Profil Kolombia, Peserta Piala Dunia U-20 2023: Kuda Hitam dari Amerika Selatan

Kolombia jadi salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023. Mereka lolos sebagai salah satu dari empat wakil Amerika Selatan.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 17 Mar 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2023, 08:00 WIB
Foto: Tanpa Argentina, Ini Dia 4 Wakil Amerika Selatan yang Siap Mentas pada Ajang Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia
Kolombia tampil di Piala Dunia U-20 2023 sebagai salah satu wakil Amerika Selatan. (AFP/Daniel Munoz)

Liputan6.com, Jakarta - Kolombia jadi salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023. Mereka lolos sebagai salah satu dari empat wakil Amerika Selatan.

La Tricolor merupakan peserta langganan turnamen yang tahun ini digelar di Indonesia tersebut. Edisi 2023 merupakan partisipasi ke-11 mereka sepanjang sejarah di Piala Dunia U20.

Juga sempat jadi tuan rumah pada 2011, capaian terbaik justru dicatat pada 2003. Kala itu Kolombia menduduki peringkat tiga dalam kompetisi yang berlangsung di Uni Emirat Arab.

Keseluruhan, rekor Kolombia di Piala Dunia U-20 terbilang bagus meski tidak juga mengesankan. Usai menempati podium dua dekade silam, mereka selalu melaju ke babak gugur turnamen.

Kolombia berangkat ke Indonesia setelah menempati empat besar Kejuaraan Amerika Selatan U-20 2023. Di ajang tersebut mereka memanfaatkan benar keuntungan sebagai penyelenggara demi menyegel tiket.

Pasukan Hector Cardenas masuk Grup A pada tahap awal turnamen tersebut. Meski harus meladeni Brasil dan Argentina, Kolombia sukses menunjukkan taji. Mereka mengimbangi Brasil serta mengirim Argentina pulang ke kampung halaman.

Dengan jadi salah satu dari tiga tim terbaik, bersama Brasil dan Paraguay, Kolombia melaju ke putaran berikut. Di sini enam tim dari dua grup bersaing menggunakan sistem round robin.

Lagi-lagi Kolombia sukses menahan Brasil. Namun, mereka harus mengakui keunggulan juara Grup B Uruguay. La Tricolor akhirnya berada di peringkat tiga klasemen akhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Produsen Pemain ke Timnas Senior

Ilustrasi - Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia
Ilustrasi - Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia (Bola.com/Decika Fatmawaty)

Juara Amerika Selatan tiga kali ini memiliki banyak talenta berbakat. Skuad junior Kolombia memang rutin memproduksi pemain-pemain andalan untuk timnas senior.

Daftarnya mencakup Rene Higuita, Oscar Cordoba, Fredy Guarin, Radamel Falcao, David Ospina, Luis Muriel, James Rodriguez, Duvan Zapata, Davinson Sanchez, hingga Luis Diaz.

Beberapa nama siap mengikuti jejak. Mulai top skor Kolombia di Kejuaraan Amerika Selatan U-20 2023 Oscar Cortes, Juanda Fuentes yang tengah menimba ilmu di Barcelona, hingga striker haus gol Jorge Cabezas Hurtado.

 


Calon Bintang Kolombia di Piala Dunia U-20

Gustavo Puerta
Gustavo Puerta. (AFP/Daniel Munoz)

Namun, pemimpin mereka adalah Gustavo Puerta. Di bawah komandonya Kolombia bermain sebagai unit kesatuan.

Talenta Puerta memang tidak perlu diragukan. Usai mencuat bersama Bogota, klub Jerman Bayer Leverkusen mendatangkannya pada awal 2023. Dia kemudian dipinjamkan ke Nurnberg agar terus berkembang karena lebih berpeluang mendapat waktu bermain.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya