Bentuk Tubuh Ternyata Bisa Kuak Kepribadian, Sosok Artistik hingga Petualang

William Herbert Sheldon menghubungkan tipe tubuh dengan ciri kepribadian seseorang. Dalam hal ini dibagi menjadi tiga macam bentuk tubuh beserta penjelasan kepribadiannya, apa saja?

oleh Erina Putri diperbarui 23 Agu 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2023, 21:00 WIB
Kepribadian dari bentuk badan
Kepribadian dari bentuk badan. (Dok: Jagranjosh.com)

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini, kita tahu penelitian telah mengungkap bahwa ada tes kepribadian berdasarkan ciri-ciri tubuh atau cara kita duduk, berdiri, berjalan, berbicara, makan, bahkan melipat tangan. Hal itu membantu menguraikan ciri kepribadian seseorang.

Tak jauh berbeda, dalam informasi yang dirangum dari Jagran Josh, Rabu (23/8/2023) ini, kita akan menjelajahi Teori Kepribadian Sheldon yang terkait dengan berbagai tipe tubuh untuk mengeksplorasi ciri kepribadian dan tipe temperamen manusia.

Pada tahun 1940-an, William Herbert Sheldon menghubungkan tipe tubuh dengan ciri kepribadian seseorang. Ia mengkategorikan setiap bentuk tubuh sebagai somatotype dan merangkum ciri fisik dan psikologis mereka.

Dalam hal ini dibagi menjadi tiga macam bentuk tubuh beserta penjelasan kepribadiannya, apa saja? Mari simak di bawah ini:


1. Ciri Kepribadian Ectomorph

Kepribadian dari bentuk badan
Kepribadian dari bentuk badan. (Dok: Jagranjosh.com)

Jika tipe tubuh seseorang adalah Ectomorph, Sheldon menyatakan bahwa tipe tubuh mereka dicirikan sebagai kurus dan biasanya tinggi. Mereka memiliki bahu sempit, wajah kecil, dan dada sempit namun kaki dan lengan yang kurus.

Mereka mungkin makan dengan sehat dan dalam jumlah yang baik, namun tampaknya tidak pernah gemuk. Orang dengan tipe tubuh ini biasanya introvert, lembut, tenang, cerdas, tetapi sangat sadar diri.

Mereka juga bisa merasa cemas kadang-kadang dalam lingkungan sosial. Mereka adalah orang yang sangat tertutup dan cenderung menyendiri. Biasanya kesulitan berinteraksi dengan orang lain, pendiam, pemikir, dan artistik.


2. Ciri Kepribadian Mesomorph

Kepribadian dari bentuk badan
Kepribadian dari bentuk badan. (Dok: Jagranjosh.com)

Jika tipe tubuh seseorang adalah Mesomorph, Sheldon menyatakan bahwa tipe tubuh mereka biasanya diinginkan dan menarik. Mereka memiliki kepala besar, bahu lebar dengan pinggang yang sempit.

Bentuk tubuh berotot dengan lengan dan kaki yang kuat dan menarik. Mereka biasanya memiliki sedikit lemak di tubuh, bahkan jika ada hanya menambah pesona.

Orang dengan tipe tubuh seperti ini biasanya berolahraga untuk menjaga bentuk tubuh mereka, cenderung berani dan petualang.

Mereka juga tegas dan tidak takut menghadapi tantangan baru atau mencoba hal-hal baru, punya sifat kompetitif. Mungkin secara rahasia atau terbuka menginginkan kekuasaan, cukup dominan juga.

Mereka menyukai sensasi mengambil risiko dan meraih peluang dalam hidup.

 


3. Ciri Kepribadian Endomorph

Kepribadian dari bentuk badan
Kepribadian dari bentuk badan. (Dok: Jagranjosh.com)

Jika tipe tubuh seseorang adalah Endomorph, Sheldon menyatakan bahwa tipe tubuh ini berbentuk bulat dengan pinggul lebar dan bahu sempit. Kita biasa mengenalnya dengan tubuh berbentuk pir.

Mereka biasanya memiliki lemak di lengan dan paha namun pergelangan tangan dan pergelangan kaki yang kurus.

Kepribadian mereka terlihat ramah, nyaman, toleran, dan santai. Suka bersenang-senang dan stabil suasana hatinya. Biasanya mereka memiliki rasa humor yang baik, suka makan banyak.

Namun mereka memiliki kebutuhan yang besar akan kasih sayang.


Kepribadian dari Warna Mata

Kepribadian dari Warna Mata
Kepribadian dari Warna Mata. (Dok: Jagranjosh.com)

Tak hanya bentuk tubuh, bagian tubuh lainnya juga dapat memberikan cerita tersendiri soal kepribadina Anda.

Tahukah Anda bahwa ada tes kepribadian berdasarkan warna mata?

Dalam tes kepribadian, kita dibuat menjelajahi sifat-sifat kepribadian yang akan terungkap misalnya berdasarkan golongan darah, bahasa cinta, angka favorit, warna favorit, bentuk hidung, bentuk kaki, panjang jari, posisi berdiri, posisi tidur, posisi duduk, kopi favorit, gaya berjalan, dan masih banyak lagi.

Di pembahasan yang dirangkum dari Jagran Josh, Rabu (2/8/2023), akan ada tes kepribadian lain yang mengungkapkan sifat-sifat kepribadian, tingkat kecerdasan (IQ), dan kecerdasan emosional berdasarkan warna mata Anda.

Berikut ini ulasannya: 

Baca selengkapnya di sini...


Kepribadian dari Bentuk Rambut

Kepribadian Dari Cara Membelah Rambut
Kepribadian Dari Cara Membelah Rambut. (Dok: Jagranjosh.com)

Selain bentuk tubuh dan warna mata, ada juga bagian tubuh lain yang dapat menyajikan informasi tentang kepribadian Anda yang tak kalah menarik!

Anda menyisir rambut ke arah kiri atau kanan? Jika tidak keduanya, masih banyak arah dan posisi rambut yang mungkin disukai oleh kebanyakan orang.

Menyisir posisi rambut dan menciptakan belahan rambut adalah salah satu keunikan yang dilakukan oleh manusia, mau dia laki-laki atau perempuan.

Saat menyisir rambut, kita tak hanya merapikannya. Tetapi juga mampu menyesuaikan gaya masing-masing.

Namun, tahukah Anda bahwa ada makna di balik setiap cara yang dilakukan dan ditunjukkan dari perilaku manusia. Dalam tes kepribadian, merangkum dari Jagran Josh, Selasa (8/8/2023), kenalilah diri sendiri yang sebenarnya lewat cara Anda  merapikan rambut: 

Baca selengkapnya di sini...

Bahaya Sampah Plastik di Laut
Infografis bahaya sampah plastik di laut. (dok. TKN PSL)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya