5 Klub dengan Rekor Tak Terkalahkan Paling Panjang dalam Sejarah: Nomor 1 Raja Bundesliga Musim Ini

Bayer Leverkusen jadi tim dengan rekor tak terkalahkan paling banyak sepanjang sejarah. Mereka tidak menelan hasil minor dalam 51 laga beruntun di musim 2023/2024, mengatasi Benfica, Dinamo Zagreb, Rijeka, serta Rangers.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 28 Mei 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2024, 03:00 WIB
Bayer Leverkusen
Xabi Alonso mengangkat trofi juara Bundesliga bersama Bayer Leverkusen. Ia menjadi sosok penting yang mengantar timnya mencetak sejarah musim ini dengan meraih gelar Liga Jerman perdana sekaligus mencatatkan rekor 51 pertandingan tanpa kekalahan di berbagai ajang. (INA FASSBENDER / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Klub Jerman Bayer Leverkusen sukses mencetak sejarah di ajang Bundesliga musim ini. Mereka berhasil mengamankan mahkota Liga Jerman setelah menumpas dominasi Bayern Munchen di kampanye 2023/2024.

Kemenangan Leverkusen dalam kompetisi tersebut sekaligus menandai gelar Bundesliga perdana mereka sepanjang sejarah. Klub yang berdiri pada 1 Juli 1904 itu sudah 5 kali menjadi runner-up liga domestik, tetapi belum sekali pun finis sebagai juara.

Tak cuma mengunci predikat juara Bundesliga, Bayer Leverkusen juga berhasil mengawinkan gelar tersebut dengan trofi DFB Pokal. Mahkota kedua mereka musim ini diraih setelah menaklukkan Kaiserslautern dengan keunggulan tipis 0-1 dalam laga final, Minggu (26/5/2024).

Adalah pelatih Xabi Alonso yang jadi sosok penting di balik penampilan impresif Bayer Leverkusen sepanjang kampanye 2023/2024. Pria berusia 42 tahun mampu mengangkat derajat timnya yang sempat menduduki peringkat 17 ketika dia pertama kali ditunjuk sebagai juru taktik pada Oktober 2022 silam.

Menariknya, tangan dingin Alonso juga mampu membawa Die Werkself mencetak rekor lain di musim 2023/2024. Mereka merangsek jadi tim teratas yang mampu menorehkan catatan tidak terkalahkan paling panjang secara beruntun dalam sejarah.

Termasuk Bayer Leverkusen, ini 5 tim dengan rekor tak tersentuh kekalahan paling banyak sepanjang 191masa, sebagaimana dirangkum dari Football Transfers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


5. Rangers

Real Betis Vs Glasgow Rangers
Para pemain Glasgow Rangers merayakan kemenangan atas Real Betis pada pertandingan sepak bola grup C Liga Europa. Glasgow Rangers menang 2-3 dan berhak melaju ke babak 16 besar, sementara Real Betis tersingkir dari kejuaraan Liga Europa. (CRISTINA QUICLER/AFP)

Rangers merupakan tim asal Skotlandia yang menempati peringkat 5 dalam daftar klub dengan rekor tanpa kekalahan terpanjang dalam sejarah.

Tim berjuluk The Light Blues itu menorehkan catatan impresifnya pada era 1990-an, tepatnya di musim 1992/1993. Mereka sama sekali tak tersentuh hasil minor dalam 44 pertandingan yang membuatnya mampu meraih treble domestik.

Football Transfers mengungkap, Rangers juga tidak pernah dikalahkan lawannya di Liga Champions ketika itu. Hanya saja, mereka tetap gagal maju ke babak gugur lantaran terlalu banyak bermain imbang.


4. Rijeka

AC Milan, Rijeka, Liga Europa
Gelandang AC Milan, Gabriel Paletta, duel udara dengan kiper Rijeka, Simon Sluga, pada laga Liga Europa di Stadion HNK Rijeka, Jumat (8/12/2017). AC Milan takluk 0-2 dari Rijeka. (AFP/Stringer)

Rijeka merupakan klub asal Kroasia yang turut menghuni daftar tim dengan rekor tak terkalahkan paling banyak sepanjang sejarah.

Melampaui Rangers, Rijeka pernah tak tersentuh hasil minor sama sekali dalam total 45 pertandingan. Adapun catatan itu diraih pada musim 2016/2017.


3. Dinamo Zagreb

Munchen vs Dinamo Zagreb
Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski berusaha melewati kiper Dinamo Zagreb, Eduardo pada laga Liga Champions di Stadion Allianz Arena, Jerman, Rabu (30/9/2015). (AFP Photo/Guenter Schiffmann)

Dinamo Zagreb ada di level yang sama dengan Rijeka. Mereka juga mencatatkan rekor tidak terkalahkan dalam 45 laga secara berturut-turut.

Capaian itu membuat Dinamo Zagreb juga berhak mengatasi Rangers dalam daftar klub dengan catatan tanpa kekalahan paling banyak sepanjang sejarah.

Melansir laporan Football Transfers, rekor tak terkalahkan Dinamo Zagreb diraih sepanjang periode November 2014 hingga September 2015 silam, ketika mereka berada di bawah asuhan pelatih Zoran Mamic.


2. Benfica

Foto: Benfica Pastikan Satu Tiket ke Liga Malam Jumat setelah Bungkam RB Salzburg
Selebrasi para pemain Benfica setelah Arthur Cabral (kiri) mencetak gol ketiga ke gawang RB Salzburg pada laga matchday keenam Grup D Liga Champions 2023/2024 di Red Bull Arena, Salzburg, Austria, Rabu (13/12/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Matthias Schrader)

Benfica menempati peringkat 2 klub dengan rekor tidak terkalahkan paling panjang dalam sejarah. Hanya saja, capaian impresif itu dicatatkan sudah cukup lama oleh tim Portugal, yakni pada era 1960-an.

Football Transfers mencatat Benfica sama sekali tidak menelan hasil minor dalam 48 pertandingan sejak Desember 1963 hingga Februari 1965 di bawah asuhan pelatih Eusebio.

Mereka pun sempat menduduki puncak daftar untuk waktu yang amat lama, yakni 59 tahun, sebelum Bayer Leverkusen akhirnya sanggup mematahkan torehan impresif tersebut di musim 2023/2024.


1. Bayer Leverkusen

Foto: Tahan Imbang AS Roma, Bayer Leverkusen Lolos ke Final Liga Europa sekaligus Ukir Rekor Tak Terkalahkan Terpanjang di Eropa
Bayer Leverkusen memastikan lolos ke final Liga Europa 2023/2024 berkat hasil imbang 2-2 pada laga leg kedua semifinal di BayArena, Leverkusen, Jumat (10/5/2024) dini hari WIB. Hasil imbang ini juga membuat Leverkusen mengukir rekor baru sebagai klub yang terlama tak tersentuh kekalahan dalam 49 laga di Eropa, melampaui rekor sebelumnya yang dipegang Benfica dengan 48 laga tak terkalahkan pada 59 tahun silam. (dpa via AP Photo/Bernd Thissen)

Bayer Leverkusen memang tampil begitu impresif sepanjang kampanye 2023/2024. Mereka keluar sebagai juara Bundesliga usai menang dalam 28 pertandingan dan imbang 6 kali tanpa satu pun kekalahan sejak awal musim.

Skuad racikan Xabi Alonso pun langsung menyalip Benfica setelah menorehkan rekor tak terkalahkan dalam total 51 laga di berbagai ajang. Atalanta jadi pelaku yang memutus catatan gemilang Leverkusen, setelah menekuk raja Jerman dalam final Liga Europa, Kamis (23/5/2024) lalu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya