Fantastis, Komite Politik Donald Trump Terima Sumbangan Kripto Rp 116 Miliar

Para donatur utama Donald Trump mencapai 47 donatur selama tiga bulan terakhir termasuk para pemimpin dan eksekutif industri kripto.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 17 Okt 2024, 16:45 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 16:45 WIB
Donald Trump dengan perban di telinga, mengangkat tinjunya ke udara ketika massa bersorak atas kedatangannya di RNC atau Konvensi Partai Demokrat. (AP).
Donald Trump dengan perban di telinga, mengangkat tinjunya ke udara ketika massa bersorak atas kedatangannya di RNC atau Konvensi Partai Demokrat. (AP).

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah komite aksi politik (PAC) yang mendukung Donald Trump, Trump 47 telah mengumpulkan pendanaan hingga USD 7,5 juta atau Rp 116,3 miliar dalam mata uang kripto, untuk mendukung psncalonan sang miliarder dalam pemilihan presiden Amerika Serikat.

Melansir Cointelegraph, Kamis (17/10/2024) pengajuan pada 15 Oktober ke Komisi Pemilihan Umum Federal AS menunjukkan bahwa Donald Trump 47 mengumpulkan jutaan dolar dalam bentuk Bitcoin, Ether, XRP, Stablecoin Tether, dan USD Coin antara bulan Juli dan September 2024.

Pengajuan itu mencatat, para donatur utama Trump 47 selama tiga bulan terakhir termasuk para pemimpin dan eksekutif industri kripto, dengan 18 donatur memberikan lebih dari USD 5,5 juta (Rp 85,3 miliar) dalam bentuk Bitcoin dan tujuh donatur menyumbang sekitar USD 1,5 juta (Rp 23,2 miliar) dalam bentuk Ethereum.

Sumbangan penting datang dari CEO grup media BTC David Bailey, yang menyetor USD 498.000 (Rp 7,7 miliar) kepala hukum Ripple Stuart Alderoty menyumbangkan USD 300.000 (Rp 4,6 miliar) dalam bentuk XRP, dan para pendiri bursa kripto Gemini Tyler dan Cameron the Winklevoss masing-masing memberikan USD 1,1 juta (Rp 17 miliar).

Chase Herro, salah satu pendiri proyek kripto baru milik keluarga Trump, World Liberty Financial, juga turut menyumbang, begitu pula CEO kustodian kripto BitGo, Mike Belshe, yang menyumbang hampir USD 100.000 (Rp 1,5 miliar) dalam bentuk Bitcoin.

Pendonor lainnya termasuk Gary Cardone dari Cardone Digital Ventures, yang menyumbang lebih dari USD 840.000 dalam bentuk Bitcoin, CEO Chainstone Labs Bruce Fenton, dan pendiri Kresus Labs Trevor Traina.

Namun, Trump 47 bukan satu-satunya PAC yang menarik perhatian dari industri kripto.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

Dukungan ke Pesaing Trump

Donald Trump Ditembak Saat Kampanye
Ketika hendak meninggalkan panggung, Trump dilaporkan masih bisa mengepalkan tangan ke arah hadirin. (AP Photo/Evan Vucci)

Bloomberg melaporkan pada 16 Oktober bahwa pendiri perusahaan ventura kripto a16z, Marc Andreessen dan Ben Horowitz, masing-masing menyumbangkan USD 2,5 juta kepada super PAC pro-Trump “Right For America.”

Right For America sendiri sudah mengumpulkan dukungan pendanaan hingga USD 38,6 juta sejauh ini dalam siklus pemilihan ini, menurut Open Secrets.

Sementara itu, beberapa pemimpin kripto telah memberikan dukungan kepada pesaing Trump, Kamala Harris, termasuk salah satu pendiri Ripple, Chris Larsen, yang menyumbangkan $1 juta dalam bentuk XRP kepada PAC pro-Harris "Future Forward."

Hampir setengah dari semua uang perusahaan yang mengalir ke kampanye pemilihan umum berasal dari industri kripto, menurut laporan bulan Agustus dari kelompok pengawas nirlaba Public Citizen.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya