali, Jerman.

Kaoru Mitoma dan Wataru Endo telah mengatasi masalah di bagian kepala untuk membuat diri mereka tersedia, sementara gelandang Sporting Lisbon Hidemasa Morita telah pulih dari cedera betis dan cukup fit.

Endo akhirnya dimainkan sejak awal, sedangkan Mitoma masuk sebagai pengganti. Sementara Morita tak dimainkan, namun ada di bangku cadangan.

 


Tumbang di Uji Coba Terakhir

Kanada Taklukkan Jepang di Laga Persahabatan Jelang Piala Dunia 2022
Pemain Jepang Miki Yamane melanggar pemain Kanada Richie Laryea dalam kotak penalti pada pertandingan persahabatan di Dubai, 17 November 2022. Kanada mengalahkan Jepang dengan skor 2-1. (AP Photo/Christopher Pike)

Jepang sendiri menghadapi Piala Dunia 2022 dengan modal buruk karena menderita kekalahan di laga uji coba terakhir dari Kanada, dan jadi hasil negatif perdana dalam enam pertandingan.

Kanada mengakhiri rekor bagus The Samurai Blue. Kanada meraih kemenangan 2-1 pada laga uji coba di Stadion Al Maktoum, Kamis (17/11/2022).

Yuki Soma membawa Jepang memimpin di menit ke-9. Steven Vitoria lalu membatalkan keunggulan lewat golnya di menit ke-21.

Dengan partai menuju hasil imbang, Kanada mampu mencuri kemenangan. Penalti pemain pengganti Lucas Cavallini di injury time mengubah skor laga Jepang vs Kanada.

Jepang masuk Grup E Piala Dunia Qatar bersama Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika. Sedangkan Kanada, yang tampil di panggung terbesar sepak bola setelah menanti 36 tahun, bersaing di Grup F melawan Belgia, Kroasia, dan Maroko.

Jepang memulai petualangan di turnamen melawan Jerman, Rabu (23/11/2022). Sedangkan Kanada bersua Belgia pada Kamis (24/11/2022) dini hari WIB.

 

 


Tak Pernah Absen Sejak Piala Dunia 1998

Grup E Piala Dunia 2022: Jerman vs Jepang
Pemain Timnas Jepang, Yuto Nagatomo melepaskan tendangan ke gawang Timnas Jerman dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Luca Bruno)

Jepang sejak lolos ke Piala Dunia 1998, selalu hadir sebagai negara peserta putaran final FIFA World Cup.

Putaran final Piala Dunia 2022 merupakan keterlibatan ketujuh Jepang dan pencapaian terbaik Samurai Biru adalah tiga kali melangkah ke babak 16 besar.

Pertemuan Jerman dan Jepang di Piala Dunia 2022 merupakan yang pertama bagi kedua negara di FIFA World Cup.

Tetapi kedua negara sempat bertarung laga persahabatan pada tahun 2004 yang dimenangkan Jerman dengan skor 3-0 dan pada 2006 berakhir imbang 2-2.

Jepang merupakan negara keenam dari zona Asia yang dihadapi Jerman di Piala Dunia, setelah Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Australia, Arab Saudi, dan Iran.

 


Hasil dan Jadwal Pertandingan Jepang di Piala Dunia

Rabu, 23 November 2022

Jerman vs Jepang 1-2

Minggu, 27 November 2022

17:00 WIB: Jepang vs Kosta Rika (Stadium Al Rayyan)

Jumat, 2 Desember 2022

02:00 WIB: Jepang vs Spanyol (Stadion Internastional Khalifa).

Infografis Grup E Piala Dunia 2022
Infografis Grup E Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya