Warga Gaza Manfaatkan Jeda Taktis untuk Salat Idul Adha, Momen Langka Ketenangan Selama Perang Israel Vs Hamas

Momen jarang terjadi selama perang Israel vs Hamas di Gaza. Hari yang relatif tenang karena jeda taktis untuk bantuan bagi warga Palestina ini bahkan bisa dimanfaatkan untuk ibadah salat Idul Adha. Meski Idul Adha kali ini dirasa begitu suram bagi warga Palestina di Gaza.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 17 Jun 2024, 09:04 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2024, 09:04 WIB
Warga Palestina melaksanakan salat Idul Adha di halaman Masjid Omari yang bersejarah di Kota Gaza, yang rusak akibat pemboman Israel. (Omar Al-Qattaa/AFP)
Warga Palestina melaksanakan salat Idul Adha di halaman Masjid Omari yang bersejarah di Kota Gaza, yang rusak akibat pemboman Israel. (Omar Al-Qattaa/AFP)

Liputan6.com, Gaza - Gaza mengalami hari pertama yang relatif tenang dalam beberapa bulan terakhir pada hari Minggu, 16 Juni 2024, setelah militer Israel mengatakan akan menghentikan pertempuran setiap hari di sekitar rute selatan untuk memfasilitasi aliran bantuan --menyusul peringatan berulang kali PBB mengenai kelaparan di wilayah Palestina.

Militer Israel pada hari Minggu (16/6) mengumumkan jeda taktis setiap hari di Gaza selatan untuk membebaskan tumpukan pengiriman bantuan kemanusiaan yang ditujukan bagi warga Palestina yang putus asa dalam menghadapi krisis kemanusiaan yang dipicu oleh perang, yang kini memasuki bulan kesembilan.

Pengumuman ini datang ketika umat Islam di seluruh dunia memperingati Idul Adha, atau hari raya kurban. Idul Adha yang suram. 

"Kami tidak merasakan kegembiraan seperti biasanya saat Idul Adha," kata Umm Muhammad al-Katri di kamp pengungsi Jabalia di Gaza utara. "Saya datang ke salat Idul Adha dengan berkabung. Saya kehilangan anak saya."

"Dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, hari ini, hari pertama Idul Adha, dianggap hampir tenang dan ketenangan terjadi di seluruh Gaza," kata Mahmud Basal, juru bicara badan pertahanan sipil di Gaza yang dikuasai Hamas, kepada AFP yang dikutip Senin (17/6).

Mahmud Basal mengatakan pengecualian tersebut mencakup beberapa sasaran di wilayah Shujaiya dan Zeitun di Kota Gaza, serta tembakan artileri Israel di Rafah, Gaza selatan.

Koresponden AFP di bagian utara dan tengah Gaza melaporkan tidak ada pertempuran pada Minggu (16/6) pagi, meskipun mereka melaporkan beberapa penembakan dan setidaknya satu serangan di Rafah dan serangan udara di Gaza tengah pada sore hari.

Anak-anak termasuk di antara korban luka dan tewas akibat serangan di kamp pengungsi Bureij, menurut gambar AFP. Seorang petugas medis dengan cepat memukul dada salah satu pasien, mencoba melakukan resusitasi, ketika ambulans tiba di rumah sakit di Kota Deir al-Balah.

Militer Israel menekankan dalam sebuah pernyataan bahwa “tidak ada penghentian permusuhan di Jalur Gaza bagian selatan”, dan mengatakan seorang tentara tewas pada hari Minggu (16/6) dalam pertempuran di bagian selatan wilayah tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jeda Taktis Setelah 8 Tentara Israel Tewas

Adapun pengumuman mengenai “penghentian aktivitas militer secara lokal dan taktis” pada siang hari di daerah Rafah terjadi sehari setelah delapan tentara Israel tewas dalam ledakan di dekat kota paling selatan dan tiga tentara lainnya tewas di tempat lain.

Ini adalah salah satu kerugian terbesar bagi tentara Israel dalam lebih dari delapan bulan perang melawan militan Hamas.

Militer mengatakan jeda tersebut berlaku sebagai bagian dari upaya untuk “meningkatkan volume bantuan kemanusiaan” setelah berdiskusi dengan PBB dan organisasi lain.

Delapan tentara yang tewas pada hari Sabtu (15/6) terkena ledakan saat mereka melakukan perjalanan dengan kendaraan lapis baja di dekat Rafah, kata militer. Pasukan terlibat dalam pertempuran jalanan yang sengit melawan militan Palestina di sana.

Komandan militer Israel di wilayah selatan, Mayor Jenderal Yaron Finkelman, mengatakan kepada pasukannya selama tur di Rafah pada hari Minggu (16/6) bahwa mereka “merendahkan” brigade Hamas di sana "dan kami akan bertindak dan melanjutkannya sampai kami mengalahkannya".

Sementara itu, Abu Obaida, juru bicara sayap militer Hamas, bersumpah untuk “melanjutkan serangan menyakitkan terhadap musuh di mana pun mereka berada”.

 


Tiba-Tiba Tenang, Jeda Taktis Israel Disambut Baik PBB

Seorang anak laki-laki Palestina, membawa sajadah, berfoto sebelum mengikuti salat Idul Adha di Khan Yunis, Gaza selatan. (Bashar Taleb/AFP)
Seorang anak laki-laki Palestina, membawa sajadah, berfoto sebelum mengikuti salat Idul Adha di Khan Yunis, Gaza selatan. (Bashar Taleb/AFP)
Konflik Israel - Lebanon
Ilustrasi tentara Israel. (AP Photo/Ohad Zwigenberg)

"Sejak pagi ini, kami tiba-tiba merasakan ketenangan tanpa ada tembakan atau bom… Aneh," kata Haitham al-Ghura, 30, dari Kota Gaza.

PBB menyambut baik langkah Israel, meskipun “hal ini belum berarti lebih banyak bantuan menjangkau orang-orang yang membutuhkan”, kata Jens Laerke, juru bicara badan kemanusiaan PBB OCHA.

Dia menyerukan “tindakan konkret lebih lanjut oleh Israel untuk mengatasi masalah yang sudah berlangsung lama” mengenai kebutuhan bantuan.

Warga Gaza “sangat membutuhkan makanan, air, sanitasi, tempat tinggal, dan layanan kesehatan, dan banyak di antara mereka yang tinggal di dekat tumpukan sampah, sehingga meningkatkan risiko kesehatan,” kata Laerke.

“Kita harus bisa menyalurkan bantuan dengan aman ke seluruh Gaza,” tambahnya.

Kekurangan makanan dan kebutuhan pokok lainnya di Jalur Gaza telah diperburuk oleh pembatasan akses darat dan penutupan perbatasan utama Rafah dengan Mesir sejak pasukan Israel merebut wilayah Palestina pada awal Mei.

Israel telah lama membela upayanya untuk membiarkan bantuan masuk ke Gaza termasuk melalui perbatasan Kerem Shalom dekat Rafah, dan menyalahkan militan karena menjarah pasokan dan pekerja kemanusiaan karena gagal mendistribusikannya kepada warga sipil.

Jeda "untuk tujuan kemanusiaan akan berlangsung mulai pukul 08:00 (0500 GMT) hingga 19:00 (1600 GMT) setiap hari hingga pemberitahuan lebih lanjut di sepanjang jalan yang mengarah dari persimpangan Kerem Shalom ke jalan Salah al-Din dan lalu ke utara,” kata pernyataan militer.

Ketenangan secara keseluruhan berlanjut di sebagian besar Gaza pada akhir jeda hari Minggu, kata seorang koresponden AFP.

Sebuah peta yang dirilis oleh tentara menunjukkan rute kemanusiaan yang dinyatakan membentang hingga Rumah Sakit Eropa di Rafah, sekitar 10 kilometer (enam mil) dari Kerem Shalom.

 


Berapa Jumlah Korban Perang Israel Vs Hamas di Gaza?

Korban Perang Palestina
Sementara itu, dua warga Palestina tewas dalam bentrokan dengan tentara Israel di kota-kota Tepi Barat, seperti Hebron dan Bethlehem, kata Kementerian Kesehatan Palestina pada Rabu. (AP Photo/Fatima Shbair)

Adapun tewasnya delapan tentara Israel pada Sabtu (15/6) membuat total korban jiwa militer Israel menjadi 310 orang, sejak mereka memulai serangan darat di Gaza pada 27 Oktober 2023.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan belasungkawa pada hari Sabtu akibat "kerugian yang mengerikan ini" dan mengatakan bahwa "meskipun harus menanggung akibatnya yang besar dan meresahkan, kita harus berpegang teguh pada tujuan perang".

Hamas disebut menyandera 251 orang. Dari jumlah tersebut, 116 orang masih berada di Gaza, meskipun tentara Israel mengatakan 41 orang tewas.

Serangan balasan Israel telah menewaskan sedikitnya 37.337 orang di Gaza, sebagian besar adalah warga sipil, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut.

Jumlah korban terbaru mencakup setidaknya 41 kematian dalam 24 jam sebelumnya, kata militer Israel.

Mediator Mesir, Qatar dan AS telah mendorong gencatan senjata baru di Gaza, namun sejauh ini tidak membuahkan hasil.

Satu-satunya gencatan senjata sebelumnya berlangsung selama satu minggu pada November 2023 dan banyak sandera dibebaskan sebagai ganti tahanan Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel, sementara itu peningkatan bantuan mengalir ke Gaza.

Hamas bersikeras untuk menarik pasukan Israel sepenuhnya dari Gaza dan melakukan gencatan senjata permanen – tuntutan yang berulang kali ditolak Israel.

Menteri Keamanan Nasional garis keras Israel Itamar Ben Gvir mengatakan jeda kemanusiaan yang diumumkan oleh militer adalah bagian dari “pendekatan gila dan delusi”.

Pada awal November 2023, Amerika Serikat mengatakan Israel telah menyetujui jeda kemanusiaan selama empat jam. Salah satu jeda tersebut terjadi pada 14 Desember, kata COGAT, badan kementerian pertahanan Israel yang bertanggung jawab atas urusan sipil Palestina, pada saat itu.

Infografis DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata Palestina-Israel. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata Palestina-Israel. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya