4 Gejala Stres yang Jarang Diketahui

Beberapa gejala stres berikut ternyata jarang diketahui dan disadari oleh banyak orang. Apa saja?

oleh Sulung Lahitani diperbarui 07 Jun 2015, 14:43 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2015, 14:43 WIB
Pegawai merasa stres di kantor
Foto: rd.com

Citizen6, Jakarta Stres, depresi atau beban pikiran yang berat, kerap kali datang di saat kita dilanda berbagai masalah secara bersamaan. Permasalahan yang muncul dan membuat kita stres biasanya adalah karena pekerjaan yang menumpuk atau pekerjaan yang tidak beres dan bisa jadi karena pertengkaran dengan orang-orang yang disayangi.

Stres sangat mengganggu pikiran dan aktivitas kita. Walaupun kelihatannya seseorang selalu dalam keadaan sehat dan bahagia, tak jarang orang tersebut menyimpan rasa stres yang berat di dalam dirinya. Ketika dalam keadaan stres, pekerjaan yang biasanya mudah dikerjakan akan menjadi sangat sulit, pikiran menjadi tidak bisa konsentrasi.

Stres bisa diketahui dari beberapa gejala awal yang ditunjukannya. Namun gejala awal ini sering sekali tidak disadari oleh penderitanya. Walaupun sepele, namun gejala ini bisa menunjukan jika seseorang sedang dilanda stres atau depresi. Berikut 4 gejala stres yang jarang diketahui.

1. Jerawat

Jerawat adalah maslaah kulit yang dialami oleh semua oran didunia ini. Jerawat juga merupakan gejala awal stres atau depersi. Hal ini dikarenakan stres mampu meningkatkan peradangan pada kulit yang mendorong munculnya jerawat, komedo, atau bahkan gangguan kulit lainnya. Bahkan peneliti menyebutkan gejala stres yang paling sering muncul adalah jerawat dan masalah kulit lainnya.

2. Kram saat menstruasi

Gejala stres pada wanita juga sering terjadi keram perut pada saat menstruasi. Namun keadaan ini sering tidak disadari oleh wanita jika dirinya sedang dilanda stres atau depresi. Sebuah penelitian menemukan jika kram adalah salah satu gejala stres. Kram sendiri adalah aktivitas tubuh yang disebabkan karena hormon dalam tubuh tak seimbang, sistem saraf dalam keadaan tidak baik dan suasana hati sedang buruk.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pengirim:

Leni Fauziah

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya