Menguat Hari Ini 12 Oktober 2023, Berikut Gerak Harga Kripto DAX Coin

DAEX dibangun menggunakan protokol kliring dan penyelesaian multi-aset yang berbasis blockchain

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 12 Okt 2023, 14:46 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2023, 14:46 WIB
Ilustrasi Kripto (Foto: Traxer/unsplash)
DAX adalah token utilitas yang akan digunakan di semua bursa di ekosistem DAEX. (Foto: Traxer/unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - DAX adalah token utilitas yang akan digunakan di semua bursa di ekosistem DAEX. DAEX (Digital Asset Exchange) adalah ekosistem aset digital yang berbeda dari kebanyakan Ekosistem-ekosistem blockchain yang sudah beredar luas sebelumnya. 

Dilansir dari Coinmarketcap, DAEX dibangun menggunakan protokol kliring dan penyelesaian multi-aset yang berbasis blockchain yang mengedepankan transparansi publik, kepercayaan publik, keamanan, dan membantu industri -industri mata uang digital yang terdiri dari market/exchange untuk menjadi lebih kompetitif. 

Selain itu, DAEX juga membuat industri-industri tersebut terorganisir dalam satu lingkup ekosistem DAEX sehingga tercipta market yang sehat secara bertahap.

Trader yang memiliki DAX Coin akan dapat merekam dan memvalidasi transaksi secara aman dalam lingkungan yang transparan. Baik itu membayar biaya terkait dengan kliring, setelmen aset atau pencocokan perdagangan. Para trader juga tidak akan dibatasi pada satu bursa.

Pada awalnya, cryptocurrency akan menjadi aset digital yang digunakan untuk kliring dan setelmen. Lalu pada tahap selanjutnya turunan (mata uang Kripto) akan dimasukkan dalam ekosistem.

Setiap pemilik dari pemegang token DAX di ekosistem pada dasarnya adalah bagian dari pemilik ekosistem. Dibandingkan dengan token bursa terpusat, token DAX didistribusikan secara transparan dan terdesentralisasi.

Sedangkan dilansir dari Coinmarketcap, DAEX (DAX) adalah cryptocurrency yang beroperasi pada platform Ethereum. 

Harga DAX Coin

Berdasarkan data Coinmarketcap, Kamis (12/10/2023), harga DAX adalah Rp 57,99 dengan volume perdagangan 24 jam tidak tersedia.

DAX naik 3,71 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 7201 dengan kapitalisasi pasar Rp 20,57 miliar. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 354.666.702. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


UBS Asset Management Luncurkan Dana Tokenisasi Pertama di Jaringan Ethereum

Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik
Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik

Sebelumnya diberitakan, UBS Asset Management telah meluncurkan uji coba pertama dana Variable Capital Company (VCC) yang diberi token di Singapura, menandai tonggak penting dalam menghadirkan aset-aset dunia nyata secara on-chain.

Dana tersebut merupakan bagian dari Project Guardian, sebuah inisiatif industri kolaboratif yang dipimpin oleh Otoritas Moneter Singapura (MAS) untuk mengeksplorasi tokenisasi berbagai aset dunia nyata.

“Ini merupakan tonggak penting dalam memahami tokenisasi dana, memanfaatkan keahlian UBS dalam tokenisasi obligasi dan produk terstruktur,” kata Kepala UBS Asset Management di Singapura dan Asia Tenggara, Thomas Kaegi dikutip dari Crypto Briefing, Rabu (4/10/2023).

Memanfaatkan layanan tokenisasi internal UBS, UBS Tokenize, perusahaan tersebut meluncurkan percontohan terkendali dana pasar uang yang diberi token pada blockchain Ethereum. Hal ini memungkinkan aktivitas seperti langganan dana dan penukaran dana dilakukan secara on-chain.

UBS telah menjadi yang terdepan dalam inovasi aset digital, dengan meluncurkan obligasi digital pertama di dunia yang diperdagangkan secara publik pada November 2022. 

Hal ini diikuti oleh obligasi dengan suku bunga tetap yang diberi token senilai USD 50 juta atau setara Rp 779,8 miliar (asumsi kurs Rp 15.596 per dolar AS) yang diterbitkan pada Desember 2022 dan lebih dari USD 28 juta atau setara Rp 436,7 miliar surat utang terstruktur yang diberi token pada 2023.

Menyusul kesuksesan transaksi percontohan, UBS Asset Management akan berupaya mengeksekusi kasus penggunaan langsung lebih lanjut di bawah Project Guardian, bekerja sama dengan lebih banyak mitra untuk mengeksplorasi berbagai strategi investasi.

Tokenisasi dana adalah tren yang berkembang di kalangan dana tradisional dan manajer aset, dengan institusi besar seperti Franklin Templeton, KKR, dan Hamilton Lane meluncurkan dana tokenisasi.


Louis Vuitton Luncurkan NFT Treasure Trunks Terbatas, Minat?

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Sebelumnya diberitakan, Merek fesyen mewah Perancis Louis Vuitton merilis koleksi non-fungible tokens (NFT) ultra terbatas yang disebut Treasure Trunks yang banderol harga sekitar USD 42.000. Selain itu, NFT ini akan berfungsi sebagai portal ke dunia Louis Vuitton.

Melansir Coinposters, Kamis (8/6/2023), hanya akan ada beberapa ratus unit yang tersedia, dan harga barang setiap orang adalah 39.000 euro atau sekitar USD 41.685.

Pemiliknya tidak dapat menjual atau memberikannya kepada orang lain sebagai hadiah. Mereka juga tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Pelanggan dari AS, Kanada, Prancis, Inggris, Jerman, Jepang, dan Australia dapat memasukkan nama mereka ke daftar tunggu mulai hari ini, 8 Juni jika mereka ingin membeli NFT tersebut.

Mereka akan diminta untuk menautkan dompet cryptocurrency mereka serta memberikan beberapa informasi pribadi. Batang dapat dibeli dengan mata uang fiat atau cryptocurrency.

Perusahaan akan mengirimkan undangan kepada sekelompok konsumen terbatas pada 14 Juni untuk menghadiri presentasi tentang proyek, setelah itu mereka akan memiliki kesempatan untuk membeli koleksi Trunk.

Peluncuran khusus ini merupakan komponen dari proyek perusahaan yang lebih besar yang dikenal sebagai Via, yang dirancang untuk menggabungkan teknologi mutakhir seperti blockchain dan NFT.

Louis Vuitton bukanlah pemula mutlak dalam hal NFT. Pada 2021, ia memperkenalkan 'Louis the Game', yang dapat dimainkan secara gratis.  Tujuannya adalah untuk memberikan sarana di mana pemain dapat belajar tentang sejarah perusahaan dan memiliki kesempatan untuk memenangkan salah satu dari tiga puluh kartu pos yang tersedia.

 


Ambisi untuk Token dan Metaverse

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)

Selain itu, Kepala Eksekutif LVMH Bernard Arnault menyebutkan pada Januari tahun lalu bahwa bisnis tersebut memiliki lebih banyak ambisi untuk token dan metaverse yang tidak dapat dipertukarkan.

“Kita semua perlu menentukan seperti apa penerapan metaverse dan NFT nantinya. Tidak diragukan lagi, ini adalah sesuatu yang berpotensi memberikan dampak yang menguntungkan bagi kegiatan perusahaan, asalkan dilakukan dengan benar; meskipun demikian, bukan niat kami untuk menawarkan pelatih virtual masing-masing seharga €10. Itu sama sekali bukan sesuatu yang menarik bagi kami," kata orang paling kaya di muka bumi itu.

Menarik juga untuk dicatat bahwa Louis Vuitton bergerak pada periode sepi secara keseluruhan di arena NFT. Fakta ini menambah lapisan intrik lain pada situasi tersebut.

Ada mode baru yang muncul setiap saat, dan terlepas dari kenyataan bahwa NFT kemungkinan besar akan mendapatkan kembali keunggulannya di masa depan, banyak orang tampaknya memusatkan perhatian mereka pada bidang teknologi lain saat ini, terutama kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Namun demikian, tampaknya Louis Vuitton memasukkan NFT ke dalam rencananya, setidaknya untuk tahun ini. Mulai pertengahan bulan Juni, pemegang Via Treasure Trunks akan ditawarkan kesempatan untuk membeli kunci yang, jika digunakan, akan memberi mereka akses ke merchandise tambahan.

Selain itu, beberapa produk baru akan dipersonalisasi untuk setiap pemilik NFT Trunk, dan akan dilengkapi dengan catatan kepemilikan serta konfirmasi bahwa produk tersebut sah

Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya