Total Sumbangan 2 Tokoh Dunia yang Kaya Raya dan Dermawan Ini Hampir Setengah Kekayaannya, Ada yang Sampai Rp736,2 T

Dua tokoh ini terkenal sukses dan kaya raya, tetapi juga dermawan, terbukti dari total sumbangan seumur hidupnya yang melebihi setengah dari kekayaannya sendiri.

oleh Yasmina Shofa Az Zahra diperbarui 14 Mei 2023, 19:10 WIB
Diterbitkan 14 Mei 2023, 19:10 WIB
Bill Gates
Bill Gates (AP)

Liputan6.com, Jakarta - Besar kekayaannya, besar pula yang didonasikannya. Ini tak hanya dilakukan oleh Aisyah, wanita asal Surabaya, yang baru-baru ini viral.

Aisyah disebut mewakafkan hotel miliknya untuk jadi sekolah karena bosan punya banyak uang. Wanita itu juga meyakini, dengan semakin sering bersedekah, ia akan semakin bahagia.

Mungkin, alasan yang sama juga dimiliki oleh beberapa tokoh ini.

Tapi yang pasti, saking banyaknya harta yang didonasikan kedua orang berikut, jumlahnya mungkin melebihi seluruh pendapatan yang bisa dihasilkan pekerja biasa seumur hidupnya.

Berikut ini, melansir beberapa sumber, Minggu (9/5/2023), dua tokoh dunia yang jumlah donasinya diakui sangat besar: 

1. Bill Gates: Total Donasi Lebih Rp736,2 T

Bill Gates. (Ludovic Marin/Pool Photo via AP, File)

Daftar teratas The Chronicle of Philanthropy adalah Bill Gates, yang memberikan $5 miliar kepada Bill & Melinda Gates Foundation.

Jika dirupiahkan, sumbangan sang pendiri Microsoft ini senilai 73,6 triliun rupiah.

Melansir ABC, donasi itu ia tujukan untuk mendukung pekerjaan di bidang kesehatan global, pembangunan, kebijakan dan advokasi, serta pendidikan AS. 

Jumlah tersebut bukanlah hal besar baginya. Bagaimana tidak? Kekayaan bersihnya bahkan diperkirakan mencapai $104 miliar, atau setara 1,5 kuadriliun rupiah.

Donasi terbesarnya di tahun 2022 ini akan jauh lebih banyak jika ditotalkan dengan seluruh donasi yang ia berikan semasa hidupnya.

Forbes menyebut bahwa total kekayaan yang didonasikan Gates dan istrinya telah mencapai lebih dari 50 miliar dolar (Rp736,2 T), sejak 1994.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Warren Buffet: Total Donasi Mencapai Rp706,8 T

Miliarder atau Orang Terkaya Dunia Warren Buffet. Foto: AFP
Miliarder atau Orang Terkaya Dunia Warren Buffet. Foto: AFP

Tahun 2022 lalu, investor legendaris dan filantropis top dunia ini telah menyumbangkan lagi saham konglomeratnya Berkshire Hathaway yang bernilai $4 miliar, setara Rp58,9 T.

Sumbangannya itu ia berikan dengan maksud sebagai hadiah musim panas tahunannya yang ke-17.

Melansir Forbes, donasi besar itu mengalahkan rekor terdahulunya, dan total sumbangan seumur hidupnya mencapai rekor baru yaitu 48 miliar dolar, atau setara 706,8 triliun rupiah.

Penerima sumbangan saham itu adalah lima yayasan yang sama dengan yang selalu ia berikan setiap tahunnya sejak 2006.

Daftar orang terkaya versi Forbes untuk Maret tahun ini mencantumkan nama Buffet di urutan ke-6.

Kekayaannya disebut mencapai $100,2 miliar (Rp1,4 kuadriliun) per perkiraan Forbes.

Investor berusia 91 tahun itu mengatakan bahwa saham yang dimilikinya di tahun 2022 adalah sebanyak 229.016 saham Kelas A Berkshire (bernilai Rp1,4 kuadriliun), yang artinya ia telah menyumbangkan lebih dari setengah dari 474.998 saham yang semula ia miliki pada Juni 2006.


5 Fakta Heboh Siti Aisyah, Wanita di Surabaya Wakafkan Hotel, Merasa Lebih Bahagia hingga Bosan Punya Banyak Uang

Wanita asal Surabaya, Jawa Timur yang bernama Siti Aisyah menjadi sorotan lantaran memutuskan untuk wakaf hotel miliknya untuk dijadikan sekolah.
Wanita asal Surabaya, Jawa Timur yang bernama Siti Aisyah menjadi sorotan lantaran memutuskan untuk wakaf hotel miliknya untuk dijadikan sekolah. (YouTube Cinta Quran TV)

Sosok Aisyah yang disebutkan pada awal berita adalah seorang wanita asal Surabaya juga sempat hebohkan jagat maya karena wakafkan hotel untuk dijadikan sekolah.

Belum lama ini wanita asal Surabaya, Jawa Timur yang bernama Siti Aisyah menjadi sorotan. Bagaimana tidak, ia memutuskan untuk wakaf hotel miliknya untuk dijadikan sekolah.

Siti Aisyah yang juga penasehat Vanilla Hijab mengaku telah mewakafkan hotel milik sang ibunda di Surabaya kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan kini telah dijadikan sekolah.

"Hotelnya diwakafkan juga ustaz. Sudah, mangkanya saya bilang, saya ini belum apa-apanya dibandingkan dengan ibu saya. Sekarang jadi sekolah Khadijah plus, ibu Khofifah yang nerima," ujar Aisyah dalam video yang diunggah dalam laman YouTube Cinta Quran TV, ditulis Selasa (9/5/2023).

Aisyah sendiri juga merupakan pemilik resto Pecel Pincuk Surabaya. Aisyah meyakini suatu teori kehidupan. Menurutnya, dengan bersedekah dan rajin wakaf akan membuat hidup semakin bahagia pula.

Baca selengkapnya di sini...

 


25 Miliarder Filantropis Sumbang Rp 2.900 Triliun, Siapa Paling Dermawan?

Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Tokoh-tokoh sebelumnya hanyalah sebagian kecil dari para figur dermawan yang dikenal banyak orang karena sumbangannya yang tak terkira. 

Meski kekayaan anjlok, tidak sedikit miliarder yang masih berbuat baik menyumbangkan hartanya untuk beramal kepada yang membutuhkan. Dari 25 negara pemberi terbesar, totalnya mencapai USD 196 miliar atau sekitar Rp 2.900 triliun atau Rp 2,9 kuadriliun terhitung sampai 2022. Lantas, siapa saja miliarder filantropis tersebut?

Nominal itu menunjukkan kenaikan dari USD 169 miliar setahun yang lalu. Sebagian besar karena pemberian berkelanjutan oleh para donatur besar dan beberapa informasi baru. Lonjakan sekitar USD 27 miliar pada tahun lalu benar-benar melampaui keuntungan sampai USD 20 miliar yang terukur dalam dua tahun sebelumnya dan lebih dari dua kali lipat jumlah yang diberikan oleh 25 orang teratas pada tahun 2018.

Adapun 25 orang dermawan ini secara kolektif bernilai USD 936 miliar, sebetulnya USD 164 miliar lebih rendah dari tahun lalu, turun 15 persen. 

Baca selengkapnya di sini...

Infografis Ragam Tanggapan Erick Thohir Terpilih Ketum PSSI 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ragam Tanggapan Erick Thohir Terpilih Ketum PSSI 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya