Penuhi Ambisi Joan Laporta, Barcelona Bakal Kejar Habis-habisan Erling Haaland

Barcelona bakal coba mengejar habis-habisan Erling Haaland demi memenuhi ambisi presiden klub Joan Laporta yang ingin meninggalkan warisan kuat sebelum era kepemimpinannya berakhir.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 16 Okt 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2024, 21:00 WIB
Erling Haaland
Barcelona bakal coba mendatangkan mesin pencetak gol Manchester City Erling Haaland pada 2025 mendatang. (AFP/Nigel Roddis)

Liputan6.com, Jakarta - Striker Manchester City Erling Haaland belakangan santer dikaitkan dengan kepindahan menuju klub raksasa LaLiga Barcelona pada 2025. 

Laporan Sport yang dilansir dari Football Transfers mengungkap Blaugrana memang bakal berupaya mati-matian mendapatkan tanda tangan bomber asal Norwegia tersebut.

Masih merujuk pada pemberitaan yang sama, keinginan merekrut Haaland tak lepas dari ambisi Presiden Barcelona Joan Laporta. Pria berusia 62 tahun disebut ingin melakukan perekrutan yang 'mencolok' sebelum masa jabatannya berakhir pada 2026.

Pembelian besar diyakini bisa menjadi warisan kuat di era kepemimpinannya sekaligus 'senjata' bagi Laporta agar dapat ditunjuk kembali pada pemilihan presiden berikutnya.

Kebetulan, pihak Erling Haaland diklaim punya hubungan dekat dengan BarcelonaB, sehingga mereka kini telah memutuskan siap bekerja keras demi menyewa jasa pesepak bola berusia 24 tahun ini.

Bukan Satu-satunya Klub LaLiga yang Minati Erling Haaland

Foto: Aksi Tiga Pemain Cetak Hattrick Perdana di Liga Inggris 2023 / 2024, Ada Bocah 18 Tahun
Erling Haaland (tengah), menendang bola dari titik penalti yang menghasilkan gol keempat bagi Manchester City saat melawan Fulham dalam pertandingan pekan keempat Liga Inggris 2023/2024 yang berlangsung di Etihad Stadium, Sabtu (2/9/2023). Haaland mencetak hattrick pertamanya dalam pertandingan ini. (AP Photo/Dave Thompson)

Barcelona sebenarnya bukan satu-satunya klub LaLiga yang dikaitkan dengan kepindahan Erling Haaland. Real Madrid juga digadang-gadang merupakan salah satu peminat pemain asal Norwegia.

Hanya saja, rival Barca di El Clasico itu sudah merekrut senjata lini depan baru dalam diri Kylian Mbappe dengan status bebas transfer dari Paris Saint-Germain (PSG) belum lama ini.

Sementara itu, itu dalam beberapa pekan terakhir, laporan terkait prospek kepindahan Erling Haaland menuju Blaugrana juga kian menguat.

Erling Haaland Mungkin Tinggalkan Manchester City

Foto: Momen Pep Guardiola Cium Erling Haaland, Anak Kesayangan dan Kebanggan
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, merangkul Erling Haaland saat perayaan juara UEFA Super Cup 2023 di Stadion Georgios Karaiskakis, Kamis (17/8/2023). Laga Piala Super Eropa kali ini berakhir imbang 1-1 dalam 90 menit, Man City menang 5-4 di babak adu penalti. (AFP/Spyros Bakalis)

Di atas kertas, masa kerja Erling Haaland dengan The Citizens masih berlaku hingga Juni 2027. Akan tetapi, sejumlah pihak meyakini dia bakal hengkang dari Etihad pada akhir musim dengan sejumlah alasan.

Pertama, Haaland memang disebut tak pernah berniat memperkuat Manchester City untuk jangka panjang sejak didatangkan dari Borussia Dortmund pada 2022 silam.

Dia sendiri saat ini sudah memasuki musim ketiga dengan The Citizens berhasil merengkuh sejumlah gelar termasuk trofi Premier League hhingga Liga Champions.

Kedua, ada kans Pep Guardiola meninggalkan Manchester City ketika kontraknya berakhir di pengujung kampanye kali ini. Meski petinggi klub disebut masih berniat memperpanjang masa tinggalnya, eks juru taktik Barca sekarang sudah didekati oleh Timnas Inggris, sehingga jejak kepergiannya berpotensi diikuti oleh Haaland.

Lebih lanjut, Manchester City saat ini tengah dijatuhi 115 dakwaan atas dugaan pelanggaran aturan keuangan Premier League. Hukuman berat bisa saja dijatuhkan kepada klub, yang bakal makin mendorong Erling Haaland untuk mewujudkan kepindahan dari Etihad.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya