15 Fakta Menarik Tentang Amerika, Tak Ada Bahasa Resmi hingga Lisensi Berburu Unicorn

Tidak selalu soal politik, berikut adalah 15 fakta menarik seputar Amerika Serikat.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Okt 2020, 19:10 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2020, 19:10 WIB
Patung Liberty
Patung Liberty (Ronile/Pixabay).

Liputan6.com, Washington D.C. - Amerika Serikat merupakan tempat yang menarik. Dengan bentang alam yang beragam, kompleksitas penduduknya dan sejarah yang penuh dengan kenangan manis atau pun buruk. 

Negara ini akan menggelar debat capres terakhir pada Kamis 22 Oktober di Belmont University yang berada di kota Nashville, Tennessee. Donald Trump dan Joe Biden akan kembali dipertemukan di panggung panas untuk saling mengadu visi dan misi mereka demi memperebutkan kursi tertinggi di AS.

Namun, tidak hanya berkutik soal politik, Negeri Paman Sam juga memiliki beberapa fakta yang tidak membosankan dan menarik untuk diketahui.

Dikutip dari WorldAtlas, Rabu (21/10/2020), Berikut 15 fakta menarik seputar Amerika Serikat:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


1. Bendera AS Dirancang Siswa SMP

Bendera di gedung-gedung federal AS dikibarkan setengah tiang untuk menghormati kepergian John McCain (AP/J David Ake)
Bendera di gedung-gedung federal AS dikibarkan setengah tiang untuk menghormati kepergian John McCain (AP/J David Ake)

Percaya tidak percaya, bendera resmi Amerika Serikat dirancang oleh Robert G. Heft pada 1958 ketika Heft masih duduk di bangku sekolah menengah pertama.

Anehnya, dia hanya mendapat nilai B-. Guru Heft, Stanley Pratt, berjanji kepada siswanya bahwa dia akan menaikkan nilainya jika Kongres AS menerima rancangannya. Tidak disangka, rancangan Heft dikibarkan di seluruh negeri sampai saat ini.

2. Tidak Ada Bahasa Resmi

Banyak yang mungkin mengatakan bahwa bahasa Inggris dan bahkan Spanyol adalah bahasa resmi AS. Namun, negara itu sebenarnya tidak memiliki bahasa resmi.

Catatan menunjukkan bahwa para penderi negara tidak melihat kebutuhan untuk itu. Bahasa Inggris dominan pada masa Konfederasi, sehingga tidak memerlukan perlindungan khusus.

Selain itu, bahasa lain juga digunakan secara luas dan tidak perlu mengambil risiko menyinggung siapa pun.


3. Penemu Internet

Ilustrasi jaringan internet
Ilustrasi jaringan internet. Kredit: Pete Linforth via Pixabay

3. Penemu Internet

Ada banyak penemuan yang mengarah pada apa yang sekarang kita sebut internet. JCR Licklider dari Institut Teknologi Massachusetts mempopulerkan gagasan memiliki "jaringan intergalaksi" komputer pada 1960-an.

Setelah itu muncul ARPANET, Proyek Penelitian Lanjutan Agency Network, prototipe pertama yang dapat digunakan untuk internet.

Akhirnya pada tahun 1990, Tim Berners-Lee dari MIT menemukan World Wide Web, yang digunakan untuk mengakses internet. Semuanya dimulai di AS.

4. AS Memiliki PDB Terbesar di Dunia

AS tidak selalu menduduki peringkat pertama di dunia saat menyebut negara terkaya di dunia.

Hal ini karena negara dapat diurutkan menurut PDB per kapita mereka, sehingga kekayaan suatu negara dibagi dengan jumlah penduduknya. Namun, dalam hal tenaga produksi murni dan produk domestik bruto, AS berada di urutan pertama.


5. Hampir Semua Nevada Dimiliki Pemerintah

Las Vegas Nevada
Las Vegas Nevada (Skeeze/Pixabay).

Negara Bagian Nevada dipenuhi dengan kawasan margasatwa yang dilindungi, hutan, taman nasional dan monumen, semuanya dimiliki dan dijalankan pemerintah federal AS.

Khususnya, Area 51, sebidang tanah rahasia milik pemerintah AS, berada di Nevada. Ada begitu banyak yang dimiliki pemerintah sehingga jumlahnya mencapai sekitar 80% dari seluruh negara bagian.

6. 100 Hektar Pizza Dimakan Setiap Hari

Orang Amerika pasti menyukai pizza mereka! Menurut Washington Post, orang-orang di AS sangat menyukainya sehingga sekitar 100 hektar pizza dimakan setiap hari.

Faktanya, survei menunjukkan orang Amerika cenderung lebih memilih pizza daripada hamburger, yang dianggap sebagai masakan khas Amerika.


7. Ibu Kota AS Awalnya adalah New York

Saat Jalanan Kota New York Jadi Area Makan
Orang-orang berjalan melalui restoran yang mengoperasikan area luar ruangan (outdoor) hingga ke trotoar dan jalanan di New York, 3 Oktober 2020. Kota itu mengizinkan restoran membuat area makan outdoor sebagai upaya mengatasi dampak ekonomi COVID-19 yang berkelanjutan. (AP Photo/John Minchillo)

Pada 1790, Washington D.C. bukanlah tempat dimana semua aksi politik berada. Kota New York sebenarnya adalah ibu kota negara ketika George Washington menjadi presiden pertama negara itu.

Washington, D.C., yang terletak di antara Virginia dan Maryland, didirikan sebagai ibu kota pada tahun 1790 setelah pertemuan antara Menteri Keuangan Alexander Hamilton dan Menteri Luar Negeri Thomas Jefferson.

Hamilton menyerah kepada Jefferson untuk lokasi ibu kota dan sebaliknya, Jefferson setuju dengan proposal Hamilton kepada pemerintah federal untuk mengambil hutang negara bagian setelah Perang Revolusi, a quid pro quo.

8. AS Menggunakan Sekitar 17% Energi Bumi

Selain pizza, orang Amerika juga menyukai listriknya.

Menurut Administrasi Informasi Energi AS pada tahun 2017, negara tersebut menggunakan sekitar 98 kuadriliun British thermal unit (Btu) energi, yang jumlahnya sangat besar.


9. 10% Lebih Orang Amerika Pernah Bekerja di McD

Mengejutkan, Ini 5 Rahasia McDonald yang Tidak Anda Ketahui
Apakah Anda hobi makan McDonald? Simak beberapa fakta mengejutkan yang perlu Anda ketahui di sini.

Suka atau tidak suka, restoran cepat saji yang terkenal ini adalah perusahaan besar di AS. Diperkirakan sekitar 1 dari 8 orang Amerika pernah bekerja untuk mega-restaurant di beberapa titik dalam sejarah.

Diantaranya adalah Jeff Bezos dan Pink.

10. Alaska Memiliki Garis Pantai Terpanjang

Alaska memiliki garis pantai yang sangat panjang membentang sekitar 6.640 mil (10.686 km). Ini dikatakan lebih panjang dari garis pantai dari semua 49 negara bagian lainnya jika digabungkan.

Total garis pantai negara itu adalah 12.383 mil (19.928 km).


11. Budak Bantu Bangun Gedung Putih

White House atau Gedung Putih
White House atau Gedung Putih. (AP)

Ketika seruan keluar bagi para pekerja di Eropa untuk datang membangun Washington D.C. sebagai ibu kota nasional AS pada tahun 1792, tidak cukup banyak orang yang datang untuk melakukannya.

Maka, para pejabat memilih orang Afrika-Amerika untuk perbudak dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Orang-orang ini membangun Gedung Putih dan berbagai gedung pemerintah AS awal lainnya.

Land of the Free hanya berlaku untuk beberapa orang. Namun, banyak di antara semua kelompok yang berani menentang perbudakan tersebut.

12. Lebih Banyak Orang Sekarang Tinggal di New York

Tidak heran NYC tampak sibuk, Sekitar 1 dari 38 orang yang tinggal di AS menyebut Kota New York sebagai rumah mereka, menjadikannya kota terpadat di negara ini.

Kepadatan populasinya mencapai 27.000 orang per mil persegi dan ada kelahiran di New York City setiap 4,5 menit.


13. Air di Danau Superior Dapat Menutupi Seluruh Amerika

nenek gunakan kostum unicorn saat peluk cucu
foto: Hugh Dillon

Danau Superior melintasi perbatasan antara Kanada dan AS, jika Anda menyebarkan semua airnya, danau ini dapat akan menutupi seluruh benua Amerika Utara dan Selatan dengan kedalaman sekitar 1 kaki.

Semoga saja hal tersebut tidak pernah terjadi. Danau Superior juga menampung 10% air tawar dunia.

14. Lisensi Berburu Unicorn

Jika berburu unicorn adalah sesuatu yang selalu ingin Anda lakukan, maka kejarlah mimpi tersebut. Universitas di Michigan mengizinkan pihak yang tertarik untuk mendapatkan lisensi berburu makhluk bertanduk satu tersebut.

Izin resmi ini dikeluarkan oleh Departemen Pemburu Unicorn di universitas tersebut.  "Questers" adalah sebutan untuk para pemburu tersebut. 


15. Toko Penjual Koper Hilang

Menikmati Staycation dengan Transformasi Koper Bergaya Elegan dan Kokoh
Rimowa mengembangkan koleksi Original dengan lebih kokoh dan elegan (Foto: Rimowa)

Kehilangan koper Anda? Coba cari ke Alabama. Scottsboro Alabama adalah satu-satunya tempat di AS yang membeli bagasi yang hilang dan tidak diklaim dari maskapai penerbangan. 

Mereka menjualnya kembali ke masyarakat umum. Koper Anda yang hilang mungkin berada di sana.

 

Reporter: Ruben Irwandi

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya