Lukisan Michelangelo Ditemukan

Sebuah lukisan karya pelukis terkenal Michelangelo dari masa Renaissance ditemukan di salah satu asrama di Universitas Oxford, Inggris.

oleh Liputan6 diperbarui 13 Jul 2011, 00:22 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2011, 00:22 WIB
110712dlukisan.jpg
Liputan6.com, Oxford: Sebuah lukisan karya pelukis terkenal Michelangelo dari masa Renaissance ditemukan di salah satu asrama di Universitas Oxford, Inggris. Seorang ahli lukisan Italia, Antonio Forcellino, mengatakan bahwa lukisan di Campion Hall adalah karya Michelangelo.

Awalnya lukisan yang menggambarkan penyaliban Kristus itu diduga karya pelukis Marcello Venusti, namun penelitian dengan menggunakan teknologi inframerah memperlihatkan bahwa lukisan itu adalah karya pelukis besar Renaissance. Demikian dilansir BBC Indonesia, Selasa (12/7)

Ketua asrama Campion Hall, Pastor Brendan Callaghan, mengatakan karya Micheleanglo itu amat indah. "Itu lukisan yang amat indah namun terlalu mahal untuk ditaruh di dinding kami," tuturnya. Lukisan yang berjudul Crucifixion With The Madonna, St John And Two Mourning Angels itu kini sudah dipindahkan ke Museum Ashmolean.

Pastor Brencan Callaghan senang dengan temuan Antonio Forcellino dan memahami menggantungnya di asrama mereka bukanlah ide yang baik. "Nilainya selama tiga tahun saya menjadi pemimpin asrama sudah naik sepuluh kali lipat, biarpun seandainya itu bukan karya Michelangelo.

Namun dia menyadari bahwa temuan itu tentu akan menjadi pro dan kontra di kalangan para ahli sejarah seni. Dalam bukunya yang berjudul The Lost Michelangelos, Forcellino mengatakan, "Tidak ada orang selain Michelangelo yang bisa melukis karya besar seperti itu." Lukisan itu dibeli oleh Campion Hall lewat lelang di Sotheby pada 1930-an.(ADO)

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya