Manajer Manchester United Ikut Komentari Kontroversi Tottenham vs Liverpool, Jawabannya Mengejutkan

Manajer MU Erik ten Hag ikut buka suara soal kontroversi VAR di laga Tottenham vs Liverpool akhir pekan kemarin.

oleh Thomas diperbarui 03 Okt 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2023, 12:00 WIB
Erik ten Hag - Manchester United - Liga Inggris
Manajer Manchester United (MU) Erik ten Hag. (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta- Premier League 2023/2024 sudah memanas meski baru berjalan tujuh pekan. Duel Tottenham Hotspur melawan Liverpool akhir pekan kemarin jadi sorotan. Kinerja wasit dan VAR mendapat kritik pedas terutama dari kubu Liverpool.

Liverpool merasa dirugikan dengan keputusan wasit dan VAR sehingga harus keok 1-2 dari Tottenham. Manajer Liverpool Jurgen Klopp berang dengan kartu merah yang diterima pemainnya Curtis Jones di babak pertama dan gol Luis Diaz yang dianulir VAR.

Belakangan, Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) selaku badan yang mengurusi masalah perwasitan sepak bola profesional Inggris mengakui adanya kekeliruan keputusan dalam laga Tottenham vs Liverpool.

PGMOL melalui pernyataan resminya pun mengeklaim kesalahan tersebut merupakan humar error signifikan. Mereka juga menyayangkan VAR yang gagal memberi intervensi secara tepat di tengah laga.

Manajer Manchester United Erik ten Hag ikut berkomentar mengenai ribut-ribut soal wasit Liga Inggris ini. Pria Belanda itu memberikan jawaban mengejutkan. Berbeda dengan Klopp, Ten Hag menegaskan sangat percaya dengan para wasit di Liga Inggris.

MU sendiri sebenarnya sudah beberapa kali dirugikan oleh wasit maupun VAR. Bahkan beberapa bulan lalu bek MU Harry Maguire yang saat itu masih menjadi kapten tim menyatakan Setan Merah paling sering dibatalkan oleh VAR.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komentar Ten Hag Soal Wasit Liga Inggris

Pemain Tottenham bersorak gembira merayakan gol ke gawang Liverpool
Pemain Tottenham bersorak gembira merayakan gol ke gawang Liverpool (AFP)

"Saya tidak sering memberikan komentar mengenai wasit karena mereka melakukan apa yang perlu mereka lakukan. Standarnya harus tinggi," ujar Ten Hag pada jumpa pers hari Senin (2/10/2023).

“Anda bisa mengharapkan, para penggemar bisa, standar yang tinggi, jadi itu seharusnya terjadi karena ini adalah Liga Premier. Saya yakin mereka melakukan apa yang mereka bisa. Saya percaya mereka.”


Kontroversi VAR Liga Inggris di Laga Tottenham vs Liverpool

Dua wasit VAR Liga Inggris, Darren England dan Dan Cook diistirahatkan sebagai buntut dari blunder yang mereka perbuat dalam laga Tottenham Hotspur vs Liverpool di Premier League akhir pekan lalu.

Keduanya didapati salah membuat keputusan dengan menganulir gol pembuka Luis Diaz akibat dinilai offside di babak pertama, sehingga berbuntut pada kalahnya Liverpool dengan skor akhir 1-2, Sabtu (30/9/2023) lalu.

Pesepak bola asal Kolombia memang sempat nyaris mengantar timnya unggul lebih dulu setelah berhasil menyelesaikan umpan terobosan Mohamed Salah. Akan tetapi, golnya ogah dihitung oleh wasit Simon Hooper karena dianggap sudah berada dalam posisi offside oleh VAR.

Mirisnya, England dan Cook yang kala itu bertugas sebagai wasit VAR malah membenarkan keputusan Hooper. Padahal, sejumlah tayangan ulang di saluran televisi asing memperlihatkan tak ada offiside yang terjadi sebelum gol pembuka Luis Diaz.


Klasemen Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya