Profil Yunus Nusi, Calon Waketum PSSI yang Mundur Setelah Terpilih di KLB PSSI 2023

Yunus Nusi belakangan menjadi sorotan usai dirinya memilih mundur dari posisi wakil ketua umum PSSI beberapa saat setelah dinyatakan terpilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 17 Feb 2023, 15:39 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2023, 15:30 WIB
Yunus Nusi Mundur Sebagai Waketum PSSI Terpilih dalam KLB PSSI 2023
Sekjen PSSI Yunus Nusi, memberi keterangan pers usai Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Yunus Nusi mundur sebagai Sekjen periode 2023-2027. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Yunus Nusi sukses menuai sorotan dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang dihelat di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Kamis (16/2/2023) lalu.

Pria kelahiran Gorontalo tersebut menjadi pusat perhatian lantaran ia memutuskan mundur dari jabatan, hanya beberapa saat setelah namanya diumumkan sebagai wakil ketua umum PSSI terpilih periode 2023-2027.

Seperti diketahui, Yunus Nusi memang merupakan salah satu kandidat yang memperebutkan kursi tertinggi kedua federasi sepak bola Tanah Air bersama 14 calon lainnya.

Ia bersaing dengan Eks Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang sama-sama mengincar posisi tersebut.

Kejanggalan sempat mewarnai proses pemilihan wakil ketua umum. Pemungutan suara diulang akibat adanya protes dari sejumlah voters. Mereka mencurigai adanya kecurangan, di mana sejumlah nama yang dipilih justru tak masuk dalam penghitungan.

Zainudin Amali dan Yunus Nusi sebelumnya menjadi dua kandidat dengan perolehan suara terbanyak. Mereka mengantongi masing-masing 66 dan 63 suara, sehingga dinyatakan berhak menduduki kursi wakil ketua umum.

Akan tetapi, situasi berubah usai pemilihan ulang dilakukan. Kali ini gantian Ratu Tisha Destria dan Yunus Nusi yang keluar sebagai top two. Keduanya memperoleh 54 dan 53 suara dari total 86 voters yang bisa memberikan hak pilihnya.

Drama tak berhenti sampai di situ. Yunus Nusi, yang kembali dinyatakan berhak mengisi jabatan wakil ketua umum, malah memilih mundur dari posisinya. Ia mengaku tak lebih pantas mendampingi Erick Thohir dan Ratu Tisha dibanding Menpora Amali.

“Saya, Yunus Nusi, tidak merasa lebih baik dari Pak Zainudin Amali. Beliau telah memberikan yang terbaik untuk sepak bola, beliau telah memberikan yang terbaik untuk olahraga Indonesia. Tiga tahun saya bersama beliau, saya tahu persis keikhlasan beliau untuk memajukan sepak bola Indonesia,” ujarnya selepas KLB PSSI.

“Saya sangat tidak pantas berada di sini, dan sangat pantas Bapak Zainudin Amali serta Bapak Erick Thohir memimpin sepak bola ke depan,” katanya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kiprah Yunus Nusi

Yunus Nusi Mundur Sebagai Waketum PSSI Terpilih dalam KLB PSSI 2023
Sekjen PSSI 2021-2023 Yunus Nusi, memberi keterangan pers usai Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Yunus Nusi mundur sebagai Sekjen periode 2023-2027. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bicara soal pengalaman, Yunus Nusi sebenarnya bukanlah sosok asing dalam kancah sepak bola Indonesia. Malahan, ia merupakan salah satu wajah lama dalam kepengurusan PSSI.

Yunus Nusi memulai kiprahnya di dunia olahraga dengan mengemban tugas sebagai Sekretaris Umum Taekwondo Indonesia wilayah Kalimantan Timur. Posisi tersebut dipangkunya selama kurang lebih delapan tahun, terhitung sejak 2001 hingga 2009.

Dalam periode yang bersinggungan, Yunus juga dipercaya menjadi pengurus KONI Kalimantan Timur periode 2006-2014, serta menjabat Sekretaris Bidang Pertandingan PB PON di daerah yang sama pada 2008.

Setelahnya, Yunus Nusi loncat ke lingkup klub. Ia menempati posisi Direktur Bisnis Persisam Samarinda pada 2009 sampai 2014. Kariernya bergeser lagi ketika Yunus bergabung dengan PSSI di daerah. Ia sempat dipercaya menjadi Ketua Asprov PSSI Kalimantan Timur.


Melejit ke Pusat

Yunus Nusi Mundur Sebagai Waketum PSSI Terpilih dalam KLB PSSI 2023
Sekjen PSSI 2021-2023 Yunus Nusi, memberi keterangan pers usai Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Yunus Nusi mundur sebagai Sekjen periode 2023-2027. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tak butuh waktu lama bagi Yunus Nusi untuk melejitkan kariernya ke level pusat. Pada 2016, pria kelahiran 1970 itu sudah dipercaya mengemban jabatan sebagai anggota komite eksekutif (exco) PSSI.

Jalannya kembali menanjak ketika Ratu Tisha Destria memutuskan mundur dari posisinya selaku Sekjen PSSI pada 13 April 2023.

Yunus Nusi lantas ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Sekretaris Jendral PSSI, sebelum akhirnya ditetapkan sebagai Sekjen PSSI melalui rapat komite eksekutif yang dilakukan di kantor federasi pada 25 Mei 2021 silam.


Masa Depan Yunus Nusi

Yunus Nusi Mundur Sebagai Waketum PSSI Terpilih dalam KLB PSSI 2023
Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali, berbincang dengan Sekjen PSSI 2021-2023 Yunus Nusi usai Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Yunus Nusi mundur sebagai Sekjen periode 2023-2027. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Yunus Nusi sejatinya sempat mencoba melanjutkan kiprah di kepengurusan PSSI periode ini. Terbukti, ia maju menjadi salah satu kandidat wakil ketua umum jelang dihelatnya Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari 2023.

Akan tetapi, keputusannya untuk mundur pasca pemilihan membuat masa depan Yunus Nusi di federasi sepak bola Tanah Air menjadi tanda tanya.

Yunus sendiri mengaku masih belum bisa memberi jawaban terkait hal ini. Ia mengaku hanya akan mempercayakan keputusan pada ketua umum baru PSSI, Erick Thohir, mengenai potensi dirinya kembali duduk di kursi sekjen.

“Tentang apa yang akan saya lakukan di kemudian hari, saya belum bisa menjawabnya, semua saya serahkan kepada ketua umum dan sekali lagi saya yakin ketua umum akan mencari bibit-bibit terbaik untuk mengisi jabatan yang ada di PSSI,” tambahnya.

Infografis Waketum dan 12 Anggota Exco Terpilih PSSI Periode 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Waketum dan 12 Anggota Exco Terpilih PSSI Periode 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya