Ini Kontribusi yang Bisa Gen Z Lakukan untuk Mendukung KTT G20

Berikut adalah kontribusi yang bisa dilakukan Gen Z untuk bisa ikut serta menyukseskan acara G20.

oleh Shintya Tifanny Affifah diperbarui 02 Nov 2022, 18:32 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2022, 18:31 WIB
Logo resmi G20 yang diketuai Indonesia.
Logo resmi G20 yang diketuai Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai Gen Z, kita ternyata bisa berkontribusi untuk menyukseskan acara G20 atau Group of Twenty yang tahun ini diselenggarakan di Indonesia. Dalam diskusi "Gen Z dan G 20" yang diadakan oleh Liputan6.com, Rabu (2/11/2022), dijelaskan bahwa ternyata ada beberapa upaya dan kontribusi Gen Z yang bisa dilakukan dalam terselenggaranya G20 di Indonesia.

 

Acara diskusi ini dihadiri oleh beberapa perwakilan Gen Z serta Usman Kansong selaku Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik di Kementrian Komunikasi dan Informatika, sekaligus menjadi narasumber dalam acara itu.

Beliau mengungkapkan banyak hal yang bisa Gen Z lakukan dan ikuti sebagai bentuk kontribusi untuk menyukseskan G20 yang akan digelar di Bali tersebut. Salah satu contohnya adalah dengan mengikuti acara yang telah disuguhkan sebagai wadah untuk Gen Z berkarya, yaitu Y20 (Youth 20) dan B20 (Bisnis 20).

"Kita telah memberikan wadah untuk generasi Z untuk menjadi enterpreneur dan pengusaha. Selain itu, lewat Y 20 dan B 20, kita mendorong anak muda untuk menjadi job kreator," ungkap Usman Kansong. 

Menurutnya, untuk bisa menjadi negara maju perlu banyak yang menjadi pengusaha. Lebih lanjut, momen G20 ini dimanfaatkan untuk terselenggaranya berbagai kegiatan dan acara yang melibatkan anak muda. 

"Beberapa waktu lalu, kami mengadakan acara kuis G20, mengadakan pelatihan kelas menulis menjadi kreator dan pesertanya anak-anak muda," ungkapnya lagi. 

Banyak acara yang diselenggarakan G20 untuk generasi milenial atau gen Z ini, seperti forum-forum perdagangan souvenir di B 20 dan Y 20, gen Z bisa ikut berkontribusi dalam forum itu. 

 


Manfaat G20 Bagi Gen Z

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah di acara G20 Labour and employment ministers networking, Rabu (14/9/2022). Liputan6.com/Tira Santia
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah di acara G20 Labour and employment ministers networking, Rabu (14/9/2022). Liputan6.com/Tira Santia

Usman juga menambahkan, akan sangat berterima kasih apabila gen Z ikut mendukung acara Konferensi Tingkat Tinggi Group Twenty ini. 

"Saya berharap dan berterima kasih, apabila teman-teman Gen Z, ikun menyukseskan, misalnya ikut mendukung G20 ini dengan cara ikut mempromosikan G20 lewat berbagai medium lain. Dengan demikian, akan semakin banyak masyarakat yang paham tentang G20 dan paham tentang apa manfaat G20 bagi Indonesia," tambahnya. 

Ada manfaat yang dirasakan oleh generasi milenial dan generasi Z dengan terselenggaranya G 20 di Indonesia. Salah satunya, akan menjadi tambahan pengetahuan bagi generasi Z tentang geopolitik dan geoekonomi.


Manfaat Bagi Indonesia

Delegasi Negara Anggota G20
Delegasi Negara Anggota G20 menghadiri Pertemuan Kedua Menteri Kesehatan Negara G20 (G20 2nd Health Ministers Meeting) di Hotel InterContinental Bali Resort, Bali yang digelar 27 - 28 Oktober 2022. (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Sementara itu ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan Indonesia dengan ikut menjadi bagian dari G20. Menurut Usman Kansong, manfaat dari terselenggaranya G 20 di Indonesia atau Indonesia sebagai tuan rumahnya, tidak bisa dirasakan secara instan.

Akan tetapi dengan kita menjadi bagian dari pertemuan bilateral ini, kita akan memiliki dana perantara jika nanti menghadapi pandemi di masa depan.  Dengan terselenggaranya G20 di Indonesia, sebenarnya Indonesia bisa mendapat keuntungan dari pertumbuhan ekonomi dan pariwisata berkat kunjungan anggota G20 yang diselenggarakan di 25 kota di Indonesia. 


Acara Puncak G20

G20
Direktur PT HM Sampoerna Tbk. Elvira Lianita menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk berperan nyata untuk mendorong transformasi digital, memperluas akses UMKM agar dapat bersaing, serta menjadi bagian dari rantai pasok global melalui Inclusive Closed Loop Ecosystem yang digagas oleh B20.

Konferensi Tingkat Tinggi G 20 atau group twenty ini, forum yang menyediakan berbagai kegiatan, termasuk membahas persoalan ekonomi dan masalah-masalah yang dihadapi dunia. 

Puncak acara G20 ini akan diselenggarakan pada tanggal 15 dan 16 November di Bali tahun ini. Negara-negara dan organisasi besar, pimpinan dunia seperti ILO yaitu Organisasi Perburuhan Internasional, akan berkumpul dan membahas tentang berbagai tema. 

Menurut Usman Kansong, G20 di Bali akan menjadi wajah ekonomi dunia di masa depan. Maka dari itu, generasi Z harus peduli dengan persoalan dunia, termasuk acara G20 ini. 

 

Infografis Indonesia Terima Tongkat Estafet Presidensi G20. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Indonesia Terima Tongkat Estafet Presidensi G20. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya