Masih Latih Real Madrid, Brasil Resmi Tunjuk Carlo Ancelotti Jadi Pelatih di 2024

Carlo Ancelotti akan menjadi pelatih anyar Brasil usai rampungkan kontraknya dengan Real Madrid di musim ini. Ini pengalaman pertama Ancelotti jadi pelatih timnas.

oleh Defri Saefullah diperbarui 05 Jul 2023, 14:53 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2023, 14:53 WIB
Carlo Ancelotti - Real Madrid - Liga Champions - 29 Mei 2022 -1
Pelatih Carlo Ancelotti (tengah) berbicara dengan Daniel Cebellos (kanan) saat para pemain Real Madrid merayakan kemenangan final Liga Champions di Stadion Stade de France, Prancis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. Real Madrid menang 1-0 aas Liverpool di final. (Paul ELLIS / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Brasil akhirnya resmi menunjuk Carlo Ancelotti untuk menjadi pelatih baru di 2024 mendatang. Ancelotti saat ini masih akan merampungkan kontraknya hingga Juni 2024 dengan Real Madrid.

Ancelotti pun sudah siap terjun latih Brasil saat ikut Copa America 2024. Ini bakal menjadi pengalaman pertama sang maestro latih timnas.

Pelatih 64 tahun ini selama ini dikenal sebagai maestro saat membawa klub berjaya baik di domestik maupun internasional. Ancelotti misalnya mengantarkan Madrid raih trofi ke-14 Liga Champions pada musim 2021/2022 lalu.

Ancelotti menggantikan posisi Tite yang meninggalkan Timnas Brasil usai kalah dari Kroasia di Piala Dunia 2022. Saat ini pelatih Fluminense Diniz akan ambil alih posisi kepelatihan di Timnas Brasil.

Dia menggantikan Ramon Menezes yang dianggap tak mampu memimpin Brasil. Dari tiga pertandingan, Menezes membawa Brasil kalah dua kali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ancelotti Kenal Pemain Brasil yang Main di Real Madrid

Foto: Setelah Sembilan Tahun Lamanya Real Madrid Akhirnya Juara Copa del Rey 2022 / 2023
Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti (tengah), menyaksikan Karim Benzema mengangkat piala Copa del Rey 2022/2023 setelah berhasil mengalahkan Osasuna 2-1 dalam partai final di La Cartuja, Minggu (7/5/2023). Sembilan tahun silam, Don Carlo juga berhasil membawa Real Madrid meraih Copa del Rey pada musim 2013/2014. (AFP/Ander Gillenea)

 

Ancelotti langsung dihadapkan kepada tugas berat di Copa America dan juga kualifikasi Piala Dunia 2026. Sedangkan Diniz tetap melatih Fluminense dan menjalankan tugas ganda latih Brasil untuk sementara.

Ancelotti tentu tidak asing dengan Brasil. sEtidaknya, dia sudah mengenal banyak pemain Brasil seperti Vinicnius Jr, Neymar Jr, Rodrygo, Eder Militao dan lainna.

"BREAKING: Carlo Ancelotti bakal jadi pelatih baru Brasil di Juni 2023. Dia akan rampungkan kontraknya di Real Madrid dan langsung ambil alih Selecao di Copa Americca 2024," tulis Italian Football TV.

"Presiden Konfederasi sepak Bola Brasil atau CBF Ednaldo Rodrigues sudah memastikan kebenaran laporan ini."

 


Sejarah Kepelatihan Ancelotti

Foto: Momen Canda Tawa Penggawa Real Madrid saat Berlatih di Markas Manchester City Jelang Laga Leg Kedua Semifinal Liga Champions 2023
Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti saat melakukan latihan menjelang laga semifinal Liga Champions 2022/2023 melawan Manchester City di Etihad Stadium, Manchester, Selasa (16/05/2023) waktu setempat. (AFP/Oli Scarff)

 

Ancelotti sebenarnya nyaris menjadi pelatih timnas pada 1992 dan 1995. Saat itu, dia menjadi asisten untuk pelatih legendaris Italia Arrigo Sancchi.

Ancelotti tak hanya sukses sebagai pelatih. Dia juga menjadi salah satu generasi emas AC Milan saat menguasai Eropa pada era 1980-an.

Dia pun lalu memulai karier pelatih di AC Milan, RealM Madrid, Chelsea, PSG, Napoli dan Bayern Munchen.

 


Ancelotti Meninggalkan Prestasi di Real Madrid

Foto: Senyum Semringah Karim Benzema Saat Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik Eropa Tahun 2022
Sementara itu predikat pelatih terbaik versi UEFA tahun 2022 menjadi milik Carlo Ancelotti. Pelatih asal Italia ini merupakan tokoh kunci sukses Real Madrid mengawinkan titel juara La Liga dan Liga Champions musim 2021/2022. (AFP/Ozan Kose)

 

Ancelotti menjadi pelatih Real Madrid dalam dua periode. Selama itu, dia sukses menorehkan prestasi juara La Liga, Liga Champions, Copa del Rey, Piala Dunia Klub dan prestasi penting lainnya.

Anelotti kini dituntut untuk membawa Brasil raih trofi Piala Dunia yang keenam kalinya. Kalau itu berhasil dilakukan, dia akan menjadi pelatih Italia tersukses sepanjang masa.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya