10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Dunia Tahun 2024, Mana Incaranmu?

Berikut ini 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia tahun 2024, berdasarkan laporan dari Nexford yang dikutip dari media Vanguard, Selasa (23/7/2024):

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 23 Jul 2024, 19:11 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 19:11 WIB
Ilustrasi pekerja IT
Ilustrasi pekerja IT (Dok. nattanan23/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Mengejar karier yang menguntungkan sering kali mendorong aspirasi profesional. Dengan kemajuan teknologi dan globalisasi yang membentuk kembali industri, beberapa profesi mendapatkan gaji luar biasa yang mencerminkan pentingnya profesi tersebut dan keahlian khusus mereka.

Baik Anda seorang profesional berpengalaman yang mencari perubahan karier atau lulusan baru yang merencanakan masa depan Anda, memahami peran mana yang menawarkan imbalan finansial tertinggi dapat memandu keputusan karier Anda.

Berikut ini 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia tahun 2024, berdasarkan laporan dari Nexford yang dikutip dari media Vanguard, Selasa (23/7/2024): 

1. Ahli Jantung

Peran: Mengkhususkan diri dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit kardiovaskular.

Persyaratan: Gelar Sarjana; sekolah medis; residensi di bidang penyakit dalam; sertifikasi dewan di bidang kardiologi.

Gaji Rata-rata: $324,760 sekitar Rp5,2 miliar

2. Ahli Bedah

Peran: Melakukan prosedur bedah untuk mengobati penyakit dan kondisi.

Persyaratan: Gelar Sarjana; sekolah medis; tempat tinggal; izin medis; sertifikasi dewan.

Gaji Rata-rata: $297,851 sekitar Rp4,8 miliar

3. Psikiater

Peran: Pekerjaan ini mengkhususkan diri dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit mental dan gangguan emosional.

Persyaratan: Gelar Sarjana; sekolah medis; residensi di psikiatri; izin medis; sertifikasi dewan.

Gaji Rata-rata: $255,812 sekitar Rp4,1 miliar

4. Kepala Eksekutif (CEO)

Peran: Mengawasi operasi perusahaan, membuat keputusan besar perusahaan, dan berkomunikasi dengan dewan direksi.

Persyaratan: Gelar sarjana di bidang bisnis atau bidang terkait; gelar lanjutan seperti Master of Business Administration (MBA); pengalaman luas dalam kepemimpinan dan perencanaan strategis.

Gaji Rata-rata: $197,747 sekitar Rp3,2 miliar

5. Insinyur Perangkat Lunak Senior

Peran: Merancang, mengimplementasikan, dan memelihara sistem perangkat lunak yang kompleks.

Persyaratan: Gelar sarjana dalam ilmu komputer; keahlian dalam bahasa pemrograman seperti Java, Python, atau C++; pengalaman dengan kerangka kerja dan sistem kontrol versi.

Gaji Rata-rata: $194,220 sekitar Rp3,1 miliar

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


6. Pengacara Perusahaan

Ilustrasi team work, kerja tim, kerja sama
Ilustrasi team work, kerja tim, kerja sama. (Image by rawpixel.com on Freepik)

Peran: Memberikan nasihat dan layanan hukum kepada bisnis mengenai berbagai masalah hukum.

Persyaratan: Gelar Sarjana; sekolah hukum dan JD; ujian pengacara; spesialisasi dalam hukum perusahaan.

Gaji Rata-Rata: $149,686

7. Bankir Investasi

Peran: Memfasilitasi transaksi keuangan, memberi nasihat tentang strategi, mengelola merger, dan meningkatkan modal.

Persyaratan: Gelar sarjana di bidang keuangan atau bidang terkait; izin sekuritas; pemahaman tentang pasar keuangan; sertifikasi seperti yang direkomendasikan CFA.

Gaji Rata-Rata: $144,633

8. Arsitek Cloud

Peran: Merancang dan mengelola arsitektur komputasi awan.Persyaratan: Gelar sarjana di bidang ilmu komputer atau IT; sertifikasi yang relevan (misalnya, AWS, Azure); keterampilan dalam alat IaC dan jaringan cloud.Gaji Rata-Rata: $144,000

9. Arsitek Internet of Things (IoT)

Peran: Merancang dan mengimplementasikan arsitektur sistem IoT.

Persyaratan: Gelar sarjana di bidang ilmu komputer atau bidang terkait; kemahiran dalam bahasa pemrograman; pengetahuan tentang jaringan, sistem tertanam, dan keamanan IoT.

Gaji Rata-Rata: $131,646

10. Insinyur Perminyakan

Peran: Mengkhususkan diri dalam eksplorasi, ekstraksi, dan produksi minyak dan gas alam.

Persyaratan: Gelar sarjana di bidang teknik perminyakan atau bidang terkait; magang; pengetahuan tentang alat pemrograman dan simulasi; sertifikasi.

Gaji Rata-Rata: $130,523


Ini 5 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Fantastis, 10 Perusahaan Ini Beri Gaji Selangit untuk Anak Magang
Ilustrasi bekerja (pixabay.com)

Adapun saat ini, gaji menjadi pertimbangan utama bagi pencari kerja atau jobseeker dalam melamar pekerjaan. Menyusul, kian tingginya standar hidup yang ada di masyarakat.

Meski demikian, tidak semua pekerjaan menawarkan gaji tinggi bagi karyawannya. Terutama bagi lulusan baru atau fresh graduate.

Lantas profesi apa yang memiliki gaji tinggi bagi pegawainya? Ini daftar 5 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia:

1. Suite (Corporate Suite)

Melansir laman ocbc.id, pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia di urutan pertama adalah level corporate suite, atau orang-orang dengan gelar Chief/Director. Berdasarkan data terbaru tahun 2021, gaji CEO di Indonesia bisa mencapai Rp130 juta hingga Rp250 juta per bulan.

"Akan tetapi, gaji sebesar ini hanya dapat diperoleh Chief dengan perusahaan yang sudah level unicorn atau di atasnya," tulis OCBC dilansir Senin (22/7/2024).

2. Manajer Perbankan

Pekerjaan dengan gaji tinggi selanjutnya adalah manajer perbankan, mulai dari tahap Regional, Senior, hingga General Manager (GM). Sebagai contoh, gaji seorang manajer perbankan bisa mencapai Rp 25 juta sampai Rp 40 juta. 

Sementara itu, di level regional, gaji manajer perbankan bisa mencapai Rp 80 juta hingga Rp 150 juta.

3. Ahli Pertambangan dan Perminyakan

Industri pertambangan dan perminyakan masih dalam kelompok atas profesi dengan gaji yang tinggi di Indonesia. Bahkan, pekerja di sektor tersebut berhak mendapatkan gaji besar meski levelnya masih pekerja teknis.

Berdasarkan survey terbaru di tahun 2021, gaji pekerja posisi teknis tambang sudah mencapai Rp13 juta - Rp15 juta per bulan. Sementara untuk posisi di atas level tersebut sudah mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

4. Head Manajer Konstruksi

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia berikutnya ialah Head Manager di bidang konstruksi. Sebagai contoh, seorang Head Manager konstruksi bisa memperoleh gaji Rp80 juta sampai Rp250 juta per bulannya dengan pengalaman 10 sampai 15 tahun.

Menariknya, besaran gaji yang diperoleh tersebut belum menghitung komisi-komisi dari proyek yang berhasil dimenangkan perusahaan. Tak salah, jika minat Gen Z cukup tinggi untuk bekerja di sektor properti.

5. Head Manajer Finansial (Merangkap Investor Perusahaan)

Menjadi manajer sekaligus investor finansial perusahaan adalah salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi dan menantang. Apabila keputusan investasi dan penganggaran yang diambilnya sesuai, maka seorang manajer keuangan akan memperoleh bonus berlipat ganda. 

Akan tetapi, saat keputusannya meleset, manajer keuangan berisiko kehilangan pekerjaannya. Saat ini, gaji seorang manajer keuangan perusahaan ada di kisaran Rp10 juta hingga Rp80 juta.

Sebagai catatan, gaji tersebut di laut bonus dan tunjangan saat memenuhi target perusahaan.

 


10 Industri Ini Tawarkan Gaji Paling Kecil ke Pegawai, Apa Saja?

Ilustrasi bekerja, arsitek
Ilustrasi bekerja, arsitek. (Photo by Pixabay)

Nilai gaji yang sesuai dengan keringat yang keluar sudah pasti menjadi idaman para pekerja. Hal ini menunjukkan bahwa kerja keras mereka mendapat penghargaan yang setara dengan kerja keras yang dilakukan.

Akan tetapi, ternyata ada beberapa industri di Indonesia yang menawarkan gaji yang tidak terlalu besar bagi pegawainya. Dalam survei yang dilakukan oleh karir.com, industri pendidikan menduduki posisi pertama yang memeiliki gaji rata-rata paling kecil.

Selain pendidikan, sektor pemerintahan, biro perjalanan hingga restoran juga memiliki gaji rata-rata yang kecil bagi pegawai.

CEO Karir.com Dino Martin mengatakan, bahwa fakta temuan ini sangatlah mengkhawatirkan. “Ironisnya, industri Pendidikan memiliki gaji rata-rata terendah, yakni Rp 3,8 juta per bulan," jelas dia seperti dikutip Sabtu (29/10/2016).

Terendah berikutnya adalah mereka yang bekerja di instansi pemerintahan dengan gaji Rp 4,1 juta. Biro Perjalanan juga mendapat gaji tak terlalu besar yaitu rata-rata Rp 4,3 juta.

Mereka yang bekerja di restoran juga mendapat gaji tak besar yaitu rata-rata Rp 4,3 juta. Selain itu, para pekerja percetakan dan kemasan rata-rata gajinya Rp 4,6 juta. 

Survei yang dilakukan oleh karir.com ini menelisik gaji rata-rata yang pada 84 industri pekerjaan di Indonesia. Dinamakan Salary Benchmark Insight 1.2. Survei ini diharapkan dapat mempelajari sikap dan motivasi pegawai dalam bekerja. 

Selengkapnya di sini...

Infografis Rincian Gaji PNS dan PPPK 2024 Usai Naik 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rincian Gaji PNS dan PPPK 2024 Usai Naik 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya