9 Jenis Kecerdasan Manusia yang Perlu Kamu Ketahui, Kamu yang Mana?

Semua manusia istimewa karena memiliki kekuatan dan kecerdasan yang berbeda. Terdapat sembilan jenis kecerdasan manusia yang perlu kamu ketahui.

oleh Wanda Andita Putri diperbarui 25 Okt 2023, 17:05 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2023, 17:05 WIB
Senang berargumentasi
Ilustrasi Kecerdasan Anak Credit: pexels.com/mart

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin waktu kamu kecil, ibumu pernah mengatakan bahwa kamu istimewa dan tidak ada seorang pun di dunia ini yang sepertimu. Sejatinya, itu benar. Setiap manusia memiliki kekuatan, kelemahan, dan kecenderungan yang membuatnya berbeda dari orang lain. Kamu harus yakin bahwa kamu memiliki kecerdasan yang istimewa.

Profesor Harvard Howard Gardner memperkenalkan teori kecerdasan majemuk kepada dunia dalam bukunya tahun 1983 yang berjudul Frames of Mind. Ia mengatakan bahwa kecerdasan intelektual atau IQ seseorang tidak menceritakan keseluruhan potensi seseorang.

Oleh karena itu, Gardner mengusulkan delapan jenis kecerdasan untuk mengukur kekuatan dan kemampuan manusia secara lebih akurat. Jenis-jenis kecerdasan Gardner sejalan dengan apa yang diyakini sebgian besar dari manusia bahwa semua manusia istimewa karena memiliki kekuatan dan minat yang berbeda. Berdasarkan informasi yang dirangkum dari halaman Life Hack pada Jumat (20/10/23), terdapat sembilan jenis kecerdasan manusia, berikut ulasannya.

1. Kecerdasan Visual-Spasial

Kecerdasan visual-spasial berkaitan dengan seberapa baik seseorang bermanuver melalui ruang dan memvisualisasikan sesuatu. Orang dengan kecerdasan visual-spasial yang tinggi cenderung unggul dalam mengidentifikasi pola dan menafsirkan bagan dan grafik.

Apabila kamu biasanya adalah navigator dan pembaca peta, kamu mungkin memiliki kecerdasan visual-spasial yang tinggi. Tanda-tanda lainnya ialah kamu jarang tersesat, suka memvisualisasikan benda bergerak dan berubah di ruang angkasa, dan memiliki pemahaman yang baik tentang arah. 

2. Kecerdasan Linguistik-Verbal

Kecerdasan linguistik-verbal adalah perihal kata-kata. Misalnya, bila kamu adalah seorang pembaca, penulis, dan pembicara. Umumnya, apabila seseorang dapat menceritakan sebuah cerita dengan baik dan menghafal kata-kata dengan cepat, itu berarti ia memiliki kecerdasan linguistik-verbal yang tinggi.

Tanda-tanda lainnya, seperti kamu suka menulis, senang bermain dengan bahasa dan kata-kata, pandai menghafal sesuatu, mampu menjelaskan diri kamu dengan mudah kepada orang lain, dan merupakan seorang komunikator yang baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Kecerdasan Logis-Matematik

Ilustrasi Matematika (Freepik)
Ilustrasi Matematika (Freepik)

Kecerdasan logis-matematik adalah perihal pemecahan masalah secara logis dan pengertian angka. Orang dengan kecerdasan logis-matematik yang tinggi akan hebat dalam memecahkan masalah matematika dan menjadi pemikir konseptual yang kuat. Tanda-tanda lainnya dari kecerdasan ini ialah biasanya semakin dilatih, otaknya akan semakin mengerti akan sesuatu.

4. Kecerdasan Kinestetik Tubuh

Kecerdasan kinestetik tubuh ialah seberapa baik seseorang dapat bergerak. Apabila kamu memiliki kecerdasan kinestetik tubuh yang tinggi, kamu memiliki kendali yang sangat baik terhadap tubuh kamu dan kesadaran tubuh yang luar biasa. Artinya, kamu dapat mengetahui apa yang dilakukan tubuh kamu pada waktu tertentu. Orang dengan kecerdasan ini mungkin unggul dalam olahraga dan menari serta memiliki koordinasi tangan dan mata yang baik.

5. Kecerdasan Musik

Bisakah kamu bertepuk tangan mengikuti irama dan bernyanyi selaras? Jika iya, kamu mungkin memiliki kecerdasan musikal yang baik. Orang dengan kecerdasan musikal di atas rata-rata dapat mengendalikan nada dan mendengar pola dalam lagu. Tentu saja, mereka akan tertarik pada musik, baik mendengarkan maupun berkreasi. 

Tanda-tanda lainnya dari kecerdasan jenis ini ialah kamu mampu menentukan ritme ketika sebuah lagu diputar, mampu mencocokkan nada not musik, senang bermain atau mendengarkan musik.

 


6. Kecerdasan Interpersonal

Self Love
Ilustrasi Pikiran Positif Credit: unsplash.com/Allef

Kecerdasan interpersonal ini ialah kecerdasan atau keterampilan di bidang sosial. Apabila seseorang berempati dan pandai memahami maksud dan emosi orang lain, kemungkinan besar ia memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi. 

Orang dengan kecerdasan ini unggul dalam kerja kelompok dan menjaga perdamaian dalam organisasi. Mereka ialah komunikator yang hebat dan peka terhadap kebutuhan orang lain. Mereka juga mampu melihat sudut pandang orang lain.

Tanda-tanda lain dari kecerdasan jenis ini ialah kamu mampu mengerti arti bahasa tubuh seseorang, cenderung mengetahui sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan orang lain tanpa harus bertanya, dan mampu menangangi emosi orang lain.

7. Kecerdasan Intrapersonal

Ini adalah perihal kesadaran diri. Kecerdasan intrapersonal adalah tentang seberapa baik seseorang dalam merefleksikan dan menyadari keadaan mental dan emosinya pada waktu tertentu. Tanda-tanda dari kecerdasan ini adalah kamu suka menghabiskan waktu untuk melamun, mengetahui apa yang kamu rasakan, dan sadar akan diri sendiri.

8. Kecerdasan Alami

Orang yang memiliki kecerdasan naturalistik tinggi adalah orang yang mencintai alam. Mereka peka terhadap perubahan kecil di lingkungannya dan tertarik untuk menjelajahi alam serta mengamati flora dan fauna. Tanda lainnya dari kecerdasan ini ialah kamu mampu menikmati dan menghabiskan waktu di alam, tertarik pada hewan dan tumbuhan liar, sering memperhatikan perubahan kecil di lingkungan, dan bila berada di alam membuat kamu merasa lebih baik.

9. Kecerdasan Pedagogis

Kecerdasan ini pasti dimiliki orang para guru. Orang yang dapat memberi petunjuk, memfasilitasi, dan menyampaikan informasi kepada orang lain, mempunyai kecerdasan pendagodik yang sangat baik. Memahami suatu topik adalah satu hal yang mampu membantu orang lain memhami topik yang sama bila mampu membagikannya dengan baik. Tanda dari kecerdasan ini ialah apabila kamu senang mengajar dan mahir menyampaikan informasi kepada orang lain.

Infografis Panas Dingin Hubungan Jokowi - Megawati. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Panas Dingin Hubungan Jokowi - Megawati. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya