Arti dan Makna Lambang ASEAN, Lengkap dengan Sejarah Terbentuknya

Seperti organisasi internasional lainnya, ASEAN pun memiliki lambang yang memiliki arti dan maknanya.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 19 Jul 2022, 14:50 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2022, 10:02 WIB
Ilustrasi ASEAN
Ilustrasi ASEAN (sumber: freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara merupakan organisasi yang terdiri dari persatuan negara-negara di Asia Tenggara. Organisasi ini didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok.

Meski terdiri dari 10 negara di Asia Tenggara, tapi ASEAN diprakarsai oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

Seperti organisasi internasional lainnya, ASEAN pun memiliki lambang yang memiliki arti dan maknanya.

Lambang ASEAN terdiri dari seikat padi bewarna kuning dengan latar belakang merah dan dikelilingi lingkaran biru dan putih. Lalu di bawah logo padi terdapat tulisan ASEAN bewarna biru.

Mengutip dari laman resmi ASEAN, asean.org, Selasa (19/7/2022), lambang ASEAN mewakili ASEAN yang stabil, damai, bersatu dan dinamis. Warna lambang biru, merah, putih dan kuning mewakili warna utama lambang negara semua negara anggota ASEAN.

Warna pada lambang ASEAN pun memiliki arti yang berbeda, di antaranya:

Biru: Melambangkan perdamaian dan stabilitas.

Merah: Melambangkan keberanian dan dinamisme.

Putih: Melambangkan kesucian.

Kuning: Melambangkan kemakmuran.

Sementara lambang seikat padi di tengah melambangkan impian para pendiri ASEAN untuk ASEAN yang terdiri dari semua negara di Asia Tenggara, terikat bersama dalam persahabatan dan solidaritas.

Lalu lingkaran melambangkan kesatuan ASEAN.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejarah terbentuknya ASEAN

Ilustrasi negara ASEAN
Ilustrasi negara ASEAN. (Photo Copyright by Freepik)

 

Melansir dari Merdeka, ASEAN, didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, dengan penandatanganan ASEAN Declaration (Bangkok Declaration) oleh Founding Fathers of ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Philippines, Singapore dan Thailand.

Kemudian pada 7 Januari 1984, Berunei Darussalam bergabung, diikuti oleh Vietnam pada 28 Juli 1995, Laos dan Myanmar pada 23 Juli 1997, dan Kamboja pada 30 April 1999. Hingga kini, 10 negara di kawasan AsiA Tenggara tergabung menjadi anggota ASEAN.

Sebagai lembaga yang mempersatukan negara-negara di Asia Tenggara, organisasi ini dibentuk sebagai wadah bagi setiap negara untuk melakukan kerja sama. Mulai dari kerja sama ekonomi, sosial, budaya, hingga pendidikan.

Bukan hanya itu, organisasi ini juga didirikan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan Asia Tenggara dengan baik.


Daftar negara ASEAN

Bendera ASEAN
Ilustrasi (AFP)

Berikut ini daftar negara-negara ASEAN, di antaranya:

  • Indonesia
  • Brunei Darussalam
  • Myanmar
  • Malaysia
  • Singapura
  • Kamboja
  • Vietnam
  • Singapura
  • Thailand
  • Laos
INFOGRAFIS: Perbandingan Kapasitas Testing Covid-19 Negara ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Perbandingan Kapasitas Testing Covid-19 Negara ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya