38 Demonstran Kudeta Militer Tewas di Myanmar, PBB: Hari Paling Berdarah

PBB menyebut bahwa Myanmar telah mengalami hari paling berdarah selama berlangsungnya kudeta militer.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 04 Mar 2021, 12:48 WIB
Diterbitkan 04 Mar 2021, 11:30 WIB
Lautan Manusia di Yangon Protes Kudeta Myanmar
Seorang pengunjuk rasa memegang poster dengan gambar pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi (kanan) yang ditahan dan presiden Win Myint saat demonstrasi menentang kudeta militer di Yangon, Myanmar pada Sabtu (6/2/2021). Ribuan orang turun ke jalan-jalan untuk melawan kudeta. (YE AUNG THU / AFP)

Liputan6.com, Yangon - Sedikitnya 38 orang tewas di Myanmar pada Rabu 3 Maret dalam apa yang digambarkan PBB sebagai "hari paling berdarah" sejak kudeta militer terjadi sebulan lalu. Utusan PBB untuk Myanmar, Christine Schraner Burgener mengatakan ada rekaman mengejutkan dari negara itu.

Mengutip BBC, Kamis (4/3/2021), saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan tembakan dengan karet dan peluru tajam.

Protes massal dan tindakan pembangkangan sipil telah terlihat di seluruh Myanmar sejak militer merebut kekuasaan pada 1 Februari.

Para pengunjuk rasa telah menyerukan diakhirinya kekuasaan militer dan pembebasan para pemimpin pemerintah terpilih negara itu - termasuk Aung San Suu Kyi - yang digulingkan dan ditahan dalam kudeta tersebut.

Kudeta dan penindasan dengan kekerasan terhadap protes yang mengikutinya telah menyebabkan kecaman internasional, yang sejauh ini diabaikan oleh militer Myanmar. 

Bereaksi atas kematian yang terjadi pada hari Rabu, Inggris menyerukan pertemuan Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat, sementara AS mengatakan sedang mempertimbangkan tindakan lebih lanjut terhadap militer Myanmar.

Kekerasan terbaru terjadi sehari setelah tetangga Myanmar mendesak militer untuk menahan diri.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Total Korban Tewas Capai 50 Orang

FOTO: Aksi Protes Kudeta Militer Myanmar Terus Berlanjut
Pengunjuk rasa antikudeta berkumpul di persimpangan dekat Pagoda Sule di pusat kota Yangon, Myanmar, Senin (22/2/2021). Seorang mahasiswa bernama Kyaw Kyaw (23), mengaku khawatir dengan langkah pemerintah terhadap demo, tetapi dia juga marah atas apa yang terjadi. (AP Photo)

Schraner Burgener mengatakan sedikitnya 50 orang kini telah tewas "dan banyak yang terluka" sejak kudeta dimulai.

Dia mengatakan satu klip video menunjukkan polisi memukuli kru medis sukarelawan yang tidak bersenjata. 

Foto lainnya menunjukkan seorang pengunjuk rasa ditembak dan mungkin terbunuh di jalan, katanya.

"Saya tanya beberapa ahli persenjataan dan mereka bisa verifikasi ke saya, belum jelas tapi sepertinya senjata polisi itu seperti senapan mesin ringan 9mm, jadi peluru tajam," ujarnya.

Laporan dari dalam Myanmar berbicara tentang pasukan keamanan yang menembaki kerumunan besar di sejumlah kota, termasuk Yangon, dengan sedikit peringatan. 

Dua anak laki-laki, berusia 14 dan 17 tahun, termasuk di antara mereka yang tewas, kata organisasi Save the Children. Seorang wanita berusia 19 tahun juga dikatakan termasuk di antara korban tewas. 

Setidaknya enam orang dilaporkan ditembak mati selama protes di Monywa di Myanmar tengah. Sedikitnya 30 orang lainnya terluka dalam kerusuhan itu, seorang jurnalis lokal mengatakan kepada Reuters.

Seorang relawan medis mengatakan kepada kantor berita AFP di Myingyan bahwa sedikitnya 10 orang terluka di sana. 

"Mereka menembakkan gas air mata, peluru karet, dan peluru tajam," kata mereka.

"Mereka tidak menyemprot kami dengan meriam air, [tidak ada] peringatan untuk bubar, mereka hanya menembakkan senjata," kata seorang pengunjuk rasa di kota itu kepada Reuters.

Di Mandalay, seorang mahasiswa pengunjuk rasa mengatakan kepada BBC bahwa para demonstran tewas di dekat rumahnya.

“Saya kira sekitar jam 10 pagi atau 10:30, polisi dan tentara datang ke daerah itu dan kemudian mereka mulai menembaki warga sipil. Mereka tidak memberikan peringatan apapun kepada warga sipil. 

"Mereka baru saja keluar dan mulai menembak. Mereka menggunakan peluru karet tetapi mereka juga menggunakan peluru tajam untuk membunuh warga sipil dengan cara kekerasan."

Pihak militer belum mengomentari kematian yang dilaporkan.


Sanksi untuk Militer

Panglima militer Myanmar Jenderal Min Aung dan pemimpin partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Aung San Suu Kyi
Panglima militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing (kiri) dan pemimpin partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Aung San Suu Kyi (kanan) berjabat tangan setelah pertemuan mereka, 2 Desember 2015. (Foto: AFP/Phyo Hein Kyaw)

Ketika kekuatan dunia memandang krisis Myanmar dengan kegelisahan yang meningkat, militer negara itu mengatakan siap untuk menahan sanksi dan isolasi setelah kudeta. 

Schraner Burgener telah mendesak PBB untuk mengambil "tindakan yang sangat keras" terhadap para jenderal. 

Utusan PBB memperingatkan tindakan hukuman semacam itu dalam percakapan dengan wakil panglima militer Myanmar.

Sebagai tanggapan, "jawabannya adalah: 'Kami harus belajar berjalan hanya dengan beberapa teman'," kata Schraner Burgener kepada wartawan di New York.

Namun demikian, lebih banyak sanksi sedang dipertimbangkan oleh negara-negara Barat, termasuk AS.

Kekerasan yang terjadi pada Rabu (3/3) membuat AS "terkejut", kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price. Dia mengatakan kepada wartawan: "Kami meminta semua negara untuk berbicara dengan satu suara untuk mengutuk kekerasan brutal oleh militer Burma terhadap rakyatnya sendiri."

Dia mendesak China, yang secara historis merupakan sekutu dekat Myanmar, untuk membawa pengaruhnya terhadap militer negara itu.

Dewan Keamanan PBB - sebuah badan penjaga perdamaian internasional - telah menyuarakan keprihatinan atas situasi tersebut, tetapi berhenti mengutuk kudeta tersebut karena ditentang oleh Rusia dan China, yang memandang masalah tersebut sebagai urusan internal.

Sementara itu, Paus Fransiskus menyerukan dialog untuk "mengatasi represi".


Infografis Kudeta Militer di Myanmar:

Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya