Bayern Munchen Coba Peruntungan dengan Vincent Kompany

Klub raksasa Bayern Munchen membuat langkah mengejutkan dengan menunjuk mantan kapten Manchester City, Vincent Kompany sebagai manajer baru.

oleh Rossa Izza Amalia diperbarui 30 Mei 2024, 23:00 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2024, 23:00 WIB
Foto: 5 Pelatih Liga Inggris yang Terancam Dipecat
Vincent Kompany sukses membawa Burnley promosi dengan permainan yang indah. Namun sayang, nampaknya Premier League masih cukup berat untuk mantan bek City ini. Burnley saat ini masih ada di posisi ke-19 klasemen sementara dengan hanya delapan poin dari 16 pertandingan. (AFP/Glyn Kirk)

Liputan6.com, Jakarta Raksasa Jerman, Bayern Munchen baru saja memilih Vincent Kompany sebagai pelatih baru mereka. Pengumuman ini datang setelah negosiasi intens dengan Burnley, klub yang sebelumnya dibesut oleh Kompany.

Menurut laporan media Jerman, Bayern telah menyepakati kesepakatan senilai 10 juta Poundsterling dengan Burnley untuk menebus Kompany. Dia akan menggantikan Thomas Tuchel yang memilih mundur akibat kegagalan di musim 2023/2024.

Proses rekrutmen Bayern kali ini penuh dengan tantangan. Pada bulan Februari, klub telah mengumumkan bahwa Tuchel akan meninggalkan posisinya di akhir musim. Penunjukan Kompany menjadi kejutan besar, mengingat riwayat singkatnya di dunia manajemen tingkat atas dan musim sulit bersama Burnley, yang hanya meraih 24 poin dari 38 pertandingan. Kompany tidak mampu mencegah Burnley terdegradasi dari Liga Premier musim ini.

“Saya sangat menantikan tantangan di FC Bayern,” ujar Kompany dalam pernyataannya. “Merupakan suatu kehormatan besar untuk bekerja di klub sebesar ini – Bayern Munchen adalah sebuah institusi dalam sepak bola internasional,”

Max Eberl, direktur olahraga Bayern, menambahkan, "Kami sangat senang dapat mendatangkan Vincent Kompany ke FC Bayern. Dia menunjukkan kepada kami betapa menariknya pekerjaan di sini dan menunjukkan keinginan kuat untuk berhasil,"

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penunjukan Manajer Baru di tengah Kisruh Rekrutmen

Foto: 8 Pesepak Bola Top Dunia yang Lahir di Bulan April, Juan Mata Rayakan Ulang Tahun Bareng Bola.com
Reaksi pelatih Burnley, Vincent Kompany saat menghadapi Manchester City pada laga perempatfinal Piala FA 2022/2023 di Etihad Stadium, Manchester (18/3/2023). Vincent Kompany yang lama bermain bersama Manchester City dan kini menjadi pelatih, baru saja sukses membawa Burnley promosi ke Premier League musim depan. Vincent Kompany dilahirkan pada 10 April 1986 di Uccle, Belgia. (AFP/Oli Scarff)

Bayern Munchen membuat langkah mengejutkan dengan menunjuk Vincent Kompany sebagai pelatih baru mereka. Keputusan ini datang setelah berbagai nama besar yang dikaitkan dengan posisi tersebut akhirnya tidak jadi bergabung.

Sebelumnya, Bayern dikabarkan mendekati bos Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, dan mantan manajer Julian Nagelsmann. Namun, kedua pelatih ini memilih untuk tetap bertahan di posisi mereka masing-masing. Upaya Bayern untuk merekrut Ralf Rangnick juga tidak berhasil, setelah eks pelatih Manchester United itu memutuskan untuk melanjutkan perannya sebagai pelatih kepala tim nasional Austria.

Situasi semakin memanas ketika laporan menyebutkan bahwa direktur olahraga Bayern, Max Eberl, dan Christoph Freund sedang bernegosiasi dengan Thomas Tuchel untuk membatalkan keputusan sebelumnya yang menyatakan bahwa Tuchel akan meninggalkan klub di akhir musim. Namun, Tuchel menegaskan sebelum pertandingan terakhir musim ini bahwa ia tetap akan meninggalkan Bayern.

Penunjukan Kompany datang di tengah musim yang penuh gejolak bagi Bayern. Dominasi mereka selama 11 musim sebagai juara Bundesliga berakhir di tangan Bayer Leverkusen. Selain itu, Bayern juga tersingkir dari DFB Pokal di babak kedua oleh Saarbrücken dan kalah di semifinal Liga Champions dari Real Madrid.


Era Baru Bayern Dimulai

Foto: Haaland hingga Neuer, 5 Pemain Top Polesan Ralf Rangnick, Sang Juru Taktik Anyar Manchester United
Joshua Kimmich adalah pemain serba bisa milik Bayern Munchen. Orang yang paling berjasa dalam kariernya adalah Ralf Rangnick. Bakat Kimich baru muncul saat direkrut menuju RB Liepzig atas saran Rangnick yang saat itu menjabat sebagai Direktur Olahraga di sana. (AFP/Pool/Sven Hoppe)

Meski pengalaman manajerial Kompany masih terbatas, Bayern optimis bahwa mantan kapten Manchester City ini dapat menghidupkan kembali semangat juara di Allianz Arena, sebagaimana ia berhasil membawa Burnley meraih gelar Championship.

Sebagai pemain, rekam jejak Kompany tidak perlu diragukan lagi. Ia telah meraih empat gelar Liga Premier bersama Manchester City dan memiliki pengalaman bermain di Bundesliga selama dua musim bersama Hamburg. 

Burnley, dalam pernyataan resmi mereka, menyatakan, “Kami memahami daya tarik dan prestise klub seperti Bayern Munich dan menghormati ambisi Vincent. Kami hanya mendoakan yang terbaik untuk Vincent dan mengapresiasi dedikasinya selama di klub ini,”

Dengan penunjukan ini, Bayern Munchen berharap dapat memasuki era baru kesuksesan. Klub ini mengharapkan Kompany mampu mengembalikan kejayaan mereka di kancah domestik dan Eropa, membawa kembali masa-masa keemasan yang selama ini menjadi identitas Bayern.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya