Intel Investasi Miliaran Dolar, Buka Pabrik Serap Ribuan Tenaga Kerja di Malaysia

Perusahaan microchip dan prosesor komputer Intel telah sepakat untuk mengucurkan investasi senilai miliaran dolar dan membuka pabrik baru di Malaysia.

oleh Hariz Barak diperbarui 19 Des 2021, 21:02 WIB
Diterbitkan 19 Des 2021, 21:00 WIB
Ilustrasi prosesor, chip, chipset Intel
Ilustrasi prosesor, chip, chipset Intel. Kredit: Bruno/Germany via Pixabay

Liputan6.com, Kuala Lampur - Perusahaan microchip dan prosesor komputer Intel telah sepakat untuk mengucurkan investasi senilai miliaran dolar dan membuka pabrik baru di Malaysia.

Dalam undangan media, Otoritas Pengembangan Investasi Malaysia (MIDA) mengumumkan bahwa Intel Corporation telah memilih untuk mendirikan toko di Penang, Malaysia, yang dijadwalkan menjadi lokasi fasilitas pengemasan canggih yang baru, demikian seperti dikutip dari Mashable, Minggu (19/12/2021).

Proyek ini, yang diperkirakan merupakan investasi senilai US $ 7,1 miliar (RM30 miliar), diperkirakan akan menciptakan total 9.000 pekerjaan – dibagi menjadi 4.000 pekerjaan di Intel dan 5.000 lainnya untuk pekerjaan konstruksi fasilitas.

Proyek baru ini juga disebut akan membantu mengatasi persoalan kekurangan chip di seluruh dunia, melihat bahwa perkiraan industri saat ini mematok kemerosotan pasokan hingga 2023.

"Secara keseluruhan industri semikonduktor tahun ini akan tumbuh lebih dari yang dimilikinya dalam dua hingga tiga dekade terakhir. Tapi tetap saja kesenjangannya besar ... dan saya memprediksi bahwa keterbatasan kekurangan akan bertahan hingga 2023," kata Chief Executive Intel Pat Gelsinger.

Persoalan kekurangan chip global merupakan masalah yang terjadi di seluruh rantai pasok di seluruh dunia pada 2020 dan 2021.

Kekurangan massal ini mengakibatkan terlalu banyak penundaan dalam industri teknologi dan otomotif, yang sangat bergantung pada chip ini sebagai komponen penting dari produk masing-masing.

Bahkan raksasa elektronik konsumen Apple terpengaruh, menderita berbagai masalah seperti penundaan manufaktur dan pengiriman smartphone.


Kesepakatan yang Dibuat pada Waktu yang Tepat

Bendera Malaysia (AFP PHOTO)
Bendera Malaysia (AFP PHOTO)

Kementerian Perdagangan dan Industri Internasional Malaysia (MITI) juga menambahkan bahwa kesepakatan itu dibuat pada waktu yang tepat.

"Usaha ini memang tepat waktu mengingat permintaan global yang bullish didorong oleh kekurangan chip dan tantangan potensial yang timbul dari pemulihan pandemi secara global," kata Mohamed Azmin Ali,Menteri Perdagangan dan Industri Internasional Malaysia.

Pabrik Malaysia mungkin juga bertindak sebagai tusukan halus di Taiwan,setelah pendiri Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC) mengatakan bahwa Gelsinger tidak punya 'waktu' untuk membawa Intel ke puncak, mengingat seberapa dekat dia dengan usia pensiun.

Industri perakitan chip Malaysia bernilai lebih dari US $ 20 miliar,mengendalikan lebih dari sepersepuluh dari perdagangan semikonduktor global.

Jangan berharap fasilitas itu akan segera beroperasi dalam waktu dekat. Hal-hal ini – seperti semua investasi mahal – membutuhkan waktu, dengan produksi diperkirakan akan dimulai pada tahun 2024.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya