Donald Trump Mulai Kunjungan Maraton ke Asia, Ini Agendanya

Perjalanan Donald Trump berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan antara pihak AS dan Korea Utara.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 04 Nov 2017, 11:03 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2017, 11:03 WIB
Hawaii akan jadi lokasi pemberhentian pertama bagi Donald Trump dan Milenia (AFP)
Hawaii akan jadi lokasi pemberhentian pertama bagi Donald Trump dan Milenia (AFP)

Liputan6.com, Honolulu - Presiden Amerika Serikat Donald Trump memulai kunjungan resmi yang pertama ke Asia, terhitung dari 3  hingga 14 November 2017. Lawatan 11 hari tersebut akan menjadi tur Asia terpanjang yang dilakukan oleh seorang presiden AS dalam 25 tahun terakhir.

Dilansir dari laman BBC, Sabtu (4/11/2017), adapun negara yang yang menjadi lokasi kunjungan Trump dan istrinya, Melania Trump, ialah Jepang, Korea Selatan, China, Vietnam, Filipina.

Perjalanan itu berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Korea Utara, negara pimpinan Kim Jong-un, yang beberapa waktu lalu melakukan uji coba nuklir dan rudal.

Lewat kunjungan tersebut, Trump diharapkan dapat menunjukkan persatuan dengan Korea Selatan dan Jepang sambil menekan China untuk mengambil langkah yang lebih tegas terhadap Pyongyang.

Sebelum tiba di Jepang -- negara pertama yang akan disinggahi -- Trump beserta rombongan akan terbang ke negara bagian Hawaii.

Di Hawaii, Trump nantinya akan menghadiri Peringatan USS Arizona di Pearl Harbor -- lokasi penyerangan Jepang tahun 1941 yang menarik AS ke dalam Perang Dunia II.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jadwal Kunjungan Trump

Dari Hawaii, Trump dan Melania bertolak ke Jepang. Di Negeri Sakura sendiri, Trump akan disambut oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Pada 5 November, Trump dan Abe akan bermain golf dan ditemani oleh pemain profesional Hideki Matsuyama di Kasumigaseki Country Club. Selepas itu, dijadwalkan agenda rapat bilateral antara Jepang dan AS.

Negara kedua yang akan jadi tujuan kunjungan Trump adalah Korea Selatan, di mana ia dijadwalkan tiba di sana pada 7 November. Nantinya, bersama Presiden Moon Jae-in, Trump akan membahas beberapa isu terkini di Majelis Nasional Korea Selatan.

Pada 8 November, Trump tiba di China untuk menghadiri serangkaian acara termasuk pertemuannya dengan Presiden Xi Jinping.

Jumat, 10 November, Trump akan berkunjung ke Danang, Vietnam dan menghadiri KTT Asia-Pasifik Economic Co-operation (APEC). Masih di Vietnam, pada 11 November, perjalanan Trump akan berlanjut ke Hanoi untuk melakukan pembicaraanya dengan Presiden Tran Dai Quang dan pemimpin Vietnam lainnya.

Negara terakhir yang akan dikunjungi oleh Trump adalah Filipina. Berdasarkan jadwal, Trump dan rombongan akan tiba di Manila pada 12 November untuk menghadiri makan malam di perayaan ulang tahun ASEAN ke-50.

Pada 13 November, Trump akan bertemu dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte di KTT ASEAN.

Sebelum Trump, presiden terakhir yang melakukan kunjungan maraton ke Asia adalah George HW Bush, yakni pada akhir 1991 hingga awal 1992.

Ketika mengunjungi Jepang, Bush sempat pingsan dan muntah saat jamuan makan malam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya