Korea Utara Tembakkan 2 Rudal Balistik Usai Kapal Selam Tenaga Nuklir AS Tiba di Korea Selatan

Militer AS menyatakan bahwa peluncuran rudal balistik terbaru Korea Utara tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap personel dan wilayah AS atau sekutu.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 25 Jul 2023, 17:01 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2023, 17:01 WIB
Korut Kembali Lakukan Uji Coba Rudal
Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke laut timurnya, demikian ungkap militer Korea Selatan pada hari Selasa. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara menembakkan dua rudal balistik ke laut lepas pantai timurnya pada Senin (24/7/2023) malam, beberapa jam setelah kapal selam tenaga nuklir Amerika Serikat (AS) tiba di pangkalan Angkatan Laut Korea Selatan.

Kementerian Pertahanan Jepang juga melaporkan peluncuran dua rudal balistik Korea Utara, yang keduanya jatuh di luar zona ekonomi eksklusifnya.

Peluncuran tersebut dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea. Korea Selatan dan AS telah mengambil langkah untuk meningkatkan kesiapan militer mereka terhadap program senjata Korea Utara dengan mengerahkan aset militer strategis AS.

Korea Utara merespons langkah tersebut dengan marah. Pyongyang mengatakan itu dapat memenuhi kriteria penggunaan senjata nuklirnya.

Militer AS menyatakan bahwa peluncuran terbaru tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap personel dan wilayah AS atau sekutu. Demikian seperti dilansir CNA, Selasa (25/7/2023).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rentetan Rudal Korea Utara

Korut Kembali Lakukan Uji Coba Rudal
Sebuah layar TV menunjukkan gambar file peluncuran rudal Korea Utara selama program berita di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (25/7/2023). (AP Photo/Ahn Young-joon)

Sebelumnya pada Senin, kapal selam tenaga nuklir AS memasuki pangkalan angkatan laut di Pulau Jeju untuk memuat pasokan militer sementara dalam misi operasional yang tidak ditentukan. Demikian pernyataan Angkatan Laut Korea Selatan.

Selama akhir pekan, Korea Utara menembakkan rentetan rudal jelajah ke laut lepas pantai baratnya.

Pekan lalu, Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik, setelah kapal selam AS bersenjata nuklir tiba di pelabuhan Korea Selatan untuk pertama kalinya sejak 1980-an.

Infografis Uji Rudal Terbaru Korea Utara
Infografis Uji Rudal Terbaru Korea Utara
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya