Ini Penjelasan Wapres Mike Pence soal Visi 'Dominasi Amerika Serikat di Antariksa'

Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence, menegaskan visi terkait Angkatan Antariksa.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Agu 2018, 09:31 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2018, 09:31 WIB
Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence memberikan pidato singkat dalam upacara pnyambutan sisa jenazah prajurit yang gugur di Perang Korea (AP/Susah Walsh)
Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence memberikan pidato singkat dalam upacara pnyambutan sisa jenazah prajurit yang gugur di Perang Korea (AP/Susah Walsh)

Liputan6.com, Washington DC - Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence, pada Kamis 23 Agustus menegaskan kembali rencana pemerintahan Donald Trump membentuk Angkatan Antariksa Amerika pada tahun 2020. Negara adidaya ini berencana mengirim awak Amerika ke Bulan dan mengarahkan perhatian astronaut ke planet Mars dan planet-planet lainnya.

Dalam pidatonya di Johnson Space Center NASA, Houston, Texas, Amerika Serikat, Mike Pence menyampaikan laporan terbaru yang dibuat oleh Pentagon. Laporan tersebut mengklaim, China "secara agresif mempersenjatai antariksa" dan Rusia mengembangkan senjata untuk "menyaingi kemampuan antariksa Amerika."

Pence mengatakan, Departemen Pertahanan akan "memperkuat keamanan Amerika di angkasa luar". Pemerintah juga akan bekerja sama dengan Kongres untuk memperoleh dana dan otorisasi, guna membentuk Angkatan Antariksa sebagai cabang angkatan bersenjata yang baru dan terpisah.

Selain itu, Pence menekankan upaya pemerintah Amerika Serikat untukun orbit Bulan (yang dikenal sebagai Deep Space Gateway) dari fase proposal ke fase produksi.

NASA dan beberapa mitranya, telah mengembangkan rencana stasiun orbit antariksa ini --yang akan digunakan sebagai pusat eksplorasi-- bakal memiliki beberapa gerbang, termasuk sistem tenaga penggerak, habitat untuk para kru, dan kemampuan pengaitan. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (25/8/2018).

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Ingin Disaingi Negara Lain

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence saat mengumumkan 12 nama astronot terpilih yang bergabung bernama NASA (Twitter/@VP)
Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence saat mengumumkan 12 nama astronot terpilih yang bergabung bernama NASA (Twitter/@VP)

Dalam anggaran 2019, NASA telah meminta dana 504 juta dolar AS untuk proyek ini, yang belum disetujui oleh Kongres.

Hampir tidak ada ada detail baru dalam pidato Mike Pence tersebut, selain menegaskan kembali visi pemerintah Negeri Paman Sam terkait "dominasi Amerika di antariksa."

Pence, dalam berbagai kesempatan menyebut, Angkatan Antariksa merupakan tema yang sering diungkit kembali oleh Presiden Donald Trump, termasuk ketika berkampanye di Charleston, West Virginia, Selasa 23 Agustus.

Trump pertama kali mengumumkan pembentukan Angkatan Antariksa di Gedung Putih pada Juni tahun ini. Ia berjanji untuk merebut kembali kepemimpinan AS di antariksa, menyebutnya sebagai isu keamanan nasional dan menegaskan bahwa ia tidak ingin China, Rusia dan negara-negara lain menyalip AS.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya