Tragis, 16.000 Lansia Korea Selatan Meninggal Saat Menanti Reuni dengan Keluarganya di Korea Utara

Korea Selatan dan Korea Utara terakhir kali menggelar acara reuni keluarga pada tahun 2018.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 14 Jun 2023, 10:01 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2023, 10:01 WIB
Bendera Korea Utara dan Korea Selatan berkibar berdampingan - AFP
Bendera Korea Utara dan Korea Selatan berkibar berdampingan - AFP

Liputan6.com, Seoul - Diperkirakan sekitar 16.000 lansia Korea Selatan meninggal selama lima tahun terakhir di tengah penantian panjang untuk reuni dengan anggota keluarga mereka di Korea Utara, yang terpisah akibat Perang Korea 1950-1953.

Data yang disebut berasal dari Kementerian Unifikasi itu diungkapkan oleh politikus Korea Selatan dari Partai Demokrat, yang merupakan oposisi utama, Yang Kyung Sook pada Minggu (11/6/2023).

Seperti dilansir kantor berita Yonhap, Rabu (14/6), acara reuni keluarga terakhir diadakan pada tahun 2018.

Sejak tahun 2000, kedua Korea telah mengadakan 21 acara reuni, namun kegiatan itu ditangguhkan menyusul hubungan yang membeku pasca KTT tanpa kesepakatan antara Korea Utara dan Amerika Serikat (AS) di Hanoi pada tahun 2019.

Hingga akhir Mei 2023, dari 133.680 pemohon yang telah mendaftar untuk reuni keluarga, sebanyak 92.534 orang telah meninggal atau terhitung 69,2 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Reuni Keluarga Adalah Persoalan Mendesak

Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik Usai Dimulainya Latihan Militer AS - Korea Selatan
Layar TV memperlihatkan gambar file pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat program berita di Stasiun Kereta Api Seoul, Seoul, Korea Selatan, Selasa (14/3/2023). Korea Utara melakukan uji coba menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke arah perairan timurnya pada hari Selasa dalam unjuk kekuatan kedua Pyongyang minggu ini, sehari setelah dimulainya latihan militer AS-Korea Selatan yang dipandang Korea Utara sebagai latihan invasi. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Isu keluarga yang terpisah akibat perseteruan dua Korea menjadi semakin mendesak lantaran semakin banyak lansia yang meninggal tanpa memiliki kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang mereka cintai di Korea Utara.

Untuk itu, Yang Kyung Sook menekankan perlunya memprioritaskan identifikasi apakah sanak keluarga di Korea Utara masih hidup dan mengonfirmasi alamat mereka melalui pembicaraan dengan Pyongyang.

"Kedua Korea harus melakukan upaya sesegera mungkin untuk menyelenggarakan acara reuni keluarga yang terpisah berdasarkan rasa kemanusiaan," imbuhnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya