Daftar Negara di Dunia dengan Harga Minuman Kopi Termahal dan Termurah, Cocok untuk Mahasiswa

Kopi adalah sahabat mahasiswa saat mengerjakan tugas, tetapi sering kali dianggap mahal. Berikut 10 negara di dunia dengan harga kopi termurah yang ramah di kantong mahasiswa dan 3 negara pemilik harga minuman kopi termahal.

oleh Najma Ramadhanya diperbarui 28 Jul 2024, 18:39 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 18:39 WIB
Ilustrasi kopi kafe
Ilustrasi kopi kafe /Copyright unsplash/Emre

Liputan6.com, Jakarta - Budaya minum kopi merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Bagi mahasiswa yang berusaha menjalani hari, minum kopi disebut-sebut merupakan bagian penting dari konsumsi mereka sehari-hari.

Aroma yang kaya dan efek stimulasi dari kafein menjadikan kopi dorongan yang hebat bagi pikiran dan tubuh yang lelah. Anda mungkin memulai hari dengan secangkir kopi untuk meningkatkan energi dan mengambil secangkir lagi saat sedang berjam-jam di perpustakaan.

Pada titik tertentu, kopi bukan hanya sekadar preferensi, itu merupakan kebutuhan yang membantu Anda memenuhi tenggat waktu dan mencapai tujuan akademis Anda.

Namun, minum lebih banyak kopi juga berarti menghabiskan lebih banyak uang. Dan ini bisa menguras baik secara fisik maupun finansial.

Selain efek samping seperti kelelahan akibat kafein dan berbagai masalah dari minum terlalu banyak espresso, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa harga kopi telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Dulu harganya sekitar $2 atau Rp32.000 per cangkir, kini mungkin mendekati $4 atau Rp64.000 yang dua kali lipat biaya kopi harian Anda sehingga menguras dompet Anda.

Di beberapa negara, kenaikan harga bahkan mencapai tingkat yang sangat tinggi. Di mana saja negara dengan minuman kopi termahal di dunia?

Berikut ini negara dengan harga kopi per cangkir termahal seperti dikutip dari studyinternational.com, Minggu (28/7/2024):

1. Denmark

Rata-rata secangkir kopi di Denmark berharga $5.40 atau Rp88 ribu.

Biaya hidup di Denmark merupakan salah satu yang tertinggi di Eropa, dan kopi menjadi bagian dari biaya hidup tersebut.

Namun, meskipun memiliki populasi kurang dari enam juta orang dan harga kopi yang sangat mahal, Denmark secara konsisten menduduki peringkat lima besar negara dengan konsumsi kopi terbanyak di dunia, dengan rata-rata orang Denmark minum 19 pon kopi setiap tahun, atau sekitar 430 cangkir per tahun.

2. Swiss

Rata-rata secangkir kopi di Swiss berharga $5 atau sekitar Rp81ribu.

Biaya hidup di Swiss, termasuk makanan dan minuman, terus meningkat, memberikan tekanan finansial lebih bagi mahasiswa yang membutuhkan dosis kafein harian mereka.

Budaya minum kopi di Swiss berputar di sekitar minuman berbasis espresso dan susu, termasuk kaffee-crème, kopi panjang yang ditarik dari mesin espresso. Orang Swiss minum antara dua hingga lima cangkir kopi setiap hari.

3. AS

Rata-rata secangkir kopi di AS berharga $4.69 atau sekitar Rp76.000

Harga ini telah meningkat selama bertahun-tahun karena faktor-faktor seperti biaya tenaga kerja yang meningkat, harga biji kopi yang meningkat, dan popularitas minuman kopi yang terus meningkat.

Rata-rata orang Amerika minum 27.944 cangkir kopi seumur hidup mereka, menghabiskan sekitar $121.131 (Rp1,9 miliar) untuk itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Kopi yang Sering Menjadi Indikator Biaya Hidup

kopi susu
Ilustrasi kopi susu hangat/copyright freepik.com/stockking

Harga kopi sering kali menjadi indikator biaya hidup secara keseluruhan di suatu negara. Ketika harga secangkir kopi saja sedang tinggi, hal ini biasanya menunjukkan bahwa biaya hidup lainnya, seperti perumahan, transportasi, dan makanan, juga tinggi.

Sebagai mahasiswa internasional, biaya hidup yang tinggi di negara-negara ini dapat memengaruhi anggaran. Selain biaya kuliah, mahasiswa harus memperhitungkan pengeluaran harian seperti akomodasi, makanan, transportasi, dan barang-barang pribadi.

Statistik menunjukkan bahwa mahasiswa di kota-kota dengan biaya tinggi sering menghadapi tekanan finansial. Mahasiswa di Australia, negara dengan biaya hidup yang tinggi, menghabiskan rata-rata $1.171,69 atau Rp18,9 juta per bulan untuk biaya hidup, tidak termasuk biaya kuliah dan sewa.

Beban finansial ini dapat memengaruhi kinerja akademis dan kesejahteraan secara keseluruhan karena mahasiswa mungkin perlu menyeimbangkan pekerjaan paruh waktu dengan studi untuk menutupi pengeluaran mereka.

Untungnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menemukan kopi yang lebih murah saat belajar di luar negeri.

Misalnya, mahasiswa bisa membeli biji kopi dan pembuat kopi kecil, yang memungkinkan mereka menyeduh kopi sendiri dengan biaya yang lebih rendah. Banyak universitas menawarkan kopi dengan harga diskon di kafe kampus, memberikan alternatif yang lebih hemat biaya.

Para mahasiswa juga bisa mencari kedai kopi lokal yang menawarkan diskon untuk mahasiswa yang dapat membantu mengurangi pengeluaran mereka.

Sebagai alternatif, berikut negara-negara yang menawarkan kopi termurah di dunia.


Negara-negara yang Menawarkan Kopi Termurah di Dunia

Manfaat Minum Kopi
Ilustrasi Wanita Minum Kopi di Cafe / by freepik

1. Turki

Harga rata-rata secangkir kopi: $1,54 atau Rp25.000.

Kopi merupakan bagian besar dari kehidupan sosial di Turki dan memberikan banyak peluang untuk berinteraksi dengan teman, membangun jaringan, dan merasakan warisan budaya yang kaya di negara ini. Budaya dan tradisi kopi Turki bahkan ditambahkan ke Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda UNESCO pada tahun 2013, menandai kecintaan negara ini pada minuman yang dicintai ini dan kegiatan minum kopi.

Selain itu, biaya hidup di Turki jauh lebih rendah dibandingkan banyak negara Barat, menjadikannya tujuan yang bagus bagi mahasiswa internasional.

Jika Anda ingin melanjutkan studi di Turki, berikut universitas-universitas Turki:

  • Universitas Cankaya
  • Universitas Bogazici
  • Universitas Bilgi Istanbul

2. Italia

Harga rata-rata secangkir kopi: $1,54 atau sekitar Rp25.000.

Italia terkenal dengan budaya kopinya. Di sini, Anda bisa menuju ke bar yang mengutamakan menjual kopi. Bar-bar ini, yang juga dikenal sebagai kafe (caffé), menjual makanan ringan, kue-kue, dan minuman alkohol juga, tetapi fokus utamanya adalah kopi yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi Italia.

Budaya memesan di kasir, meminum kopi seperti shot sambil berdiri di dekat konter, dan menyelesaikan urusan di bar hanya memakan waktu kurang dari lima menit. Lebih baik lagi, hal ini tercermin dalam harganya juga, sehingga Anda bisa mendapatkan dorongan kafein dengan harga terjangkau.

Sementara itu, lihatlah universitas-universitas terbaik di Italia sambil menikmati budaya kopi mereka. Berikut ini rekomendasinya:

  • Universitas Padua
  • Universitas Bologna
  • Universitas Sapienza Roma

3. Brasil

Harga rata-rata secangkir kopi: $1,55 sekitar Rp25.000.

Salah satu tempat di mana Anda bisa mendapatkan secangkir kopi termurah di dunia adalah tempat di mana kopi menjadi darah kehidupan masyarakatnya. Contoh yang baik adalah Brasil, di mana 98% rumah tangga Brasil meminumnya, dengan cafezinho sebagai kopi andalan yang menjadi pilihan.

Budaya kopi Brasil tidak berkisar pada minuman kopi yang rumit seperti di budaya lain. Ada kekurangan mesin, bahan-bahan mewah, atau apa pun yang akan mencegah Anda menikmati secangkir kopi yang enak.

Universitas terbaik di Brasil untuk dikunjungi sambil menikmati kopi:

  • Universidade de Sao Paulo
  • Universidade Estadual de Campinas
  • Universidade Federal do Rio de Janeiro

4. Hungaria

Harga rata-rata secangkir kopi: $1,57 atau sekitar Rp25.500.

Budaya kopi di Hungaria baru benar-benar mulai berkembang pada pergantian abad ke-20, ketika kedai kopi menjadi tempat sosial penting dalam masyarakat dan sering dikunjungi oleh penulis, penyair, dan seniman. Lalu, pelanggan tetap ini akan ditawarkan "menu penulis" yang berupa roti, keju, dan daging dingin dengan harga diskon.

Saat ini, harga yang lebih rendah di negara ini memungkinkan Anda menikmati minuman berkafein favorit Anda tanpa mengeluarkan terlalu banyak uang. Ini berarti Anda dapat dengan nyaman menikmati istirahat kopi secara teratur.

Berikut ini rekomendasi universitas terbaik di Hungaria untuk belajar sambil menikmati suasana kopi mereka:

  • Universitas Eotvos Lorand
  • Universitas Semmelweis
  • Universitas Szeged

5. Bulgaria

Harga rata-rata secangkir kopi: US$1,57 atau sekitar Rp25.500

Bulgaria adalah surga bagi pecinta kopi, yang menawarkan beberapa kopi termurah di dunia. Bagi mahasiswa internasional, ini bukan hanya keuntungan tetapi juga kesempatan untuk menghemat uang. Dibandingkan dengan banyak negara lain di mana pengeluaran sehari-hari dapat dengan cepat bertambah, budaya kopi di Bulgaria memastikan bahwa Anda dapat menikmati minuman berkualitas tanpa melebihi anggaran mahasiswa.

Di sini, peminum kopi menuju ke pusat-pusat sosial kedai kopi, yang disebut kavarni. Minuman ikonik mereka adalah kombi atau kopi sachet three-in-one  (3 in 1)," yang menggabungkan kopi, gula, dan krim dalam satu paket.

Ini adalah universitas terbaik di Bulgaria:

  • Universitas Bulgaria Baru
  • Universitas Kedokteran Sofia
  • Universitas Kedokteran Plovdiv

6. Maroko

Ilustrasi Minum Kopi
Ilustrasi Minum Kopi (Photo created by rawpixel on Freepik)

Harga rata-rata secangkir kopi: $1,62 atau sekitar Rp26.000.

Seperti banyak negara lainnya, budaya kopi di Maroko berpusat untuk bersosialisasi, menjalin hubungan, dan bertemu teman. Sejarah yang kaya dan suasana yang ramah menjadikan Maroko tujuan yang baik bagi mahasiswa internasional yang mencari pertumbuhan akademik dan perendaman budaya.

Jika Anda belum kenal dengan kopi Maroko, biasanya berupa kopi panggang gelap dengan rasa yang kaya dan intens.

Kafe tradisional Maroko dikenal sebagai café maure atau ahwa, di mana kopi sering diseduh menggunakan panci kecil yang disebut jebena atau kanoun. Kopi diseduh perlahan di atas api kecil, memungkinkan rasa yang berkembang.

Kunjungi universitas-universitas terbaik di Maroko sambil menikmati secangkir kopi:

  • Universitas Hassan II Casablanca
  • Universitas Mohammed I Oujda
  • Universitas Mohammed V Rabat

7. Portugal

Harga rata-rata secangkir kopi: $1,66 atau sekitar Rp26.000.

Di Portugal, ada sekitar satu kedai kopi untuk setiap 160 penduduk, dibandingkan dengan satu kedai kopi untuk setiap 400 penduduk di Eropa lainnya. Pesanan kopi di sini umumnya adalah espresso dan diasumsikan bahwa semua orang menginginkan kopi mereka singkat dan kuat.

Universitas terbaik di Portugal untuk dikunjungi sambil menikmati kopi:

  • Universitas Lisboa
  • Universitas Porto
  • Universitas Coimbra

8. Thailand

Harga rata-rata secangkir kopi: $1,81 atau sekitar Rp29.000

Sebagai salah satu dari tiga negara penghasil kopi terbesar di Asia, Thailand terkenal dengan salah satu kopi termurah di dunia.

Selain kopi bergaya Barat, Anda akan menemukan campuran khas mereka, termasuk kopi es Thailand yang manis dan creamy (Kafe Yen), kopi es tradisional Thailand dengan gula (Oliang) yang masih memiliki beberapa rasa pahit, dan kopi “front-wheel lift atau Yok Lor Oliang, variasi Oliang di mana susu ditambahkan ke kopi hitam, menjadikannya lebih milky atau creamy.

Cek universitas terbaik di Thailand untuk dikunjungi sambil menikmati kopi murah:

  • Universitas Mahidol
  • Universitas Chulalongkorn
  • Universitas Chiang Mai

9. India

Harga rata-rata secangkir kopi di India: $1,83 atau sekitar Rp29.500.

Sebagai negara yang dikenal dengan tradisi teh yang kaya dan beragam, dunia kopi di India adalah hal yang sedang berkembang dan banyak dinantikan.

Kopi di India terjangkau, praktis, dan dapat memicu percakapan yang baik. Selain itu, biaya hidup di India secara signifikan lebih rendah dibandingkan banyak negara maju, menjadikannya pilihan praktis bagi mahasiswa yang ingin menghemat anggaran sambil mengejar tujuan mereka.

Universitas terbaik di India untuk dijelajahi sambil menikmati teh dan kopi:

  • Institut Penelitian Fundamental Tata (TIFR)
  • Institut Sains India (IISC), Bangalore
  • Institut Teknologi India (IIT), Bombay

10. Spanyol

Harga rata-rata secangkir kopi di Spanyol: $1,92 atau sekitar Rp30.000.

Spanyol memiliki reputasi sebagai surga bagi pecinta kopi.

Di tengah jalanan yang ramai dan plaza bersejarah, kafe dan bar lokal menyajikan espresso dan café con leche dengan harga terjangkau untuk anggaran mahasiswa. Budaya kopi yang hemat ini melampaui pintu kafe. Supermarket dan kafe sudut juga menyediakan opsi dengan harga yang wajar.

Universitas terbaik di Spanyol:

  • Universitas Barcelona
  • Universitas Otonom Barcelona
  • Universitas Pompeu Fabra
Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona
Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya