Profil Robert Budi Hartono, Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes Real Time Billionaires

Nama Robert Budi Hartono baru saja dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia versi Forbes Real Time Billionaires.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 06 Jul 2023, 15:02 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2023, 15:02 WIB
[Bintang] 6 Publik Figur Indonesia yang Ternyata Alumni Undip
Robert Budi Hartono (Via: forbes.com)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Robert Budi Hartono baru saja dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia versi Forbes Real Time Billionaires.

Dengan bisnis di industri perbankan dan rokok yang dijalankannya, Forbes mencatat Robert Budi Hartono telah mengantongi kekayaan bersih sebesar USD 26,2 miliar atau setara Rp. 394,8 triliun.

Lantas siapa Robert Budi Hartono?

Robert Budi Hartono adalah seorang pengusaha kelahiran Semarang, Jawa Tengah tahun 1941. Pria berusia 82 tahun ini punya saudara bernama Michael Bambang Hartono dan mendapatkan sebagian besar kekayaan mereka dari investasi mereka di PT Bank Central Asia Tbk atau BCA.

Keluarga Hartono membeli saham BCA, setelah keluarga kaya lainnya yaitu Salim, ketika kehilangan kendali di BCA selama krisis ekonomi Asia pada medio 1997-1998.

Keluarga tersebut pertama kali mengumpulkan kekayaan di bisnis tembakau dan masih menjadi salah satu pembuat rokok kretek terbesar di Indonesia, Djarum yag didirikan oleh Oei Wie Gwan.

Dalam IPO terbesar kedua di Indonesia tahun 2022, R. Budi Hartono dan Michael Hartono mendaftarkan Global Digital Niaga, yang memiliki raksasa e-commerce Blibli, mengumpulkan keuntungan hingga USD 510 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


10 Daftar Orang Kaya di Indonesia Selengkapnya

Secara simbolis, bantuan diberikan oleh CEO dan pendiri Bayan Resources, Dato Dr Low Tuck Kwong kepada Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Grahan BNPB, Jakarta. (Istimewa)
Secara simbolis, bantuan diberikan oleh CEO dan pendiri Bayan Resources, Dato Dr Low Tuck Kwong kepada Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Grahan BNPB, Jakarta. (Istimewa)

Daftar 10 Orang Terkaya di IndonesiaBerikut daftar orang terkaya di Indonesia:

1. R. Budi Hartono

R. Budi Hartono di Forbes tercatat memiliki kekayaan USD 26,1 miliar atau setara dengan Rp 392,9 triliun. Kekayaannya bersumber dari bisnis Perbankan dan Tembakau.

2. Michael Hartono

Michael Hartono memiliki kekayaan USD 25 miliar atau Rp 376,3 triliun. Sama seperti Robert, kekayaan Michael juga bersumber dari bisnis perbankan dan tembakau.

3. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong dengan nilai kekayaan mencapai USD 22 miliar atau Rp 331,1 triliun. Dirinya memiliki sumber kekayaan dari bisnis batu bara yang dia miliki.

4. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia di Forbes memiliki kekayaann USD 7,2 miliar atau setara dengan Rp 108,3 triliun. Adapun sumber kakayaannya berasal dari bisnis Petrochemicals.

 


10 Daftar Orang Kaya di Indonesia Selengkapnya

Dirut Pertamina Mundur, Chairul Tanjung Angkat Bicara
Konferensi pers ini guna mengklarifikasi sejumlah pemberitaan mengenai pengunduran diri Karen Agustiawan sebagai Direktur Utama PT Pertamina. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

5. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu tercatat memiliki harta kekayaan mencapai USD 5,9 miliar atau setara dengan Rp 87,3 triliun. Kekayaannya bersumbe dari bisnis Petrochemicals.

6. Chairul Tanjung

Posisi ke-6 orang terkaya di Indonesia saat ini diduduki oleh pemilik CT Corp, Chairul Tanjung. Saat ini dirinya tercatat masih memiliki harta kekayaan sebanyak USD 5 miliar atau setara dengan Rp 75,2 triliun.

7. Tahir dan Keluarga

Harta kekayaan keluarga Tahir mencapai USD 4,4 miliar atau setara dengan Rp 66,2 triliun. Forbes mencatat harta kekayaan Tahir dan keluarga juga naik USD 147 miliar.

 


10 Daftar Orang Kaya di Indonesia Selengkapnya

Pendiri sekaligus pemilik jaringan ritel Alfamart Djoko Susanto ikut tax amnesty. (Liputan6.com/Fiki Ariyanti)
Pendiri sekaligus pemilik jaringan ritel Alfamart Djoko Susanto ikut tax amnesty. (Liputan6.com/Fiki Ariyanti)

8. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Lim Hariyanto tercatat memiliki harta kekayaan senilai USD 4,2 miliar atau setara dengan Rp 63,2 triliun. Dumber kekayaan Lim berasal dari bisnis tambang Nikel dan minyak sawit.

9. Djoko Susanto

Djoko Susanto yang juga sebagai pemilik Alfamart ini berada di peringkat ke-9 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan harta kekayaan mencapai USD 4 miliar atau setara dengan Rp 60,2 triliun.

10. Dewi Kam

Dewi Kam tercatat memiliki harta kekayaan sebesar USD 3,6 miliar atau setara dengan Rp 54,1 triliun. Sumbe kakayaan Dewi Kam berasal dari bisnis tambang batu bara.

Banner Infografis Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2018
Banner Infografis Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2018. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya