Satu Tersangka Penusukan di 13 Lokasi Kanada Ditemukan Tewas, Saudaranya Buron

Polisi Kanada mengatakan bahwa salah satu dari dua tersangka penusukan massal pada Minggu 4 September 2022 di Saskatchewan telah ditemukan tewas.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 06 Sep 2022, 07:33 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2022, 07:33 WIB
Kanada diguncang oleh beberapa penusukan mematikan di Saskatchewan. (RCMP Saskatchewan)
Kanada diguncang oleh beberapa penusukan mematikan di Saskatchewan. (RCMP Saskatchewan)

Liputan6.com, Regina - Polisi Kanada mengatakan bahwa salah satu dari dua tersangka penusukan massal pada Minggu 4 September 2022 di Saskatchewan telah ditemukan tewas.

"Jasad Damien Sanderson yang diidentifikasi berusia 31 tahun ditemukan di James Smith Cree Nation, rumah bagi banyak korban," kata polisi Kanada seperti dikutip dari BBC, Selasa (6/9/2022).

Kedua tersangka bersaudara dan polisi mengatakan Myles Sanderson masih buron. Ia diyakini berada di Kota Regina.

Pada hari Minggu, 10 orang ditikam sampai mati di 13 lokasi di Kanada. Ini merupakan salah satu tindakan kekerasan terburuk dalam sejarah Kanada baru-baru ini.

Serangan - yang menyebabkan 18 orang lainnya terluka - terjadi di daerah terpencil Saskatchewan.

Di kota Regina, tempat para tersangka terakhir terlihat, keluarga berduka dan masyarakat gelisah.

Asisten Komisaris Polisi Rhonda Blackmore mengatakan pada konferensi pers bahwa "tubuh Damien terletak di luar ruangan di daerah berumput lebat di dekat sebuah rumah yang sedang diperiksa" oleh pihak berwenang.

Blackmore mengatakan tubuh Damien ditemukan dengan "luka yang terlihat" dan mereka "tidak diyakini melakukan tindakan sendiri pada saat ini".

Polisi mengatakan Myles masih buron dan mereka telah mendorong masyarakat untuk tetap waspada.

Tersangka penusukan berusia 30 tahun itu mungkin juga menderita luka-luka dan polisi telah memperingatkan masyarakat bahwa dia mungkin mencari bantuan medis.

Myles, yang sebelumnya dikenal polisi, digambarkan memiliki "catatan kriminal yang luas dan panjang" sejak beberapa tahun yang lalu untuk kejahatan terhadap individu dan properti.

Pembunuhan itu telah mengguncang provinsi padang rumput Saskatchewan yang biasanya damai, dengan polisi menyelidiki 13 TKP terpisah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Duka hingga Kronologi Singkat

ilustrasi bendera Kanada.
ilustrasi bendera Kanada. (iStockphoto)

PM Justin Trudeau Berduka

"Kekerasan semacam ini, atau kekerasan apa pun tidak memiliki tempat di negara kita," kata Perdana Menteri Justin Trudeau, Senin 5 September

Dia mengatakan bahwa "tragedi seperti ini telah menjadi terlalu biasa" - menambahkan bahwa Saskatchewanians dan Kanada akan ada untuk satu sama lain di "saat-saat kesulitan dan penderitaan".

Banyak dari korban adalah penduduk James Smith Cree Nation yang terpencil, rumah bagi sekitar 2.000 orang - membuat anggota masyarakat adat Kanada sangat terguncang. Keadaan darurat diumumkan di Saskatchewan

Kronologi

05:40 - waktu setempat pada 4 September (11:40 GMT) - polisi menerima panggilan pertama tentang penusukan di James Smith Cree Nation. Lebih banyak panggilan mulai masuk dalam beberapa menit

07:12 - polisi memberitahu masyarakat untuk segera mencari perlindungan dan mengeluarkan Dangerous Persons Alert (Peringatan Orang Berbahaya)

07:57 - polisi mengungkapkan nama, deskripsi, dan gambar kedua tersangka

08:20 - Peringatan Orang Berbahaya diperluas ke seluruh provinsi Saskatchewan

11:25 - pencarian tersangka diperluas ke provinsi tetangga Manitoba dan Alberta

12:07 - polisi memberi tahu publik bahwa kendaraan tersangka telah terlihat di Regina, ibu kota provinsi


Penikaman di SMA North Carolina AS, 1 Siswa Tewas

Ilustrasi Penusukan
Ilustrasi Penusukan (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Sebelumnya penikaman terjadi di sebuah sekolah menengah di North Carolina (Carolina Utara), AS.

Seorang siswa tewas dan dua lainnya luka-luka setelah serangan penusukan pada Kamis 1 September 2022 di sebuah sekolah menengah di Jacksonville, North Carolina.

Polisi Jacksonville mengatakan seorang petugas sumber daya siswa di Northside High School meminta bantuan sekitar pukul 07.00 pagi, setelah pertengkaran fisik antara siswa terjadi di dalam salah satu area umum sekolah.

Dua siswa ditikam dan dibawa ke rumah sakit setempat untuk perawatan darurat, di mana satu meninggal karena luka-luka mereka. Kedua siswa tersebut masih di bawah umur dan identitas mereka tidak akan dirilis.

"Petugas keamanan sekolah yang berada di kampus dengan cepat datang ke tempat kejadian, dengan petugas pertama tiba dalam waktu 20 detik dan dia dapat menahan seseorang," kata Kepala Polisi Jacksonville, Mike Yaniero dalam konferensi pers seperti dikutip dari CNN, Jumat (2/9/2022).

Seorang guru diyakini terluka dalam insiden itu, tetapi bukan karena ditikam, dan mendapat perawatan medis di tempat kejadian, menurut Yaniero. Dia tidak mengungkapkan sifat cedera guru itu tetapi mengatakan tidak ada orang lain yang diyakini terluka.

Tak diketahui senjata jenis apa yang digunakan, hanya disebutkan itu adalah insiden penusukan.

Sementara itu kegiatan di sekolah masih aktif dan penyelidikan sedang berlangsung, kata Yaniero, menambahkan bahwa sanksi akan diberikan terkait insiden tersebut.

"Saya telah berbicara dengan Kepala Polisi Jacksonville Yaniero dan menawarkan bantuan negara untuk membantu setelah tragedi ini," kata Gubernur North Carolina Roy Cooper di Facebook. "Doa kami bersama semua siswa, pendidik, keluarga, dan masyarakat."

  


Tragedi Penikaman 10 Orang di Iran, Pelaku Diduga Idap Gangguan Jiwa

Ilustrasi Penusukan
Ilustrasi Penusukan (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Penikaman juga pernah terjadi di Iran, 10 buruh tani dilaporkan tewas.

"Polisi di Iran menangkap seorang pria Afghanistan yang diduga menikam 10 buruh tani lainnya hingga tewas menyusul pertengkaran soal tanah," media pemerintah Iran melaporkan Senin (8/8/2022) seperti dikutip dari AP.

Kerusuhan di sebuah desa terpencil di tenggara Iran adalah insiden yang jarang terjadi di Republik Islam tersebut. Kantor berita resmi IRNA mengatakan empat warga Iran dan enam warga Afghanistan tewas, dan satu pekerja pertanian terluka dalam amukan pada hari Minggu. Seluruhnya berada di rumah sakit.

Menurut laporan, tersangka penusukan mengalami gangguan jiwa.

Kekeringan selama beberapa dekade di Iran telah menyebabkan meningkatnya perselisihan atas sumber daya air dan tanah dengan akses air yang lebih baik. Senapan berburu adalah satu-satunya senjata yang diizinkan untuk dimiliki secara legal oleh orang Iran.

Tindakan kekerasan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir di Iran karena kondisi ekonomi negara itu memburuk di tengah penghancuran sanksi Amerika, yang membantu memicu melonjaknya inflasi dan meningkatnya pengangguran.

Pada bulan Mei, seorang karyawan yang dipecat dari salah satu konglomerat keuangan milik negara terbesar Iran mengamuk di bekas tempat kerjanya di Iran barat, menewaskan tiga orang dan melukai lima orang sebelum menembak dirinya sendiri.

Pada 2016, seorang pria berusia 26 tahun menembak mati 10 kerabat dan melukai empat lainnya. 

Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker
Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya