Bisa Berdampak Buruk, 5 Makanan Ini Tak Baik Dikonsumsi Bersamaan dengan Teh

Konsumsi teh bersamaan dengan 5 makanan di bawah ini bisa menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh Anda.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Okt 2021, 21:02 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2021, 21:02 WIB
Ilustrasi Teh Peppermint
Ilustrasi Teh Peppermint (dok. Pixabay.com/PublicDomainPictures/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Konsumsi secangkir teh panas di pagi hari atau di malam hari memang sangat menenangkan. Menyeduh teh hangat ditemani dengan menu makanan yang cocok bisa meningkatkan semangat Anda untuk menjalani hari atau menenangkan Anda setelah menjalani hari yang melelahkan. 

Namun tidak semua menu makanan bisa Anda konsumsi bersamaan dengan teh. Jika ingin konsumsi teh, pastikan Anda menghindari lima menu makanan di bawah ini, mengutip dari laman Times of India.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sayur-sayuran Berdaun Hijau

Sayuran Hijau
Ilustrasi Sayuran Hijau Credit: freepik.com

Makanan yang tinggi akan kandungan zat besi, seperti sayuran, tidak dapat dipadukan dengan teh. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam teh di mana terdapat tanin dan oksalat. Dua kandungan tersebut bisa menghalangi tubuh Anda menyerap zat besi yang terkandung dari makanan yang Anda konsumsi.

Selain mengonsumsi sayuran, Anda juga harus menghindari makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, lentil, dan sereal. Keempat menu makanan tersebut juga memiliki kandungan yang kaya akan zat besi.


Lemon

ilustrasi jus lemon untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay
ilustrasi jus lemon untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay

Sebagian banyak orang mengonsumsi teh lemon saat ingin menurunkan berat badan mereka. Namun teh lemon tidak bisa Anda konsumsi bersamaan dengan teh. Jika Anda konsumsi teh lemon di pagi hari saat perut kosong bisa menimbulkan beberapa masalah seperti refluks asam dan juga mulas.  

Selain itu, bila Anda menggabungkan teh lemon dengan teh, bisa meningkatkan kandungan asam dalam teh. Hal ini dapat menyebabkan kembung.  Jadi, hindari konsumsi teh lemon berbarengan dengan teh agar tidak kembung. 


Gorengan

Bakwan Goreng Udang
Ilustrasi Bakwan Goreng Udang Credit: Merdeka.com

Kebanyakan orang kerap konsumsi teh bersamaan dengan gorengan. Minum teh dengan camilan ini mungkin tidak memiliki efek samping bagi beberapa orang. Namun bila Anda mengonsumsi secara bersamaan, makanan ini bisa menimbulkan beberapa masalah pencernaan. 

Selain itu, konsumsi gorengan dibarengi dengan minum teh juga bisa menghambat tubuh Anda untuk menyerap dengan maksimal jumlah nutrisi yang terdapat dalam minuman Anda. Jadi, cobalah untuk mengurangi dua kombinasi ini. 


Kunyit

Memanfaatkan Kandungan Kunyit
Ilustrasi Kandungan Kunyit Credit: pexels.com/Then

Makanan yang mengandung kunyit juga perlu untuk dihindari saat Anda mengonsumsi teh. Hal ini bisa menyebabkan masalah pada perut Anda seperti gas, keasaman, maupun sembelit. Kandungan yang terdapat dalam teh tidak cocok bila digabungkan dengan kunyit dan bisa menyebabkan gangguan pada perut Anda jika dikonsumsi secara berlebihan.


Makanan Dingin

ilustrasi es krim
ilustrasi es krim (sumber: freepik)

Selain goreng-gorengan, konsumsi makanan dingin bersamaan dengan teh panas juga bisa mengganggu masalah pencernaan. Konsumsi teh panas dengan makanan dengan suhu yang jauh berbeda bisa melemahkan proses pencernaan dan kemungkinan akan menimbulkan rasa mual. 

Ketika Anda sedang minum teh hangat, berilah jeda setidaknya selama 30 menit. Setelahnya baru Anda bisa mengonsumsi makanan dingin. Ini bisa membantu mencegah timbulnya rasa mual yang disebabkan perbedaan suhu yang tinggi. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

 

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya