Mengenal Pisces, Zodiak Paling Cerdas Secara Emosional Dibanding yang Lainnya

Orang-orang Pisces berhubungan dengan dunia melalui emosi mereka, dan berkat status mereka sebagai tanda yang bisa berubah, mereka juga sangat mudah beradaptasi dan tangguh dalam menghadapi perasaan orang lain.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 02 Jul 2024, 07:04 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2024, 07:04 WIB
[Bintang] Penuh Iri, Liat Tetangga Punya Mobil 5 Zodiak Ini Stres Sendiri
Capricorn. (Sumber foto: unsplash.com)

Liputan6.com, Jakarta Sebagaimana setiap orang mempunyai kekuatan dan kelemahan yang unik, setiap orang juga dikaruniai bentuk kecerdasan yang berbeda-beda. Bisa dibilang, salah satu jenis kecerdasan yang paling penting adalah kecerdasan emosional (juga disebut sebagai EI atau EQ), karena rangkaian keterampilan ini sangat penting untuk memahami diri sendiri dan menjaga hubungan interpersonal yang kuat dengan orang lain.

Psychology Today mendefinisikan kecerdasan emosional sebagai kemampuan untuk “mengidentifikasi dan mengelola emosi diri sendiri, serta emosi orang lain,” dan kualitas yang terkait dengan memiliki EQ yang tinggi termasuk kesadaran diri, empati, dan pengaturan emosi.

Ciri-ciri ini mungkin muncul lebih alami pada sebagian orang dibandingkan yang lain, tetapi apakah zodiak Anda dapat memengaruhi tingkat kecerdasan emosional Anda?

Dalam astrologi, unsur air dikaitkan dengan segala sesuatu yang bersifat emosional, sehingga tiga zodiak yang dikuasai air – Cancer, Scorpio, dan Pisces – biasanya sangat sensitif dan selaras dengan kekuatan perasaan. Itu sebabnya mereka cenderung memiliki tingkat kecerdasan emosional yang lebih tinggi dibandingkan beberapa tanda lainnya.

Cancer sangat penyayang karena mereka diatur oleh bulan yang sentimental. Sementara itu, Scorpio yang kompleks merasakan emosinya secara mendalam dan intens, dan mereka dapat membaca orang lain dengan penglihatan sinar-X kosmiknya. Namun, water sign yang bisa berubah, Pisces, tampaknya diberkahi dengan tingkat kecerdasan emosional tertinggi.

Orang-orang Pisces berhubungan dengan dunia melalui emosi mereka, dan berkat status mereka sebagai tanda yang bisa berubah, mereka juga sangat mudah beradaptasi dan tangguh dalam menghadapi perasaan orang lain. Sebagai tanda zodiak kedua belas dan terakhir, mereka juga memiliki semacam kebijaksanaan transendental yang memungkinkan mereka terhubung dengan dunia batin mereka (dan orang lain) dengan mudah.

Siapa pun dapat berupaya meningkatkan kecerdasan emosionalnya, jadi hanya karena kualitas tertentu tidak muncul secara alami pada diri seseorang, bukan berarti kualitas tersebut tidak dapat dikembangkan.

Namun, ada beberapa orang yang secara bawaan memiliki sifat-sifat ini - dan jika Anda lahir antara 19 Februari dan 20 Maret, Anda mungkin termasuk dalam klub EQ tinggi tanpa berusaha. Inilah mengapa Pisces mungkin merupakan zodiak yang paling cerdas secara emosional seperti dihimpun oleh Bustle.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Empati Mereka yang Begitu Dalam

kesepian
zodiak virgo yang perfeksionis//copyright freepik

Pisces diwakili oleh ikan kosmik dalam astrologi, jadi mereka adalah satu-satunya makhluk zodiak yang tenggelam di lautan sepanjang waktu. Hal ini berlaku pada tingkat simbolis, karena Pisces juga hampir selalu tenggelam sepenuhnya dalam dunia perasaan mereka.

Mereka sangat sensitif terhadap perubahan energi yang halus sekalipun, sehingga mereka dapat memahami perasaan orang lain — yang berkontribusi pada rasa empati mereka yang kuat. Karena mereka sangat peka dengan emosinya sendiri, mudah bagi mereka untuk menunjukkan perhatian, kasih sayang, dan perhatian saat melihat orang lain yang tenggelam dalam perasaannya.

 


Mereka Memiliki Kebijaksanaan Emosional Bawaan

karakter zodiak
ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Saltanat Zhursinbek on Unsplash

Sebagai water sign, Pisces memimpin dengan emosinya. Namun selain itu, mereka juga merupakan salah satu dari dua tanda zodiak yang secara tradisional dikuasai oleh planet Jupiter yang bijaksana dan pencari pengetahuan. Pengaruh planet yang filosofis dan bijaksana dengan kesadaran emosional mereka yang melimpah memberkati Pisces dengan kemampuan unik untuk mengidentifikasi dan memproses emosi dengan cara yang berpikiran tinggi dan terbuka.

Pisces sepenuhnya menerima bahwa mereka tidak dapat mengendalikan perasaan orang lain. Mereka hanya melakukan yang terbaik untuk memahami dan merespons perasaan orang lain dengan kedewasaan dan keterbukaan.

 


Mereka Memperhatikan Perasaan Orang Lain

zodiak galau
Ilustrasi perempuan yang dilema karena asmara/copyright unsplash.com/Hong Nguyen

Menjadi cerdas secara emosional lebih dari sekadar kemampuan mengidentifikasi, memproses, dan mengelola perasaan Anda sendiri. Ini juga tentang bagaimana Anda menggunakan kesadaran ini untuk membuat interaksi Anda dengan orang lain lebih harmonis.

Dan bagi Pisces, bersikap bijaksana terhadap orang lain adalah hal yang wajar. Dalam bagan surya Pisces, zona kemitraan diatur oleh Virgo yang berorientasi pada detail dan teliti, yang memberikan tanda-tanda air ini sifat yang sangat jeli dan penuh perhatian dalam hubungan antarpribadi.

Pisces pada umumnya juga sangat nyaman membicarakan perasaannya, sehingga membuat orang merasa lebih aman untuk mengungkapkan perasaannya — sehingga menghasilkan komunikasi yang lebih kuat dan pemahaman yang lebih baik.

Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat
Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya