Top 3: Deretan Obat Sirup Mengandung Cemaran Etilen Glikol di Atas Ambang Batas

Artikel tentang lima obat sirup mengandung cemaran etilen glikol di atas ambang batas, Termorex salah satunya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 21 Okt 2022, 11:02 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2022, 11:02 WIB
Sirup Obat Batuk
Sirup obat batuk tidak efektik redakan batuk. (Ilustrasi: Medical News Today)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) pada Kamis (20/10) merilis lima produk obat sirup yang menunjukkan adanya kandungan cemaran Etilen Glikol (EG) yang melebihi ambang batas.

Sebelumnya, BPOM terlebih dahulu melakukan sampling terhadap 39 bets dari 26 obat sirup yang diduga mengandung cemaran Etilen Glikol dan Dietilen Glikol (DEG).

Hal ini berdasarkan kriteria sampling dan pengujian di antaranya diduga digunakan pasien gagal ginjal akut sebelum dan selama berada atau masuk rumah sakit.

Lalu diproduksi oleh produsen yang menggunakan empat bahan baku pelarut propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan gliserin atau gliserol dengan jumlah volume yang besar.

Artikel tentang lima obat sirup mengandung cemaran etilen glikol di atas ambang batas, Termorex salah satunya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang jadwal liga Inggris 2022/2023 pekan 12: big match Chelsea vs MU.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang enam idol KPop ini lebih dikenal sebagai pemain film ketimbang penyanyi.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 5 Obat Sirup Mengandung Cemaran Etilen Glikol di Atas Ambang Batas, Termorex Salah Satunya

Obat Sirup
IDAI imbau orang tua untuk tidak memberikan obat bebas tanpa rekomendasi nakes pada anak terkait kasus gagal ginjal akut. (unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya)

 

Yang mengejutkan, dari daftar obat sirup yang menunjukkan adanya kandungan cemaran EG di ambang batas ini terdapat nama obat yang begitu familier di telinga masyarakat Indonesia, berikut daftarnya.

1. Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml.

2. Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik @ 60 ml.

3. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

4. Unibebi Demam Sirup (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml.

5. Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

Selengkapnya...


2. Jadwal Liga Inggris 2022/2023 Pekan 12: Big Match Chelsea vs MU

Foto: Son dan Kane Tak Berkutik, MU Bungkam Tottenham Hotspur di Liga Inggris
Manchester United mencoba langsung tampil menggebrak sejak awal babak pertama. Namun sayang beberapa peluang gagal berbuah gol. (AP/Dave Thompson)

Manchester United (MU) akan kembali melanjutkan perjuangannya di pekan ke-13 Liga Inggris 2022/2023, dengan menghadapi Chelsea. Laga ini bakal berlangsung di Stamford Bridge, Sabtu malam (22/10/2022).

Big match Setan Merah vs The Blues diprediksi akan berlangsung sengit. Pasalnya, kedua kesebelasan, hanya selisih satu poin di mana MU bertengger posisi ke-5. Sementara Chelsea tepat berada di atasnya.

Seperti diketahui, MU memulai kompetisi dengan buruk. Anak asuh Erik ten Hag ini takluk dalam dua laga perdana kontra Brighton 1-2 dan Brentford 0-4. Cristiano Ronaldo dan kolega mampu bangkit kembali saat hadapi Liverpool di pekan ketiga. Gol dari Jadon Sancho dan Marcus Rashford mengantar Setan Merah berjaya 2-1 di markas sendiri.

MU terus menunjukkan progres signifikan setelahnya. Mereka sanggup mengoleksi kemenangan beruntun atas Southampton, Leicester City, dan Arsenal. Sayangnya, tren tersebut diputus oleh Manchester City pada awal bulan ini.

Setan Merah sempat mengoleksi tambahan satu hasil positif kontra Everton 1-0. Lalu ditahan imbang 0-0 oleh Newcastle, pada pekan ke-11 Premier League.

Teranyar, MU berhasil kalahkan Tottenham Hotspur 2-0 pada pekan ke-12 Liga Inggris. Laga digelar di Old Trafford, Kamis (20/10/2022) dini hari tadi. Dua gol kemenangan tersebut dilesatkan melalui Fred dan Bruno Fernandes.

Selengkapnya...


3. 6 Idol Kpop Ini Lebih Dikenal sebagai Pemain Film Ketimbang Penyanyi

11 Potret Tampilan Terkini Yoona SNSD, Pemain Big Mouth yang Makin Cantik dengan Tubuh Berisi
Kali ini pemeran Miho di serial drama Korea Big Mouth itu cosplay jadi anak SMA mengenakan seragam. Ia disebut terlihat makin segar setelah naik berat badan. (Instagram/yoona_lim).

Menjadi idol Kpop dan menjadi aktor/aktris K-Drama secara bersamaan ternyata dilakukan oleh beberapa musisi berikut. Meski ditengah kesibukan yang dijalani mereka melakukan dua profesi sekaligus dengan profesional sesuai dengan keahlian dan bakat yang dikuasai.

Mengutip laman The Mary Sue, Senin (11/07/2022) banyak perusahaan hiburan di Korea Selatan yang merupakan agensi akting dan juga label musik.

Karena pada kenyataanya dalam pergerakan besar yaitu industri hiburan Korea Selatan dan Korean Wave, seorang individu berbakat bisa menjadi keduanya.

Dan bagi para bintang multi-talenta yang memiliki bakat akting, ada lebih dari satu jalan untuk bertransisi dari superstar musik menjadi bintang baik menunjukan bakat acting mereka melalui drama maupun film.

Beberapa idol memilih untuk mulai debut akting mereka saat masih ada di dala sebuah saat grup mereka masih aktif.

Kadang beberapa idol ini mengalami kesulitan karena harus menyesuaikan jadwal grup mereka seperti jadwal untuk melakukan syuting dan persiapan album baru, mengikuti world tour, dan masih banyak jadwal lainnya.

Banyak ditemui kasus bentrok jadwal yang membuat idol harus memilih satu jadwal yang dirasa lebih penting.

Sementara beberapa idol lain menunggu pembubaran atau berkurangnya jadwal grup mereka sebelum melangkah ke lokasi syuting.

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya