Deutsche Telekom Jerman Bakal Jadi Validator Polygon

Deutsche Telekom Jerman memakai infrastrukturnya untuk eksplorasi aliran pendapatan baru dan meningkatkan keamanan jaringan sebagai validator untuk protokol blockchain.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 02 Jun 2023, 05:59 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2023, 05:59 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik/Pikisuperstar
Salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Eropa pakai infrastruktur untuk menjadi validator platform jaringan Polygon. (Foto: Freepik/Pikisuperstar)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Eropa menggunakan infrastrukturnya untuk mengeksplorasi aliran pendapatan baru dan meningkatkan keamanan jaringan sebagai validator untuk protokol blockchain.

Melansir Cointelegraph, Jumat (2/6/2023), Deutsche Telekom Jerman akan menjadi validator untuk platform penskalaan Ethereum layer-2 Polygon, menjadi salah satu dari 100 validator yang menyediakan layanan staking dan validasi untuk jaringan dan solusi Supernet Polygon.

Polygon adalah lapisan 2 penting dalam ekosistem Ethereum, menawarkan pengembang berbagai solusi penskalaan, termasuk rollup tanpa pengetahuan, sidechain, dan protokol ketersediaan data. Deutsche Telekom MMS, yang menyediakan layanan konsultasi dan pengembangan perangkat lunak, akan beroperasi sebagai validator Polygon untuk perusahaan induknya.

Hal ini diharapkan dapat mengamankan rantai bukti kepemilikan saham Polygon dan rantai Supernet, meningkatkan keamanan, tata kelola, dan desentralisasi protokol. Perusahaan akan menjalankan simpul penuh, menghasilkan blok, memvalidasi dan berpartisipasi dalam konsensus jaringan, dan melakukan pos pemeriksaan ke mainnet Ethereum.

Kepala Pusat Solusi Blockchain Deutsche Telekom, Dirk Röde mengatakan bahwa mendukung jaringan Polygon sebagai validator adalah tonggak penting dalam tujuannya untuk menjadi pemain penting dalam infrastruktur Web3.

"Deutsche Telekom bukan hanya penyedia infrastruktur terkenal untuk layanan seluler dan internet, tetapi juga membuat komitmen yang signifikan untuk memperluas kehadiran dan keandalannya sebagai penyedia infrastruktur di domain Web3,” ujar dia.

 

Deutsche Telekom juga merupakan validator untuk Q, Flow, Celo, Chainlink, dan Ethereum, dan Röde mengatakan perusahaan bertujuan untuk melayani klien institusional sebagai penyedia staking tingkat perusahaan yang andal. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perusahaan Telekomunikasi Jajaki Peluang

Ilustrasi kripto (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi kripto (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Röde menambahkan memanfaatkan infrastruktur perusahaan sebagai validator sambil memonetisasi token asli dari jaringan blockchain yang mendasarinya memberi Deutsche Telekom sumber pendapatan baru yang dapat diandalkan dan dapat diskalakan.

Potensi lebih banyak perusahaan telekomunikasi arus utama pindah ke Web3 juga dapat mengkatalisasi desentralisasi yang lebih besar dari berbagai blockchain bukti kepemilikan yang dioperasikan oleh validator.

"Perusahaan telekomunikasi lain juga menjajaki peluang di domain ini. Dalam ekosistem yang terdesentralisasi, memiliki set validator yang beragam dan andal harus menjadi tujuan,” kata CEO Polygon Labs Michael Blank, sekaligus menegaskan kembali poin yang menyoroti keyakinannya bahwa kemitraan tersebut dapat membuka jalan bagi lebih banyak bisnis arus utama untuk merangkul teknologi blockchain.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Perusahaan Kripto Tether Umumkan Investasi di Sektor Penambangan Bitcoin

Ilustrasi Kripto atau Penambangan kripto. Foto: Freepik
Ilustrasi Kripto atau Penambangan kripto. Foto: Freepik

Sebelumnya, Tether, penerbit stablecoin USDT  telah berinvestasi dalam produksi energi dan fasilitas penambangan bitcoin (BTC) berkelanjutan di Uruguay, perusahaan mengumumkan pada Selasa, 30 Mei 2023 dalam siaran pers.

Perusahaan tersebut bekerja sama dengan perusahaan berlisensi lokal dan secara aktif merekrut. Tether tidak mengungkapkan jumlah investasi atau perusahaan mitra. Tether mengharapkan fasilitas penambangan akan mulai beroperasi pada pertengahan kuartal tiga tahun ini, kata juru bicara perusahaan.

Informasi itu muncul setelah Tether menyusun rencana awal bulan ini untuk mengalokasikan sebagian dari keuntungannya untuk investasi bitcoin, termasuk pembelian rutin BTC dan infrastruktur pendanaan. 

 

 


Memanfaatkan Kekuatan Bitcoin

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Bersamaan dengan pengumuman itu, perusahaan mengungkapkan pembelian bitcoin pertamanya, dengan mengatakan mereka memegang sekitar USD 1,5 miliar atau setara Rp 22,4 triliun (asumsi kurs Rp 14.984 per dolar AS) kripto pada akhir Maret.

“Dengan memanfaatkan kekuatan Bitcoin dan kemampuan energi terbarukan Uruguay, Tether memimpin dalam penambangan Bitcoin yang berkelanjutan dan bertanggung jawab,” kata chief technology officer Tether Paolo Ardoino dalam siaran pers, dikutip Rabu (31/5/2023).

USDT Tether adalah stablecoin terbesar di pasar dengan kapitalisasi USD 83 miliar atau setara Rp 1.243 triliun. Token sebagian besar didukung dengan aset seperti utang yang diterbitkan pemerintah AS, tetapi juga emas dan simpanan pinjaman yang dijamin kepada pihak yang dirahasiakan. 

Hasil yang meningkat selama setahun terakhir-plus telah terbukti menjadi keuntungan bagi perusahaan, berkontribusi pada laba bersih USD 1,5 miliar untuk kuartal pertama 2023.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya