Aksi Peduli RZ untuk Banjir Bandang Garut

Sebanyak 6 orang relawan diturunkan dalam aksi ini.

oleh Liputan6 diperbarui 22 Sep 2016, 08:31 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2016, 08:31 WIB
Aksi Peduli RZ untuk Banjir Bandang Garut
Aksi Peduli RZ untuk Banjir Bandang Garut

Liputan6.com, Jakarta RZ (Rumah Zakat) mengadakan aksi peduli banjir bandang dan longsor di Kabupaten Garut. Sebanyak 6 orang relawan diturunkan dalam aksi ini.

“Kita langsung turun ke lapangan untuk membantu proses pencarian korban, membantu pengkondisian lingkungan pasca banjir, dan pendistribusian kornet Superqurban. Selain itu, kita juga kerahkan SDM untuk membantu menyiapkan makanan siap saji dan pendataan lapangan untuk penyaluran bantuan lebih lanjut,” ujar Dhika, Koordinator Aksi, Rabu (21/9).

Aksi Peduli RZ untuk Banjir Bandang Garut

Banjir bandang di Garut menerjang 5 wilayah, diantaranya daerah Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, dan Karangpawitan. Banjir disebabkan oleh meluapnya Sungai Cimanuk dan Cikamuri akibat hujan lebat hari Selasa, (20/9) kemarin. Ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Sekitar 1.000 unit rumah terendam banjir serta 3 unit mobil dan ternak milik warga hanyut dalam kejadian tersebut. Data sementara dari BPBD setempat menyatakan 8 orang tewas, 1 orang hilang, 4 orang luka berat, dan 37 orang luka ringan. Saat ini, sebanyak 33 KK mengungsi di Aula Makorem, Garut.

Aksi Peduli RZ untuk Banjir Bandang Garut

Selain di Garut, RZ juga mengadakan aksi peduli di Desa Cimareme, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang. Dalam aksi ini, RZ membantu kebutuhan korban berupa makanan siap saji, beras, layanan kesehatan, dan tempat pengungsian.

Penulis:

Titin Edeh Wantini

Twitter: @titinwantini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Foto-foto 40 Jenis Hantu yang Ada di Indonesia. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya