7 Buah Terbaik untuk Melancarkan Buang Air Besar

Anda bisa mengonsumsi buah yang baik untuk kesehatan pencernaan.

oleh Putri Annisa diperbarui 18 Jan 2023, 18:03 WIB
Diterbitkan 18 Jan 2023, 18:03 WIB
ilustrasi makanan berserat atasi sembelit/pexels
ilustrasi makanan berserat atasi sembelit/pexels

Liputan6.com, Jakarta - Sembelit atau susah buang air besar (BAB) merupakan penyakit pencernaan yang mengganggu keseharian kita. Meski bukan termasuk penyakit membahayakan, namun kondisi susah buang air besar tentu tidak boleh disepelekan.

Jika dibiarkan, masalah pencernaan ini bisa menyebabkan komplikasi gawat lainnya seperti prolaps rektum, wasir, bahkan usus tersumbat.

Dilansir dari Mayo Clinic, Senin (16/1/2023), normalnya seseorang akan buang air besar sebanyak 1-3 kali sehari. Ketika sembelit, Anda akan BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu.

Masalah sembelit tentu dapat diatasi dengan minum obat pencahar. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Ya, buah termasuk asupan yang dipercaya baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, buah mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Bahkan, beberapa buah digadang-gadang berpotensi sebagai pelancar BAB.

Karena itu, sebaiknya Anda tidak perlu terburu-buru minum obat ataupun konsultasi ke dokter. Berikut ini Liputan6.com rangkum beberapa buah terbaik untuk melancarkan buang air besar dari berbagai sumber:

1. Jeruk

Sudah banyak yang tahu bahwa jeruk menjadi salah satu buah terbaik untuk melancarkan buang air besar. Satu buah jeruk ukuran besar mengandung 4 gram serat dan menyediakan sekitar 86 kalori.

Kandungan serat yang ada di dalamnya dapat membantu melancarkan BAB. Selain itu, kandungan flavonol aktif yang terkandung di dalamnya juga dapat mencegah dan mengatasi konstipasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Buah Beri

Buah Beri
Ilustrasi Buah Beri Credit: pexels.com/Cassa

Tahukah Anda jika mengonsumsi satu porsi buah beri setiap harinya ternyata dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian.

Anda juga bisa mengolah buah ini menjadi kering bila ingin disimpan untuk waktu yang lebih lama. Meski begitu, buah beri kering dapat menghancurkan vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin B dan C.

Namun, beberapa produsen buah beri biasanya sudah menambahkan nutrisi tersebut, sehingga dianjurkan untuk membaca kembali kandungan gizi pada kemasan.

3. Apel

Apel juga masuk ke dalam daftar buah yang dapat melancarkan buang air besar. Apel memiliki kandungan serat larut air yang bernama petin dalam apel dapat mempercepat pergerakan tinja melalui usus serta meredakan gejala konstipasi.

Selain pada daging buahnya, manfaat ini juga bisa diperoleh dari kulitnya. Namun, jika ingin mengonsumsi apel bersama kulitnya, pastikan sudah mencucinya hingga benar-benar bersih.


4. Pepaya

ilustrasi pepaya
Ilustrasi/Copyright unsplash/Pranjall Kumar

Di Indonesia dan negara-negara beriklim tropis, buah pepaya cukup populer untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan serat, folat, vitamin A, C, dan E pada pepaya ternyata menjadi rahasia di balik sebutan pelancar BAB ini.

Sebuah studi dari Neuro endocrinology letters melaporkan bahwa pepaya berkontribusi terhadap pemeliharaan kesehatan saluran pencernaan. Bahkan, pepaya juga disebut dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).

Temuan ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana cara kerja pepaya dapat melancarkan BAB dan mengatasi perut kembung.

5. Pir

Buah pir juga merupakan buah terbaik untuk melancarkan buang air besar. Selain mengandung banyak serat, pir juga mengandung fruktosa dan sorbitol alami dalam kadar yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya.

Kandungan fruktosa dalam buah pir sangat baik untuk merangsang pergerakan usus, sedangkan sorbitol dapat berfungsi sebagai pencahar alami.


6. Alpukat

Masker Alpukat
Ilustrasi alpukat (Sumber: pixabay)

Salah satu gejala masalah pencernaan yang mengganggu adalah perut kembung. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah dengan kandungan fruktosa yang rendah, seperti alpukat.

Buah alpukat termasuk golongan super food karena mengandung serat dan nutrisi yang penting, seperti kalium. Kalium berperan penting dalam meningkatkan fungsi pencernaan dan mengurangi risiko perut kembung.

Meski demikian, Anda tidak disarankan mengonsumsi alpukat secara berlebihan. Pasalnya, super food yang satu ini mengandung banyak lemak.

7. Kiwi

Buah kiwi termasuk golongan buah yang tinggi serat dan rendah gula sehingga aman untuk kesehatan perut dan melancarkan BAB.

Selain kandungan seratnya, buah kiwi juga dikenal dengan kandungan enzim actinidain, yang memiliki efek positif terhadap kerja dan pergerakan usus.

INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak
INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya