Satu Batu ini Mengandung 30 Ribu Berlian

Ternyata batu mungil itu diketahui mengandung setidaknya 30 ribu butir berlian.

oleh Elizabeth Swanti diperbarui 20 Feb 2015, 19:55 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2015, 19:55 WIB
Satu Batu ini Mengandung 30 Ribu Berlian
Ternyata batu mungil itu diketahui mengandung setidaknya 30 ribu butir berlian.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah batu seukuran bola golf yang ditemukan di tambang berlian Udachnaya di Yakutia, Amerika Serikat, mengejutkan para ilmuwan baru-baru ini. Pasalnya, ternyata batu mungil itu diketahui mengandung setidaknya 30 ribu butir berlian.

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh Prof Larry Taylor dari University of Tennessee, Knoxville, mengatakan kepada laman SciFi, Jumat (20/2/2015),  "Ini adalah keajaiban mengapa batu ini memiliki lebih dari 30 ribu berlian mikro oktahedral."

Berlian-berlian tersebut diperkirakan berukuran 10-700 mikron, dan banyak terkumpul dalam kelompok.

Para ilmuwan percaya bahwa berlian terbentuk di sekitar 160 km jauh di lapisan mantel bumi dan dibawa ke permukaan oleh letusan gunung berapi. Namun, sebagian besar lapisan batuan tersebut runtuh selama perjalanan ini.

Batu dari tambang Udachnaya adalah salah satu dari hanya beberapa ratus lokasi dimana berlian mentah yang ditemukan didalamnya masih tergolong orisinal.

"Berlian mengalami proses nukleasi homogen dari batuan menjadi batu mulia. Biasanya, hal ini hanya terjadi di beberapa tempat tertentu dan tumbuh lebih besar. Ini seperti mereka tidak punya waktu untuk menyatu menjadi kristal yang lebih besar.  

Selain berlian, batu seberat 10,5 gram tersebut diketahui juga mengandung bintik garnet merah dan hijau, serta mineral lainnya.

Rencananya, penemuan bersejarah ini akan dipresentasikan Konferensi Tahunan American Geophysical Union di San Francisco. (Liz)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya