12 Perusahaan dan Instansi Korsel Bantu Indonesia Hadapi Pandemi COVID-19

Dalam rangka menunjukkan solidaritas dan semangat gotong royong, pemerintah Korsel dan sejumlah perusahaan dari negara tersebut aktif ikut andil dalam mengatasi COVID-19 di Indonesia.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 03 Sep 2021, 07:39 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2021, 17:15 WIB
Ilustrasi bendera Korea Selatan (unsplash)
Ilustrasi bendera Korea Selatan (unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah negara asing memberikan bantuan kepada Indonesia dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19.

Salah satu yang berpartisipasi adalah Kedutaan Besar Republik Korea (selanjutnya disebut Korsel), bergandengan tangan dengan perusahaan-perusahaan Korsel untuk menyalurkan bantuan darurat berupa peralatan kesehatan dan penanggulangan COVID-19 kepada Indonesia. Bantuan tersebut meliputi oxygen concentrator (konsentrator oksigen) (801 unit), oxygen therapy devices (44 unit), ventilator (35 unit), test-kit COVID-19 (6.360 buah), baju APD (6.400 buah), dan masker (4.560 buah).

Pemberian bantuan darurat tersebut dilakukan untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam mengatasi situasi pandemi COVID-19 di Indonesia. Bantuan yang diberikan kali ini dapat terwujud atas kerja sama yang intensif antara Pemerintah Korsel dan Indonesia, di tengah situasi genting akibat ganasnya penyebaran varian Delta di Indonesia sejak Juni lalu.

Saat itu, Indonesia menghadapi kesulitan perihal ketersediaan oksigen medis dan peralatan kesehatan.

Pada 21 Juli lalu, Duta Besar Korsel untuk Indonesia, Park Tae-sung, memimpin rapat virtual yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan, Budi Sadikin, dan perwakilan perusahaan-perusahaan Korsel yang berbisnis di Indonesia. Rapat tersebut secara komprehensif membahas berbagai langkah yang dapat dilakukan dalam upaya pemberian bantuan.

Seusai rapat, sebanyak dua belas perusahaan dan instansi Korea Selatan menyatakan akan ikut andil dalam pemberian bantuan kepada Indonesia.

Seperti tertuang dalam keterangan tertulis pihak kedutaan Korsel yang dikutip Kamis (2/9/2021), 12 perusahaan dan instansi yang berbasis di Indonesia itu adalah:

  1. Hyundai Motor
  2. Posco
  3. LXInternational
  4. Samsung Electronics
  5. LG Electronics
  6. Hyundai Engineering
  7. LotteChemical
  8. Daelim Industrial
  9. NH Korindo Sekruitas Indonesia
  10. KOCHAM (Korean Chamber of Commerce and Industry Indonesia)
  11. K-Water
  12. Korean Restaurant Association di Indonesia

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Uluran Tangan dari Para Pengusaha Korea di Indonesia

Ilustrasi bendera Korea Selatan
Ilustrasi Korea Selatan (iStock)

Perusahaan-perusahaan Korsel cepat tanggap dalam memproduksi serta mengamankan peralatan kesehatan dan penanganan COVID-19 agar dapat disalurkan kepada Pemerintah Indonesia dan masyarakat lokal pada saat diperlukan. Bantuan tersebut berupa oxygen concentrator (konsentrator oksigen) (451 unit), oxygen therapy devices (44 unit), test-kit COVID-19 (1.920 buah), baju APD (6.400 buah), dan masker (4.560 buah).Terlepas dari besar atau kecilnya perusahaan, sektor industri, ataupun jumlah donasimulai dari ratusan ribu USD hingga puluhan juta USD, perusahaan-perusahaan Korsel telah berperan aktif dalam kegiatan berbagi kali ini.

Hyundai Motor di Indonesia yang membangun pabrik kendaraan listrik di Bekasi, telah berhasil membuat fasilitas khusus untuk memproduksi oksigen medis dengan memanfaatkan fasilitas produksi yang selesai dibuat pada Agustus untuk mobil listrik. Mulai akhir bulan lalu (Agustus 2021), dengan fasilitas baru tersebut, Hyundai Motor di Indonesia diharapkan dapat memproduksi oksigen medis rata-rata 40 ton per bulan yang dapat dimanfaatkan oleh sekitar 2.400 pasien per hari.

Sementara itu, Posco di Indonesia yang mengoperasikan pabrik baja di Cilegon telah memberikan hibah berupa oksigen cair kepada sejumlah rumah sakit melalui Pemda DKI Jakarta. Posco meminimalkan tingkat ketersediaan oksigen darurat yang digunakan untuk 3peleburan baja sehingga dapat memberikan oksigen medis cair sebanyak 20 ton setiap minggu.

Selain itu, bekerja sama dengan Kedutaan Korsel, Korean Restaurant Association di Indonesia juga telah membagikan nasi kotak berisi masakan Korea sebanyak 1.100 set kepada para nakes di Rumah Sakit Yarsi, Jakarta.

Kerja Sama Antara Pemerintah Korsel-RI

Pemerintah Korsel beberapa waktu lalu juga telah mengirimkan bantuan darurat berupa konsentrator oksigen sebanyak 350 unit dan ventilator sebanyak 35 unit kepada Indonesia.

Lalu dengan mengucurkan senilai 4 juta USD melalui skema bantuan komprehensif untuk penanganan COVID-19, Pemerintah Korsel memberikan test-kit sebanyak 4.440 buah yang bisa digunakan untuk 170.000 kali tes serta mengimplementasikan Program Pemberdayaan SDM dalam penanganan COVID-19 bagi nakes dan pemda di Indonesia.

Duta Besar Korsel, Park Tae-sung, mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu mitra kerja sama yang diutamakan oleh Pemerintah Korsel dalam penanganan COVID-19.

Atas dasar tersebut, lanjut Dubes Park, kedua pemerintah terusmempererat solidaritas dan kerja sama di bidang penanggulangan COVID-19 serta pengembangan vaksin dan obat penyembuh COVID-19. "Sejak Juni lalu, Pemerintah Korea Selatan telah bergerak cepat dalam pemberian bantuan kepada Indonesia gunamengamankan ketersediaan oksigen medis di Indonesia", ujar Dubes Park.

Mengutip kata mutiara yang berbunyi, "Teman sejati ada bersama kita di saat susah", Duta Besar Korsel, Park Tae-sung, menegaskan bahwa Korea Selatan akan terus bersama Indonesia dalam menghadapi COVID-19.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya